Kompensasi dan benefit perusahaan menjadi salah satu hal yang sering dipertanyakan oleh calon karyawan sekaligus strategi yang bisa dilakukan perusahaan untuk mempertahankan loyalitas karyawan. Perusahaan yang memberikan kompensasi dan benefit yang sesuai berarti telah menghargai dan membalas kerja keras karyawan. Selain itu, strategi kompensasi dan benefit juga memiliki banyak manfaat seperti sebagai bahan penentu ketertarikan kandidat untuk bekerja dengan perusahaan, meningkatkan kesejahteraan karyawan, menjadi pertimbangan karyawan untuk menetap di perusahaan, hingga bisa menjadi salah satu hal motivasi karyawan.

Bagi perusahaan, kompensasi dan benefit merupakan salah satu instrumen untuk mendapatkan aset yang berharga, yaitu karyawan. Namun, tidak selalu mengacu pada apa yang karyawan inginkan, melainkan juga mempertimbangkan dari sisi apa yang perusahaan harapkan dan bagaimana kemampuan finansial perusahaan.

Agar perusahaan bisa membuat program kompensasi dan benefit yang sesuai dengan perusahaan, maka di bawah ini adalah beberapa strategi yang bisa dilakukan perusahaan sebelum menentukannya.

Buat Rencana Strategis Jangka Panjang

Sebelum memutuskan program kompensasi benefit, tentu perusahaan akan menyesuaikannya dengan rencana jangka panjang bisnis.

Misalnya, di awal perusahaan menawarkan upah minimal dan benefit yang biasa saja. Seiring pertumbuhan perusahaan dan kinerja karyawan, maka perusahaan tentu akan menaikkan upah dan menambahkan kompensasi benefit sebagaiĀ  hak karyawan tersebut.

Namun, sebelum menyusun rencana program kompensasi benefit ini, pastikan juga kamu telah memikirkan rencana jangka panjang perusahaan, misalnya apakah nantinya akan ada akuisisi, pemberhentian geografis, downsizing, dan fluktuasi keuntungan. Hal inilah yang wajib jadi pertimbangan perusahaan sebelum memberikan program kompensasi benefit.

Lakukan Survey Agar Mengetahui Nilai Pasar

Sebelum menentukan kompensasi benefit karyawan, pastikan juga kamu telah melakukan survei terhadap kebutuhan dan permintaan karyawan yang terbagi dalam berbagai usia, industri, hingga gender. Dengan begitu, perusahaan bisa menentukan kompensasi dan benefit apa yang sesuai dengan perusahaan (mulai dari aspek nilai hingga budget).

Perusahaan harus cerdas dan tepat dalam merancang dan menawarkan kompensasi benefit kepada calon karyawan dengan memastikan program yang ditawarkan kompetitor. Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan karyawan terbaik yang akan menjadi bagian dari perkembangan perusahaan.

Perhatikan Keberagaman Angkatan Kerja

Ada beberapa perusahaan yang memiliki keberagaman usia angkatan kerja yang sebagai preferensi dalam benefit. Perusahaan juga bisa melihat preferensi yang cocok untuk setiap angkatan kerja di perusahaan. Hal ini bisa kamu jadikan insight yang bagus dan akan sangat bijak jika perusahaan dapat memberikan benefits sesuai kebutuhan karyawan.

Misalnya, karyawan berusia muda akan lebih senang dengan benefit yang bersifat kesenangan seperti outing, jam kerja fleksibel, dan sebagainya. Sedangkan karyawan senior akan lebih suka benefit yang bersifat materi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Strategi Kompensasi Total

Tujuan utama dari penyusunan kompensasi benefit adalah untuk mengintegrasikan gaji dengan insentif dan benefit dalam satu kelompok. Perusahaan bisa memadukan kompensasi benefit  dan dijalankan secara bersamaan.

Misalnya, program pensiun, di mana program ini bisa saja dinilai tidak terlalu berpengaruh bagi para karyawan dalam kinerja harian mereka. Namun, benefit ini akan sangat bermanfaat bagi karyawan ketika masa pensiun tersebut sudah tiba.

Nah, itulah beberapa strategi menyusun kompensasi dan benefit yang sesuai kemampuan perusahaan. Jika sampai saat ini kamu masih bingung untuk memberikan program ini ke karyawan, kamu bisa mendaftarkan karyawan ke dalam aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa memberikan benefit akses pembayaran gaji di muka. Sehingga, karyawan bisa mengambil gajinya kapan dan di mana saja tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi seluruh karyawan, baik karyawan junior maupun senior. Selain itu, benefit ini juga bisa membantu karyawan ketika mereka membutuhkan dana darurat namun tanggal gajian masih lama. Jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan seluruh karyawan Anda ke dalam aplikasi KINI.id sekarang!