Sudah pernah dengar program karyawan untuk akses penerimaan gaji di awal sebelum tanggal gajian perusahaan? Program ini sudah dilakukan beberapa perusahaan untuk membantu karyawan mengatur keuangannya dalam melakukan rebudgeting, hingga membantu mereka meningkatkan produktivitas tanpa harus memengaruhi arus kas perusahaan.

Program ini hanya menyediakan akses ke kas/uang yang secara teknis telah didapatkan karyawan, dan ini bukanlah pinjaman. Sehingga, karyawan tidak perlu membayar bunga atau membayar cicilan perbulan. Namun, gaji yang mereka ambil di bulan tersebut akan dipotong atas uang/kas yang mereka ambil atau gunakan.

Jenis-Jenis Program Akses Gaji Di Awal

Program pembayaran gaji di awal juga disebut “akses upah yang diperoleh atau earned wage access”, “bayar sesuai permintaan atau pay on demand”, dan “bayar sesuai permintaan atau on demand pay”. Program ini memiliki beberapa jenis atau model yang berbeda. Apa saja itu?

1. Langsung ke konsumen atau karyawan

Dalam model ini, perusahaan tidak ada hubungannya dengan program akses gaji di muka. Program ini berfungsi seperti pinjaman, di mana program ini akan memberikan uang kepada karyawan dan karyawan akan membayarnya kembali dari rekening bank mereka di hari gajian.

2. Membuat hosting pembayaran harian sendiri

Sistem ini mengharuskan perusahaan memiliki sistem manual sendiri yang membantu mereka menghitung dan membayar karyawan setiap hari. Sistem ini membutuhkan lebih banyak pekerjaan untuk perusahaan dan bisa membuat perusahaan bingung ketika ingin menghitung pajak atau komponen lainnya.

3. Program benefit karyawan

Sistem ini menghubungkan ke sistem penggajian perusahaan dan ketepatan waktu perusahaan untuk memastikan karyawan menerima gaji di muka. Sistem ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan gaji di muka tanpa harus mengeluarkan uang perusahaan sebelum tanggal gajian. Karena, perusahaan bisa menggantinya saat hari gajian tiba atau setelah hari gajian.

Perusahaan hanya perlu mengeluarkan jumlah uang yang sama pada hari gajian jika karyawan tidak mengambil uang di program ini dan tidak ada biaya tambahan untuk perusahaan. Sedangkan, jika karyawan menggunakan gaji di muka, maka perusahaan bisa memotong gaji karyawan berdasarkan kas/uang yang telah mereka ambil, dan membayar kas/uang yang telah digunakan karyawan ke aplikasi atau program gaji di muka ini.

Manfaat inilah yang bisa kamu terima ketika kamu mendaftarkan perusahaan dan karyawan di aplikasi Kini.id. Dengan mendaftar ke Kini.id, kamu bisa membantu karyawan mendapatkan akses gaji lebih cepat, dan kamu pun sebagai pihak perusahaan tidak perlu khawatir arus kas perusahaan menjadi buruk.

Akses Gaji Di Muka Menjadi Tunjangan Karyawan

Ketika menawarkan tunjangan pembayaran sesuai permintaan atau akses gaji di muka terbukti menjadi alat yang berguna untuk retensi dan produktivitas karyawan dan dapat meningkatkan pelamar kerja.

Bahkan karyawan yang tidak membutuhkan program ini masih bisa melihat nilai didalamnya dan merasa nyaman karena perusahaan menawarkan program atau benefits yang bermanfaat. Kenapa? Karena tidak ada yang tahu bagaimana keuangan di kemudian hari, dan tidak ada yang menjamin keuangan akan terus stabil. Bisa saja, di kemudian hari membutuhkan pengeluaran untuk dana darurat untuk memperbaiki kendaraan, biaya rumah sakit karena kecelakaan, dan sebagainya. Jika hal itu terjadi, penting untuk karyawan menggunakan program ini, sehingga tidak perlu menunggu berhari-hari hingga tanggal gajian.

Nah, untuk mempermudah karyawanmu dan juga perusahaan, yuk langsung daftar ke Kini.id dan dapatkan manfaatnya mulai hari ini!