Kebanyakan perusahaan akan memberikan tunjangan kesehatan sebagai salah satu benefit karyawan. Tidak asal memberikan benefit kesehatan, tunjangan satu ini juga menjadi salah satu sikap perusahaan yang peduli terhadap kesehatan karyawannya. Karena karyawan yang sehat pasti akan produktif dan bisa menghasilkan output kerja yang lebih berkualitas.

Namun, setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing terkait pemberian tunjangan kesehatan karyawan. Pada umumnya, pemberian benefit ini didasarkan pada satu pemikiran yang sama, yaitu menjamin kesehatan karyawan. Lalu tunjangan kesehatan apa saja yang biasanya diterima karyawan? Berikut beberapa tunjangan kesehatan karyawan apa saja yang biasanya diberikan perusahaan.

Penggantian biaya pengobatan

Tunjangan kesehatan pertama yang sering diberikan perusahaan adalah penggantian biaya pengobatan. Biasanya perusahaan akan mengikutkan karyawan dalam program BPJS Kesehatan yang sudah mengcover banyak jenis biaya pengobatan termasuk biaya cek kesehatan selama kehamilan hingga melahirkan dengan segala keuntungannya.

Selain BPJS Kesehatan, ada juga perusahaan yang membuat asuransi kesehatan sendiri bagi karyawannya. Untuk hal ini, perusahaan harus membuat prosedur yang tepat bagi karyawan saat mengklaim. Misalnya, mau cashless atau sistem reimbursement? Adakah plafon yang berlaku untuk biaya pengobatan? Bagaimana sistem rawat inapnya? Dan masih banyak lagi.

Benefit kacamata sebagai penunjang selama kerja

Tidak dapat dipungkiri bahwa berlama-lama di depan layar komputer atau laptop sering membuat karyawan mengalami masalah pada mata. Misalnya, mata minus dan silinder. Jika kondisi ini terjadi ke karyawan maka bisa berdampak negatif bagi produktivitas karyawan. Misalnya saja jadi sering ‘typo’ ketika mengetik atau bisa juga menyebabkan karyawan kelelahan hingga sakit kepala.

Oleh karena itu, ada beberapa perusahaan yang juga memberikan penggantian biaya pembelian kacamata bagi karyawan. Biasanya, jumlahnya pun sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan dan telah ditentukan limitnya oleh perusahaan tersebut.

Benefit dan tunjangan biaya kehamilan hingga melahirkan

Selain kedua benefit tersebut, ada juga perusahaan yang memberikan tunjangan kesehatan bagi karyawan wanita yang hamil hingga melahirkan secara terpisah dari tunjangan pengobatan di atas.

Umumnya, perusahaan akan memberlakukan term & condition yang berlaku dalam tunjangan biaya kehamilan dan melahirkan ini. Misalnya, tunjangan ini berlaku bagi calon ibu yang periksa kehamilan di dokter kandungan tertentu yang ditunjuk perusahaan, atau hanya berlaku untuk proses persalinan normal, dan sebagainya.

Menyediakan fasilitas kesehatan di kantor

Benefit ini hampir sama dengan tunjangan penggantian biaya pengobatan yang telah disebutkan di atas. Bedanya, perusahaan yang memberikan benefit ini akan menyediakan dokter pribadi di dalam kantor. Perusahaan yang sudah menerapkan benefit ini di kantor adalah perusahaan Google yang menyediakan dokter dan fasilitas kesehatan yang lengkap di dalam kompleks kantor headquarter-nya. Sehingga, setiap karyawan yang memiliki masalah kesehatan sekecil apapun dipersilakan untuk berkonsultasi dengan dokter tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Jika harus ada obat-obatan yang dikonsumsi, biasanya perusahaan tetap menanggung biaya pembelian obat tersebut.

Mendukung gaya hidup sehat

Ada banyak perusahaan yang mulai aware dengan kesehatan karyawan, bahkan sebelum karyawan sakit. Biasanya, perusahaan yang mulai aware akan pentingnya kesehatan karyawan akan mendukung seluruh karyawannya untuk menjalankan gaya hidup sehat sehari-harinya.

Misalnya dengan menawarkan program berhenti merokok. Ada juga beberapa perusahaan yang memberikan tunjangan kesehatan karyawan tambahan, seperti uang untuk membeli jus sehat setiap hari, menyediakan katering sehat, memberikan fasilitas keanggotaan pusat kebugaran secara gratis, dan masih banyak lagi. Di mana, seluruh fasilitas ini diberikan sesuai kebijakan masing-masing perusahaan.

Itulah beberapa tunjangan kesehatan yang bisa diberikan perusahaan kepada karyawan untuk meningkatkan kualitas kerja dan produktivitas bisnis. Selain tunjangan kesehatan, perusahaan juga bisa menyediakan benefit lain yang mendukung tunjangan tersebut, salah satunya benefit Earned Wage Access (EWA).

Perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id untuk memberikan benefit EWA dengan lebih mudah tanpa harus mengganggu keuangan perusahaan. Dengan benefit EWA, karyawan bisa dengan mudah mencairkan gaji kapan dan di mana saja, yang nantinya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan sebelum dilakukan reimbursement ke perusahaan.