Tidak ada orang yang ingin berutang kepada orang lain atau pihak bank. Selain itu, berutang juga bukan kebiasaan yang dianjurkan, karena bisa membuat kondisi keuangan menjadi buruk dan mengakibatkan masalah jangka panjang. Dengan berutang, hidup kita tidak tenang dan selalu terbayang-bayang utang dan perlu memikirkan kewajiban untuk membayarnya.

Namun, kebiasaan berutang tidak dapat dihindari, apalagi jika kamu dalam keadaan mendesak. Nah, di bawah ini adalah beberapa kondisi tertentu yang bisa menjadi alasan kamu boleh berutang. 

Utang untuk kebutuhan sehari-hari yang mendesak

Tidak semua orang memiliki kondisi yang baik, ada saja kejadian tidak terduga yang membuat kita harus menguras tabungan atau bahkan berutang. Misalnya saja saat mengalami musibah, laptop rusak dan harus ganti padahal dibutuhkan untuk bekerja, dan masalah lain yang mungkin terjadi.

Jika hal ini terjadi, biasanya kamu perlu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak yang berakibat habisnya uang gajian bahkan terpakainya dana darurat. Padahal, hidup harus terus berjalan sedangkan waktu gajian masih lama.

Nah, jika hal ini terjadi dan membuatmu tidak punya uang untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti biaya makan, listrik, dan sewa kos, maka boleh saja kamu berutang asalkan secukupnya dan tidak berlebihan. Pastikan kamu berutang sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan saat itu. Selain itu, pastikan juga kamu langsung membayarnya sesaat menerima gaji.

Mengatasi masalah kesehatan

Ketika kamu atau anggota keluargamu tiba-tiba sakit atau mengalami kecelakaan dan butuh biaya yang besar untuk berobat, maka kamu diperbolehkan untuk berutang. Namun, untuk menghindari hal tersebut sebenarnya kamu bisa memanfaatkan asuransi kesehatan ataupun BPJS  Kesehatan agar tabunganmu aman dan kamu tidak perlu pusing berutang untuk mencari biaya berobat.

Sebelum kamu mengalami penyakit dadakan, kamu bisa menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan waktu istirahat yang cukup. Lebih baik kamu mengeluarkan budget untuk membeli makanan sehat daripada menghemat biaya makan yang berujung pada penyakit, yang akhirnya akan lebih menguras uangmu.

Keperluan mengembangkan bisnis

Berutang untuk kepentingan bisnis juga termasuk utang produktif. Dengan berutang inilah kamu bisa menghasilkan uang yang nantinya bisa digunakan untuk membayar utang tersebut.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah prospek dari bisnis yang akan dijalankan. Jangan sampai bisnis yang akan kamu mulai tidak memiliki prospek yang bagus dan mengakibatkan minimnya pendapatan, sehingga kamu terancam tidak bisa membayar utang.

Membeli hunian yang nilainya semakin naik

Hunian di zaman sekarang sangat mahal dan susah dijangkau para generasi milenial. Untuk membeli hunian atau properti secara cash, kamu perlu menabung dalam waktu yang lama, mungkin bisa berpuluh-puluh tahun. Namun, hal ini tidak direkomendasikan karena harga rumah akan semakin naik, sedangkan mata uang tetap tidak berubah.

Sehingga, tidak masalah jika kamu mau mengajukan KPR, asalkan kamu telah menyiapkan tabungan yang cukup untuk membayar uang mukanya dan penghasilan tetap untuk mengangsurnya setiap bulan.

Berinvestasi ke pendidikan

Pendidikan menjadi bekal terpenting yang akan menentukan kesuksesan seseorang. Pendidikan juga menjadi bentuk investasi jangka panjang yang dapat mengubah hidup seseorang menjadi lebih baik. Bukan hanya pendidikan formal, namun juga bisa bersifat informal seperti mengikuti kursus berbayar ataupun sertifikasi sebagai syarat untuk melamar pekerjaan.

Hal ini penting, apalagi di zaman yang semakin berkembang seperti saat ini. Akan muncul banyak tuntutan yang beragam dan kemampuan baru yang dibutuhkan misalnya seperti digital marketing, data analyst, video creator, dan lain sebagainya.

Untuk memenuhi tuntutan zaman ini, kamu bisa mengikuti pelatihan, baik yang berbayar maupun gratis. Jika kamu tidak memiliki dana untuk pelatihan ini, kamu bisa berutang terlebih dahulu. Karena setelah kamu menyelesaikan program pelatihan, kamu bisa memperoleh gaji yang dapat digunakan untuk membayar utang tersebut.

Itulah beberapa alasan berutang yang bisa kamu lakukan. Pastikan kamu berutang dengan tujuan yang baik dan hindari berutang untuk memenuhi gaya hidup seperti ganti handphone baru, beli mobil baru, dan sebagainya.

Namun, sekarang kamu tidak perlu lagi berutang untuk memenuhi kebutuhan darurat seperti makan, biaya pendidikan, dan kebutuhan lainnya yang jumlahnya kecil. Karena sekarang kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Melalui Kini.id, kamu bisa dengan mudah mencairkan gaji di awal tanpa perlu berutang ke bank atau ke teman. Selain itu, kamu juga bisa mencairkan gaji sesuai dengan uang yang kamu perlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang!