Akhir tahun selalu menjadi momen menarik yang tidak mungkin dilewatkan. Bukan hanya bersama keluarga saja, merayakan momen acara akhir tahun juga bisa dilakukan bersama rekan kerja. Menikmati akhir tahun dengan rekan kerja pun bisa membantu mempererat hubungan yang baik dan hangat.

Sebuah hubungan interpersonal yang baik dengan rekan kerja akan membantu meningkatkan produktivitas selama bekerja. Oleh karena itu, tidak heran banyak perusahaan yang memanfaatkan momen pergantian tahun ini untuk membangun engage di antara karyawan dengan berbagai acara.

Apakah perusahaan kamu juga memiliki rencana untuk melakukan acara akhir tahun bersama karyawan? Di bawah ini adalah ide acara akhir tahun yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan engage antar karyawan.

Pesta kostum

Pesta kostum pasti sudah tidak asing lagi bukan? Biasanya pesta kostum ini dilakukan di hari besar diperingati secara nasional. Misalnya, belum lama ini banyak perusahaan yang mengadakan pesta kostum dalam rangka Helloween. Nah, acara akhir tahun di perusahaan pun bisa kamu lakukan dengan mengadakan pesta kostum yang lebih menarik daripada sekedar menggunakan kostum di perayaan hari nasional saja.

Cobalah buatlah kompetisi dengan menawarkan hadiah yang cukup menarik untuk didapatkan karyawan. Agar lebih menyenangkan lagi jika pesta kostum bisa dilakukan berkelompok. Grup mana yang paling totalitas, dapat memenangkan hadiah yang sudah disiapkan perusahaan.

Pekan olahraga

Akhir tahun juga bisa menjadi momen berharga untuk merayakannya dengan sesuatu yang menyenangkan sekaligus menyehatkan, yaitu dengan mengadakan acara-acara olahraga. Kegiatan olahraga ini bisa kamu balut dalam acara pekan olahraga kantor. Cobalah pilih jenis olahraga yang paling disukai oleh karyawan dan semua orang mampu melakukannya. Hal ini patut dipertimbangkan agar seluruh karyawan bisa ikut serta tanpa alasan tidak bisa. 

Pilihlah kegiatan olahraga yang mudah dan menyenangkan. Misalnya, lari. Perusahaan bisa mengadakan event fun run 5K dan 10K bagi yang sudah terbiasa olahraga. Hadiah dan undian juga bisa disiapkan untuk memeriahkan kegiatan. Kemudian, buat juga acara futsal bagi karyawan laki-laki yang bisa dilakukan setelah jam kerja selesai. Dengan begitu, mereka bisa lebih antusias dalam menghadapi akhir tahun di kantor.

Fun camp

Acara berkemah juga tidak akan kehilangan daya tariknya meski sudah masuk di usia karyawan. Berkemah sering menjadi impian karyawan karena menawarkan suasana alam yang masih asri dan membebaskan mereka dari suasana pekerjaan sehari-hari. Cobalah buat acara fun camp yang diisi dengan berbagai kegiatan outbond ataupun susur hutan dan permainan-permainan lain yang dapat menyenangkan hati dan meningkatkan engage antar karyawan.

Fun camp juga akan membantu karyawan merefresh pikiran dan suasana hati dari kejenuhan pekerjaan dan kehidupan di kota. Setelah acara fun camp selesai, diharapkan pikiran karyawan bisa menjadi lebih segar sehingga bisa bekerja lebih produktif kembali di tahun depan. Di dalam fun game, kamu juga bisa sisipi kegiatan-kegiatan yang semakin mengeratkan hubungan karyawan dan loyalitasnya kepada perusahaan.

Liburan ke luar kota

Hampir mirip dengan kegiatan fun camp, bedanya, jenis kegiatan ini hanya pada  tempat bermalamnya. Fun camp mengutamakan nuansa kembali pada alam, lebih alami, bermalamnya pun di dalam tenda, memasak dengan alat-alat sederhana. Sedangkan, liburan ke luar kota ini lebih modern dan fleksibel.

Perusahaan bisa membuat acara liburan ke luar kota dengan bermalam atau tidak. Yang terpenting, momen ini dilakukan untuk berlibur dan berhenti sejenak dari pekerjaan yang menumpuk. Biasanya perusahaan sudah memiliki agenda berlibur semua karyawannya setahun sekali. Akhir tahun dapat menjadi alternatif waktu untuk melakukan kegiatan tersebut.

Fun game

Banyak permainan seru yang dapat disusun dalam sebuah acara akhir tahun, misalnya dengan melakukan fun game, baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Jika ingin mengadakan acara khusus untuk semua karyawan, maka sebaliknya membuat fun game dalam skala besar dan permainan yang melibatkan banyak orang. Agar seluruh karyawan bisa berperan dalam memainkan game dengan bahagia tanpa tekanan. 

Perusahaan bisa memilih permainan tradisional, misalnya benteng-bentengan, gobak sodor dan sebaiknya. Permainan-permainan itu membutuhkan kerja sama tim yang baik. Sehingga,  tidak hanya mendapatkan kebahagiaan bermain dan memperoleh hadiah, namun juga meningkatkan hubungan kerja sama yang baik antara karyawan. 

Itulah beberapa acara akhir tahun yang bisa dilakukan perusahaan bersama karyawannya. Dengan adanya acara akhir tahun inilah perusahaan bisa meningkatkan interaksi antar karyawan dan membantu karyawan untuk beristirahat sejenak dari menumpuknya pekerjaan.

Selain acara akhir tahun, cobalah juga untuk pertimbangkan untuk memberikan benefit akses gaji instan. Dengan akses gaji instan inilah karyawan bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan daruratnya di akhir tahun yang biasanya sering melonjak tinggi.

Perusahaan tidak perlu khawatir mengenai anggarannya, karena sekarang perusahaan bisa mendaftarkan seluruh karyawan ke dalam aplikasi KINI.id untuk menikmati akses gaji instan tanpa harus khawatir anggaran keuangan atau arus kas perusahaan. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan sekarang juga seluruh karyawan ke dalam aplikasi KINI.id.