Memanfaatkan Earned Wage Access untuk Perencanaan Keuangan yang Lebih Baik

Percaya atau tidak, banyak orang yang sering mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan. Bukan hanya orang dengan berpenghasilan rendah, orang berpenghasilan tinggi sekalipun pernah mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan. Mengelola keuangan ini sering menjadi tantangan terbesar bagi banyak orang. Kondisi yang sering terjadi adalah ketika seseorang mengalami kekurangan uang sebelum tanggal gajian. Biasanya, kondisi ini terjadi karena adanya kebutuhan dana dadakan di tengah bulan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk melakukan perencanaan keuangan. 

Dengan perencanaan keuangan dengan baik, maka kesehatan keuangan dan kesejahteraan kamu pun bisa lebih baik. Nah, agar kamu tidak terjebak ke dalam masalah keuangan, kamu bisa coba memanfaatkan benefit Earned Wage Access (EWA) atau gaji intsan yang diberikan perusahaan. Dengan gaji instan atau akses gaji fleksibel inilah kamu bisa menemukan solusi tepat ketika terjadi masalah keuangan dan membantumu melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan benefit akses pembayaran gaji instan sebagai perencanaan keuanganmu.

Pendapatan & Pengeluaran Jadi Lebih Jelas

Dengan adanya benefit pembayaran gaji instan atau gaji fleksibel, kamu bisa lebih “aware” atau sadar mengenai kondisi keuanganmu sendiri. Kamu akan lebih mudah mendaptkan  gambaran yang jelas mengenai pendapatan harian yang kamu miliki. 

Ketika kamu mengetahui  jumlah pendapatan yang diterima tiap harinya, ini bisa membuat kamu lebih mudah menyesuaikan pengeluaran hariannya. Misalnya saja, pendapatan yang kamu terima setiap harinya adalah Rp250 ribu, maka kamu tidak akan mungkin mengeluarkan uang lebih dari itu setiap bulannya. Karena jika kamu lakukan, tentu keuanganmu akan bocor. Selain itu, dengan adanya kepastian pendapatan inilah, kamu bisa mengurangi stres yang akan memengaruhi kinerja dan produtktivitas kamu.

Bebas Membuat Anggaran keuangan

Sebuah penelitian menemukan bahwa pembayaran gaji karyawan sekaligus tiap bulan ternyata bisa mempersulit pengaturan keuangan. Mungkin ada orang yang lebih senang mendapat gaji tiap bulan, namun ada juga yang lebih suka dibayar per minggu. Sehingga bisa mengurangi risiko gaji habis di tengah bulan.

Nah, dengan memanfaatkan benefit pembayaran gaji fleksibel, maka kamu bisa lebih fleksibel mengatur keuangan setiap bulannya. Kamu bisa memiliki kebebasan dalam mengatur anggaran, karena kapan pun kamu butuhkan, kamu bisa menarik gajimu secara fleksibel.

Mengurangi Stres dan Ketergantungan Berutang

Biasanya, orang yang mengalami kesulitan dalam keuangan akan mudah tergoda untuk menggunakan kartu kredit atau mengambil pinjaman online untuk memenuhi kebutuhannya. Padahal, bunga dari kartu kredit atau pinjaman online cukup besar, belum lagi denda yang harus diterima ketimka mengalami keterlambatan pembayaran. Hal inilah yang sering menambah stres ketika tanggal jatuh tempo sudah semakin dekat. 

Untuk menghindarinya, kamu bisa mencoba memenfaatkan benefit dari pembayaran gaji di muka atau earned wage access. Dengan akses gaji lebih fleksibel yang diberikan perusahaan, kamu bisa memanfaatkannya ketika membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan darurat tersebut. Sehingga, kamu pun tidak perlu berutang dan bisa langsung menarik gaji sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan atau maksimal sebesar gaji harian yang telah kamu dapatkan. Hal inilah yang akan membantu kamu bergantung pada kartu kredit atau pinjaman online.

Membantu Melunasi Utang Lebih Cepat dan Murah 

Kebanyakan orang yang mengalami masalah keuangan adalah orang yang sering hidup dengan sistem “gali lubang tutup lubang”. Di mana, mereka akan mencari pinjaman lain untuk melunasi utangnya. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka masalah tidak akan selesai dan justru memuat masalah semakin besar karena menumpuknya bunga atau denda, sehingga bisa membuat semakin stres.

Dengan memanfaatkan benefit earned wage access, kamu bisa melunasi utang lebih cepat dan tanpa masalah. Karena kamu bisa mengatur kapan menarik gaji untuk melunasi utang dan terbebas dari beban bunga.

Membangun kebiasaan menabung

Banyak orang yang mengalami masalah keuangan karena tidak adanya kebiasaan menabung. Padahal, dengan menabung secara rutin dan konsisten, meski dengan jumlah yang kecil, ternyata bisa membuat perbedaan besar dari waktu ke waktu, lho.

Jika dilakukan secara kosisten, menabung menjadi kebiasaan yang baik. Apalagi, jika kamu menambahnya dengan pemanfaatan gaji intsan yang flejksibel, maka kamu bisa memaksimalkan gaya hidup menabung sambil mendapatkan kebebasan lebih untuk membuat anggaran.

Itulah beberapa hal yang bisa didapatkan kamu dengan memanfaatkan benefit earned wage accss atau gaji intan. Untuk mendapatkan benefit ini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Jika perusahaan tempatmu belum bisa mengakses aplikasi ini, cobalah minta atasan atau pihak manajemen mendaftarkan kamu ke dalam aplikasi KINI.id. 

Dengan aplikasi KINI.id inilah kamu bisa mengakses gaji kapan pun dan di mana pun dengan jumlah yang bisa kamu sesuaikan sesuai dengan dana yang kamu butuhkan.