Hidup Tanpa Utang Itu Menyenangkan, Apakah Kamu Termasuk yang Merasakannya?

Tidak ada orang yang ingin berutang. Namun, biasanya kebutuhan yang mendesak dan keuangan yang minim menjadi salah satu alasan orang berutang. Tidak hanya itu, ada juga beberapa orang yang berutang hanya demi memenuhi gaya hidupnya seperti membeli gadget terbaru, mengupdate fashion terbaru, dan sebagainya. Utang juga sering menjadi ‘candu’ bagi orang yang melakukannya. Hampir semua orang sulit melepaskan diri dari utang. Padahal, hidup tanpa utang itu menyenangkan.

Selain kondisi finansial lebih stabil, bebas dari utang juga bisa membuat hidup seseorang tenang dan bahagia. Apa saja yang bisa didapatkan oleh orang yang hidup tanpa utang? Di bawah ini adalah alasan kenapa hidup tanpa utang jadi menyenangkan.

Kondisi Mental Terjaga

Utang ternyata bisa memengaruhi kondisi mental seseorang. Dengan adanya utang, maka hidup kamu akan sering terusik karena bayang-bayang kredit macet dan debt collector. Apalagi jika kamu selalu telat membayar utang dan tidak bisa melunasi utang tepat waktunya.

Hal ini sering menjadi beban pikiran, membuat tidur tidak nyenyak, dan mengurangi kebahagiaan secara menyeluruh. Sehingga, ketika kamu hidup tanpa utang, maka kamu tidak perlu perlu merasakan semua gangguan tersebut. Hidup menjadi lebih bebas ketika kamu tidak punya kewajiban yang mesti dibayarkan dalam waktu dekat.

Jika kondisi mental terjaga, maka porsi kebahagiaan pun secara tidak langsung akan meningkat secara otomatis. Sehingga, dengan mental yang baik, maka tubuhmu pun akan ikut menjadi lebih sehat dan siap menjalani hidup dengan maksimal.

Meringankan Pengeluaran Setiap Bulan

Dengan tidak adanya utang, maka kamu tidak perlu menyisihkan sebagian penghasilan untuk membayar utang. Semua penghasilan yang kamu terima bisa kamu nikmati secara menyeluruh, baik untuk kebutuhan sehari-hari, ditabung, atau investasi.

Hal-hal yang pernah tertunda dulu ketika kamu masih memiliki utang, kini kamu bisa beban mencapai mimpi dan tujuan yang sudah kamu miliki jauh-jauh hari. Manfaatkan momen ini sebaik mungkin untuk berhemat demi mempertahankan kesehatan finansial. Lakukan secara konsisten agar kondisi ini bertahan dalam waktu lama.

Bebas dari Bunga Mencekik

Ketika memiliki utang, nominal yang dibayarkan sampai utang lunas menjadi lebih besar. Hal ini karena adanya bunga yang diberlakukan, biasanya besaran bunganya pun sesuai dengan kebijakan bank dengan rata-rata bunga sekitar 10%-20%. 

Meski sekilas nominal yang dibayar setiap bulan kecil, namun jika diakumulasikan hingga tenor pembayaran selesai, jumlahnya pun bisa sangat besar. Bahkan hampir 100% dari nilai utang.

Jika saat ini kamu masih berutang, kamu bisa coba bayarkan utang secara rutin sebelum utang jatuh tempo. Sehingga, kamu tidak perlu membayar denda dan cicilan yang lebih besar akibat terlambat membayar. Sehingga, kondisi finansial menjadi aman karena anggaran yang disiapkan tidak digunakan untuk membayar utang.

Nama Baik Terjaga di Data Bank Indonesia

Semua jejak keuanganmu, termasuk utang akan terekam dengan baik di Bank Indonesia. Jika dulu kamu pernah memiliki utang macet, maka bisa merusak nama baikmu di Bank Indonesia. Sehingga, secara tidak langsung akan memengaruhi keputusan perbankan, apakah bank akan menerima atau menolak pinjaman yang diajukan di kemudian hari.

Namun, jika kamu membayar utang dengan tertib dan tidak pernah ada tunggakan yang berarti, nama kamu akan baik di dalam data Bank Indonesia. Namun, akan lebih baik lagi jika kamu sama sekali tidak pernah berutang kepada pihak manapun. Jika ingin mengajukan utang, coba ajukan dalam jumlah yang sesuai kebutuhan. Kemudian pilihtenor pembayaran sesuai dengan tingkat kesanggupan finansial. Sehingga, cicilan setiap bulan bisa dibayar dengan lancar.

Tidak Menjadi Beban Bagi Orang Lain

Bukan hanya menambah beban hidup bagi diri sendiri, namun juga bisa menjadi beban orang lain. Misalnya, ketika kamu memiliki utang dan tidak sanggup membayarnya, maka keluarga dan orang terdekat ikut cemas memikirkan masalah tesebut. Padahal seharusnya utang ini menjadi tanggung jawab kamu sepenuhnya. 

Tanpa memiliki utang, maka kondisi tersebut tidak akan terjadi dan tidak ada satu orang pun yang merasa terbebani. Jadi, cobalah mulai melatih diri agar lebih mandiri mengurus masalah keuangan tanpa melibatkan siapapun.

Menambah Pundi-Pundi Kekayaan

Hidup tanpa utang juga memberikan kamu kesempatan dan peluang untuk menabung atau menginvestasikan uang menjadi lebih besar. Dengan pengalokasian instrumen yang tepat, maka uangmu akan senantiasa berkembang seiring berjalannya waktu.

Ketika kekayaan bertambah, kondisi ini akan otomatis memengaruhi kualitas hidup. Misalnya, yang tadinya kamu kurang peduli terhadap penampilan, sekarang kamu bisa sering pergi ke salon untuk mempercantik diri. Kamu juga bisa memberikan uang ke orang tua dan membahagiakan mereka.

Nah itulah beberapa alasan nikmatnya hidup tanpa utang. Bagi kamu yang ingin menghindari utang, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Di mana, dengan KINI.id, kamu bisa dengan mudah mencairkan gaji di awal tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Sehingga, jika kamu membutuhkan dana darurat di tengah bulan, kamu tidak perlu berutang, karena kamu bisa memenuhi kebutuhanmu dengan mencairkan gaji di muka melalui aplikasi KINI.id. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id!