Banyaknya tagihan hingga penghasilan yang tidak cukup sering membuat finansial stres. Kondisi ini merupakan kekhawatiran, kecemasan, hingga gangguan emosional yang diakibatkan karena adanya masalah keuangan, baik karena utang, pengeluaran yang besar, hingga penghasilan yang tidak mencukupi.

Sama dengan jenis stres lainnya, finansial stres juga berdampak pada aktivitas sehari-hari, seperti menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur hingga mengalami berbagai masalah kesehatan. Meski penyebab stres finansial ini berkaitan dengan berbagai faktor eksternal, namun terdapat sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut beberapa cara menangani finansial yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keamanan keuangan.

Prioritaskan yang bisa dikontrol

Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua hal bisa dikontrol. Daripada kamu fokus pada hal yang memang tidak bisa dikontrol, cobalah ubah fokus pada hal yang bisa kamu kontrol untuk memperbaiki situasi. Misalnya, kamu bisa  memprioritaskan anggaran keuangan untuk membeli makanan dan berhemat dengan cara memilih toko yang lebih murah. Dengan begitu, kamu bisa menabung lebih banyak, sekaligus dapat mengontrol diri sendiri dan mengelola stres.

Cari cara menambah penghasilan

Jika kamu sudah berhasil memangkas pengeluaran, namun tetap merasa belum bisa mencukupi kebutuhan harian, cobalah mencari cara untuk meningkatkan penghasilan. Kamu bisa mulai dengan melakukan kerja lembur setiap minggu agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Atau cari pekerjaan tambahan di luar jam kerja biasanya. Jika memungkinkan, kamu juga bisa mencoba bernegosiasi untuk naik gaji ke perusahaan.

Bayar tagihan yang terpenting

Jika kamu memiliki banyak tagihan yang harus dibayarkan setiap bulan, maka kamu bisa coba mengatasi stres finansial dengan memprioritaskan tagihan yang paling penting terlebih dahulu.

Menentukan skala prioritas dalam pembayaran tagihan bisa  membantu kamu membangun kesadaran terkait tagihan mana yang bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan. Bukan hanya itu, mengutamakan untuk membayar tagihan yang lebih penting juga bisa mencegah kesulitan bayar nantinya.

Menabung jika memungkinkan

Untuk menghindari finansial stres, kamu juga bisa coba menabung secara konsisten. Meski jumlahnya kecil sekalipun, dengan menabung kamu bisa mengontrol diri. Selain itu, kegiatan menabung juga bisa membuatmu merasa telah berhasil mencapai sesuatu, sehingga bisa mengurangi gangguan kecemasan. Dengan menabung jugalah, kamu akan memiliki pegangan jika sewaktu-waktu terjadi hal tidak terduga.

Kamu juga bisa melacak progres menabung untuk menentukan hal yang harus dilakukan selanjutnya demi mencapai keamanan finansial. Selain itu, kamu juga bisa mencapai tujuan finansial seperti membayar utang, sekaligus memberikan dampak positif pada suasana hati dan kesehatan kamu.

Diskusi dengan kreditur

Utang menjadi salah satu beban finansial sekaligus mental, sehingga ketika utang tersebut sudah menyebabkan stres, sebaiknya cobalah berbicara dengan kreditur. Biasanya, kreditur akan terbuka dengan diskusi dan bisa membantu menemukan solusi, misalnya dengan memperpanjang masa pelunasan atau mengurangi bunga.

Konsultasi dengan pakar keuangan

Kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan pakar keuangan atau finansial planner. Biasanya, mereka akan membantumu menemukan solusi terhadap permasalahan keuangan, seperti menentukan tujuan, menabung, sampai mengurangi utang.

Manfaatkan KINI.id

Selain cara-cara yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa menghindari utang kembali dan memastikan tabungan yang sudah kamu kumpulkan tidak akan tergunakan. Karena, KINI.id akan membantu kamu mengakses gaji secara instan dan fleksibel. Sehingga, kamu bisa menggunakan gaji sebelum tanggal gajian untuk memenuhi kebutuhan daruratmu. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi berutang yang nantinya justru bisa membuat kamu mengalami stres secara finansial.

Itulah beberapa cara menangani finansial stres yang bisa mulai kamu terapkan sejak hari ini. Dengan menerapkan beberapa cara di atas, kamu bisa lebih fokus dengan tujuan tanpa harus khawatir mengalami masalah keuangan di kemudian hari.