Penasaran dengan gaji karyawan di berbagai macam perusahaan? Biasanya jobseeker akan mengincar pekerjaan dengan gaji yang tertinggi. Oleh karena itu, penting untuk memilih suatu profesi karyawan untuk dijalani. Kamu juga butuh banyak pertimbangan dan gaji menjadi suatu aspek krusial karena memang dibutuhkan setiap harinya.

Oleh karena itu, semakin tinggi ekspektasi gaji yang ditawarkan suatu profesi, maka semakin tinggi juga minat masyarakat untuk menekuni bidang tersebut. Meskipun dengan persaingannya ketat, perekonomian Indonesia yang terus berkembang menjadikan jenis-jenis profesi ini terlihat lebih menggiurkan. Lalu, profesi karyawan apa yang memiliki gaji tinggi di Indonesia?

Ahli Pertambangan

Gaji seorang ahli pertambangan menjadi profesi karyawan pertama yang menawarkan gaji tertinggi. Sayangnya, tidak setiap tahun kamu dapat melamar untuk profesi di bidang ini. Hal ini dikarenakan sektor pertambangan tidak membuka kesempatan kerja secara rutin.

Kesempatan bekerja di bidang ini sangat tergantung dengan keadaan di lapangan. Selain itu, seseorang yang bekerja dipertambangan juga harus menerima risiko bekerja jauh dari rumah.

Meski punya banyak risiko, jumlah peminat bidang pertambangan masih sangat tinggi karena tawaran gajinya yang sangat menggiurkan. Biasanya, upah karyawan di industri ini berkisar pada angka Rp6 juta hingga Rp8 juta untuk fresh graduate. Sedangkan untuk level yang lebih senior gajinya bisa sekitar Rp10 juta hingga Rp40 juta.

Ahli Perminyakan dan Gas

Bidang perminyakan juga menawarkan berbagai perkerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Lowongan yang biasa disediakan perusahaan minyak dan gas antara lain adalah Ahli Geologi, Petroleum Engineer,  dan Engineering Technologist.

Karena gaji yang ditawarkan besar, maka banyak jobseeker dari fakultas teknik maupun pengetahuan alam mengincar perusahaan ini. Umumnya, gaji yang dijanjikan untuk fresh graduate di bidang ini berkisar di angka Rp8 juta hingga Rp15 juta.

Dokter Spesialis

Menemukan standar gaji dokter memang sulit, namun dapat dipastikan bahwa dokter spesialis merupakan salah satu profesi dengan gaji tertinggi. Mengambil studi ilmu kedokteran juga tidak mudah, persaingannya sangat ketat di setiap perguruan tinggi. Selain pekerjaannya yang memiliki tanggung jawab besar, mendapatkan gelar kedokteran juga memerlukan proses yang panjang.

Rata-rata gaji yang bisa didapatkan oleh dokter spesialis di rumah sakit pemerintah adalah Rp10 juta.  Sedangkan, di rumah sakit swasta gaji yang ditawarkan bisa mencapai Rp50 juta per bulannya.

Ahli Konstruksi

Hingga saat ini teknik sipil masih menjadi jurusan yang paling diincar di hampir seluruh perguruan tinggi. Hal ini karena pekerjaan yang berkaitan dengan konstruksi infrastruktur sepertinya memang tidak akan ada habisnya.

Oleh karena itu, karena kebutuhan akan ahli konstruksi cukup tinggi, tidak heran jika profesi ini termasuk dalam deretan profesi karyawan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Gaji yang ditawarkan untuk ahli konstrusi dengan pengalaman di bawah 5 tahun berkisar pada angka Rp7 juta hingga Rp15 juta.

Pilot

Bukan rahasia lagi bahwa profesi pilot menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Namun, pilot memiliki risiko dan tanggung jawab yang cukup berat. Mereka secara profesional mengangkut lebih dari ratusan nyawa setiap harinya. Hal inilah yang menyebabkan seleksi untuk masuk sekolah penerbangan sangat ketat.

Hal tersebut juga menjadikan pilot sebagai salah satu profesi dengan gaji tertinggi di negara ini. Rata-rata gaji pilot untuk satu kali penerbangan komersil bisa mencapai Rp20 juta hingga Rp40 juta.

Nah, itulah kelima profesi karyawan dengan gaji menggiurkan di Indonesia. Apakah profesi kamu masuk ke dalam salah satunya?

Namun, meski gaji tinggi tidak menutup kemungkinan seseorang bisa mengelola gajinya dengan benar. Ada juga saatnya para profesi ini membutuhkan dana darurat untuk memenuhi kebutuhannya.

Misalnya saja, seorang pilot tidak bisa lagi bekerja selama pandemi, bahkan terkena PHK. Jadi jangan pesimis ya buat kamu yang tidak termasuk ke dalam profesi dengan gaji tinggi di atas.

Bagi kamu yang mengalami masalah gaji kurang dan habis di tengah bulan karena harus tiba-tiba memenuhi kebutuhan darurat, kamu tidak perlu khawatir lagi. Karena kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakases gaji kamu kapan dan di mana saja. Sehingga, kamu tidak perlu meminjam uang atau mengambil tabungan ketika membutuhkan dana mendesak di tengah bulan.