Keuntungan Perusahaan Ketika Mempekerjakan Karyawan Fresh Graduate

Menurut Australian Association of Graduate Employers (AAGE), ada beberapa industri yang lebih memilih karyawan baru dari kalangan fresh graduates seperti konsultan teknik, jasa, pertambangan, IT, jasa keuangan, dan sebagainya. Biasanya, untuk menjangkau karyawan fresh graduates perusahaan menggunakan situs web dan layanan online.

9 dari 10 perusahaan menggambarkan situs web perekrutan perusahaan sebagai alat perekrutan fresh graduates paling efektif. Namun, di era digitalisasi saat ini, perusahaan cenderung menggunakan pendekatan alternatif seperti media sosial, dengan statistik sebagai berikut: 69% perusahaan menganggap LinkedIn sangat efektif, 46% menganggap Facebook efektif, dan 21% menganggap YouTube efektif.

Lalu apa alasannya perusahaan lebih memilih merekrut karyawan fresh graduate? Nah, sebelum kamu memutuskan untuk merekrut mereka, di bawah ini adalah beberapa kelebihan merekrut fresh graduate.

Mau belajar dengan giat

Ketika fresh graduate baru lulus dan mengenal suatu pekerjaan dan dunia kerja secara umum, mereka pasti ingin melakukan yang terbaik. Ditambah, mereka baru saja keluar dari dunia akademis, sehingga mereka akan siap untuk belajar lebih banyak untuk keberhasilan karir mereka.

Biaya upah lebih terjangkau

Dengan sedikit atau tanpa pengalaman, fresh graduate biasanya tidak terlalu mengharapkan upah yang besar. Gaji yang kompetitif untuk fresh graduate sudah cukup dan mereka memprioritaskan pengalaman terlebih dulu dibanding gaji. Seingga, bagi perusahaan dengan biaya terbatas, mempekerjakan fresh graduate layak dipertimbangkan.

Memiliki cara pikir fresh dan kreatif

Fresh graduate biasanya memiliki cara pandang yang berbeda tentang kehidupan dan mampu menyumbangkan ide-ide baru dan inovatif. Belum lagi, mereka cenderung lebih berhubungan dengan tren saat ini, serta memiliki pandangan berbeda yang akan membantu memberikan pemikiran lebih kekinian ke dalam perusahaan. Sehingga nantinya dapat meningkatkan keberagaman.

Mau beradaptasi

Pertama kali bekerja di perusahaan, membuat fresh graduate ini lebih terkesan ketika bekerja. Namun, bukan berarti mereka dapat bekerja selama 60 jam seminggu dengan kontrak 40 jam, namun mereka akan terbuka untuk jam tambahan, peluang baru, dan membantu sebanyak mungkin. Hal ini mereka lakukan demi menambah pengalaman dan skill mereka dalam perusahaan.

Mudah dibentuk sesuai company culture

Di awal perjalanan mereka merintis karir, perusahaan bisa mengajari mereka sejak awal cara bekerja dan cara menyelesaikan masalah perusahaan. Sehingga, nantinya perusahaan bisa membentuk culture lebih mudah dan bisa jadi pengalaman pertama bagi mereka memulai karirnya.

Memiliki pola pikir yang kritis

Fresh graduate cenderung ingin tahu, dan kemungkinan mereka akan terbiasa mempertanyakan bagaimana dan mengapa hal-hal berjalan seperti yang mereka lakukan. Ini akan mendorong perusahaan untuk mempertanyakan pendekatan yang sudah ada. Sehingga jika ada hal yang berpotensi ketinggalan zaman atau tidak efisien, perusahaan bisa memperbaikinya sesegera mungkin demi perkembangan bisnis.

Memiliki lebih banyak pengetahuan mengenai target market

Jika pasar atau target market perusahaan kebetulan mencakup generasi yang lebih muda, mempekerjakan fresh graduate juga bisa memberi informasi tentang pasar secara langsung. Sehingga akan akan perusahaan untuk menarik perhatian generasi muda yang lain, lebih memahami tentang bagaimana mereka beroperasi, dan apa yang akan menarik perhatian mereka.

Terbiasa dengan teknologi

Generasi milenial dan Gen Z umumnya akan lebih nyaman dengan teknologi karena keberadaan teknologi di mana-mana selama masa muda mereka. Hal ini tentu bisa membawa perusahaan untuk berevolusi ke era digitalisasi. Mereka jugalah yang akan membantu mengubah culture perusahaan yang awalnya konvensional menjadi lebih modern.

Terbiasa melakukan banyak tugas

Fresh graduates adalah mereka yang baru lulus dari perguruan tinggi, sehingga kemungkinan kebiasaan multitasking saat mengerjakan tanggung jawab masih melekat. Ini akan membantu perusahaan dalam mengerjakan proyek yang membutuhkan skill tersebut.

Memiliki latar belakang yang kompetitif

Gelar saja tidak lagi cukup, begitu banyak fresh graduate yang telah membangun portofolio ekstrakurikuler agar lebih menonjol dari yang lain. Hal ini membuat kesan bahwa banyak fresh graduates menjanjikan dan memiliki prospek bagus di masa depan.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan ketika mempekerjakan karyawan fresh graduate. Untuk menarik karyawan fresh graduate untuk masuk ke perusahaan atau membuat mereka loyal, perusahaan juga bisa memberikan benefit gaji fleksibel.

Karena fresh graduate biasanya lebih menyukai hal-hal yang fleksibel termasuk gaji atau upah. Untuk memberikan benefit satu ini, perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa dengan mudah memberikan benefit akses pembayaran gaji dengan mudah tanpa perlu mengganggu cash flow dan anggaran perusahaan. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan seluruh karyawan ke dalam aplikasi KINI.id sekarang!