Perusahaan biasanya akan memberi karyawan berbagai macam reward untuk meningkatkan semangat kerjanya. Menurut FMP Global, reward bisa meningkatkan kesuksesan bisnis hingga 25%. Biasanya, reward ini diberikan ketika karyawan berhasil memenuhi target atau sukses meraih pencapaian yang baik bagi kemajuan perusahaan.

Jika tahu ada reward yang bisa didapatkan dari hasil kinerja yang bagus, tentu mereka akan semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan, bukan? Ketika merasa dihargai dengan baik oleh perusahaan, maka karyawan pun akan semakin betah dan bertahan lama.

Lalu, reward apa saja yang  bisa diberikan perusahaan ke karyawan? Menurut Chron, bentuk dari reward yang diberikan oleh perusahaan ada berbagai macam. Bukan hanya uang atau fasilitas, ada beberapa reward lainnya yang bisa diberikan ke karyawan.

Kompensasi

Kompensasi adalah salah satu jenis reward yang diberikan perusahaan untuk karyawan ketika hasil kerjanya memuaskan. Ada banyak kompensasi yang bisa diterima karyawan, seperti kenaikan gaji maupun bonus.

Ada juga profit sharing, yaitu tambahan uang yang bisa didapatkan berdasarkan besar keuntungan yang diperoleh perusahaan karena hasil kinerja karyawannya. Biasanya, sistem ini berlaku bagi karyawan di bidang sales.

Selain itu, ada juga kompensasi dalam bentuk pemberian sejumlah saham perusahaan dengan harga yang biasanya lebih murah.

Penghargaan

Penghargaan bisa menjadi salah satu reward yang tidak harus mahal atau dilakukan secara besar-besaran.

Sekadar ucapan terima kasih ataupun pujian dari atasan bisa menjadi sebuah reward. Namun, penghargaan pun bisa diberikan lebih formal dengan bentuk sertifikat pencapaian.

Beberapa perusahaan pun memberi reward ini dengan mengumumkan pencapaian karyawan yang berprestasi ketika meeting. Untuk banyak orang, penghargaan ini merupakan reward yang sangat bernilai secara moral dan tentunya menimbulkan semangat kerja yang lebih lagi.

Hadiah

Reward dalam bentuk hadiah biasanya diberikan perusahaan dalam bentuk barang atau uang. Hadiah ini bisa diberikan di waktu-waktu tertentu, misalnya setelah mencapai target, pada akhir tahun, atau tanggal-tanggal penting seperti perayaan keagamaan. Jenis reward ini diberikan untuk menghargai kontribusi karyawan pada perusahaan.

Apresiasi

Ada berbagai macam bentuk apresiasi sebagai reward untuk karyawan, misalnya selebrasi atau perayaan, kegiatan-kegiatan yang dibiayai perusahaan, traktir makan siang oleh perusahaan, dan masih banyak lagi.

Tidak jarang kegiatan-kegiatan ini bersifat kelompok dan bertujuan untuk meningkatkan semangat kerja dan kerja sama tim. Apresiasi ini juga bisa diberikan setelah ada pencapaian yang diraih tim.

Itulah beberapa reward karyawan yang bisa kamu berikan ke karyawan demi meningkatkan kinerja mereka. Dengan kinerja yang baik, maka secara tidak langsung, produktivitas bisnis pun akan ikut meningkat.

Selain reward, perusahaan juga bisa memberikan benefit fasilitas akses pembayaran gaji di muka. Dengan pembayaran gaji di muka inilah, karyawan bisa mengakses gajinya kapan pun tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Sehingga, karyawan tidak perlu lagi khawatir ketika tiba-tiba membutuhkan dana darurat di pertengahan bulan.

Untuk memberikan akses pembayaran gaji di muka, perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan tidak perlu lagi khawatir masalah anggaran perusahaan. Jadi, tunggu apalagi? Berikan fasilitas dan reward terbaik untuk karyawan demi meningkatkan produktivitas bisnis.