Tidak ada yang bisa menjamin seseorang untuk bebas dari masalah finansial. Baik orang dengan gaji tinggi sekalipun, masih ada risiko untuk tetap menghadapi masalah finansial. Misalnya pengeluaran lebih besar dibanding pendapatan, atau tiba-tiba terdapat kebutuhan darurat yang harus segera dipenuhi. Permasalahan keuangan inilah yang nantinya akan menjadi beban dan membuat stres finansial. 

Stres finansial adalah ketegangan emosional yang secara khusus terkait dengan uang.  Faktor yang memengaruhinya tentu berbagai macam, mulai dari diri sendiri, dari lingkungan sekitar, dari keluarga atau dari pasangan.

Biasanya orang yang mengalami stres finansial akan mengalami beberapa ciri-ciri seperti depresi, gaya hidup yang terasa dipaksakan, hubungan dengan sekitar menegang, tidak sanggup membuat keputusan, dan masih banyak lagi. Agar tidak berdampak semakin banyak, tentu kamu harus memiliki solusinya dan keluar dari stress finansial tersebut. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari stres finansial.

Menerima keadaan

Sebelum kamu melakukan berbagai cara. Hal pertama yang penting kamu lakukan untuk pertama kalinya adalah memahami kondisi yang sedang kamu alami saat ini. Dengan mencoba menerima keadaan finansial yang sedang sulit ini, kamu jadi bisa lebih tenang dan berpikir jernih untuk solusi berikutnya. 

Melakukan kalkulasi keuangan

Ada banyak faktor yang membuat kamu berada di situasi stress finansial. Bisa jadi kamu terlilit utang pinjaman online, tertipu investasi bodong, gaya hidup boros, atau ada musibah anggota keluarga yang sakit namun belum punya asuransi. Apapun masalah keuangan yang kamu sedang hadapi, cobalah terima keadaan tersebut, kemudian lakukan kalkulasi.  Hitung segala kewajiban biaya yang harus kamu keluarkan, dan hitung juga aset yang kamu miliki. 

Cari tambahan pemasukan

Jika hasil kalkulasi yang kamu lakukan menunjukan, kamu butuh biaya lebih dibanding yang kamu miliki saat ini, maka kamu harus melakukan usaha ekstra. Bisa mulai dengan mencari pekerjaan tambahan, menjual barang yang tidak dibutuhkan, mencoba mencari tambahan uang dari reseller, atau mencairkan berbagai aset yang bersifat likuid. 

Mencari bantuan dan terbuka

Jika memang sangat dibutuhkan, maka janganlah ragu untuk mencari bantuan dari rekan-rekan di sekitarmu. Bisa jadi anggota keluarga ataupun teman dekat. Ceritakan dengan terbuka apa yang sedang kamu alami, dan cobalah bertanya apakah mereka bisa memberikan bantuan. Bukan hanya sekedar bantuan materi, bantuan juga bisa jadi dalam bentuk dukungan moral. 

Lakukan usaha preventif

Ketika sudah berhasil keluar dari jerat stres finansial maka jangan sampai kamu kembali ke dalam masalah yang sama. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk melakukan usaha preventif. Misalnya dengan menjaga cash flow dengan baik, memilih investasi yang terdaftar OJK, hindari gaya hidup berlebih, hindari utang, dan sebagainya.

Nah, salah satu cara kamu menghindari utang adalah dengan memanfaatkan akses pembayaran gaji di awal melalui aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mengambil gaji di awal sebelum tanggal gajian. Sehingga, ketika terjadi masalah keuangan dan kondisi darurat, kamu bisa memanfaatkan gaji di awal untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sehingga nantinya akan membantu kamu mengurangi dan mencegah stres finansial.