Tidak terasa sebentar lagi tahun berganti. Untuk menjalani awal tahun dengan lebih baik, tentu kamu harus mulai mempersiapkan dan merencanakan tujuan di tahun depan. Salah satunya adalah dengan mulai membuat resolusi keuangan.

Apapun kondisi keuangan di tahun ini, sudah pasti kamu tetap menginginkan kondisi yang jauh lebih baik lagi di tahun depan bukan? Dengan membuat resolusi keuangan inilah maka akan membantu untuk bisa lebih mudah dan lebih efisien dalam mengelola keuangan, sehingga kondisi keuangan akan jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

Bukan hanya itu, membuat resolusi keuangan juga akan membantu kamu untuk bisa lebih mudah mencapai berbagai tujuan keuangan yang telah ditetapkan. Kamu dapat menerapkan berbagai aturan baru yang dianggap tepat, agar semua tujuan keuangan dapat tercapai. Lalu, sudah siapkah kamu untuk melakukan resolusi di dalam keuangan?

Di bawah ini adalah beberapa resolusi keuangan yang wajib kamu terapkan di tahun 2023 demi mencapai kebebasan finansial demi hidup yang lebih baik.

Susun dan Jalankan Anggaran Keuangan

Untuk mengawali resolusi keuangan, tentu kamu harus bisa menyusun sebuah anggaran keuangan. Kamu dapat membuat anggaran yang baru atau bahkan sekedar memperbaiki anggaran yang telah digunakan sebelumnya.

Susunlah sebuah anggaran yang masuk akal, di mana penghasilan dan pengeluaran berimbang dan bisa mendukung hidup secara efektif. Namun, pastikan anggaran yang sudah kamu buat pun dijalankan dengan baik. Karena sebuah anggaran keuangan yang telah disusun dengan baik tidak akan bermanfaat jika kamu tidak menjalankannya. Jadi, cobalah untuk disiplin dalam menjalankan anggaran keuangan yang telah disusun, sehingga resolusi keuangan berdampak positif bagi keuangan itu sendiri.

Tingkatkan Nilai Tabungan

Jika kamu sudah terbiasa dengan menabung, maka resolusi satu ini tidak akan sulit. Kamu hanya perlu meningkatkan nilai tabungan bulanan, sehingga jumlah tabungan menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Jika selama ini hanya menyisihkan 10% dari total penghasilan, maka cobalah meningkatkannya menjadi 15% per bulannya. Ini akan sangat membantu keuangan menjadi lebih baik dan stabil ke depannya. 

Lunasi Semua Utang

Utang menjadi beban di dalam keuangan, terutama jika utang ini hanya bersifat konsumtif dan tidak menghasilkan apa-apa. Di tahun 2023 ini, cobalah mulai lakukan perbaikan keuangan dengan cara melunasi semua utang, sehingga keuangan menjadi lebih baik kedepannya.

Jika utang cukup besar, maka lakukan pelunasan secara bertahap, sehingga jumlah cicilan utang ini tidak akan membebani keuangan terlalu berat. Mulailah dari utang yang memiliki jumlah bunga dan biaya paling besar, sebab kedua komponen ini membebani keuangan setiap bulannya.

Lakukan Investasi yang Baru

Pastikan juga kamu menempatkan sejumlah dana investasi di dalam keuangan, bahkan jika memungkinkan kamu harus menambah nilainya. Mulailah lakukan  investasi yang baru di tahun ini, sehingga keuangan mengalami perbaikan dari tahun-tahun sebelumnya. Pilih instrumen investasi yang dianggap tepat dan menguntungkan, termasuk cara mempertimbangkan risiko di dalamnya.

Disiplin Membayar Tagihan

Jika memiliki sejumlah tagihan bulanan, maka mulailah untuk disiplin membayarnya. Ini sangat penting, terutama jika tagihan ini memiliki biaya bunga dan denda keterlambatan pembayaran yang dilakukan. Hindari biaya bunga dan denda tersebut, sebab jumlahnya bisa saja cukup besar setiap bulannya.

Untuk menghindarinya, tentu kamu harus membayar tagihan tepat waktu, atau bisa juga memanfaatkan fasilitas auto debet dari rekening tabungan setiap bulannya, ini akan menghindarkan dari keterlambatan pembayaran.

Belanja dengan Cerdas

Belanja rutin bulanan menjadi salah satu komponen pengeluaran yang paling besar di dalam keuangan, jadi pastikan kamu mengelolanya seefektif mungkin. Lakukan belanja bulanan dengan cerdas, di mana kamu dapat berhemat dan menyimpan sejumlah uang setiap bulannya.

Pilih supermarket yang paling murah dan manfaatkan diskon ataupun penawaran khusus yang diberikan kepada pelanggannya. Kamu juga bisa berhemat dengan cara memanfaatkan fasilitas belanja hemat dari kartu kredit.

Kurangi Pengeluaran Bersifat Konsumtif

Ada banyak pengeluaran yang bersifat konsumtif dan tidak begitu dibutuhkan pengadaannya dalam keuangan. Jadi, agar keuangan lebih baik di 2023, cobalah mulai kenali pengeluaran yang seperti ini dan pangkas pengeluaran tersebut di dalam keuangan. Dengan begitu, kamu dapat berhemat dan menyimpan lebih banyak uang lagi ke depannya.

Mulai Bisnis Kecil-Kecilan

Daripada uang mengalir begitu saja dengan berbelanja konsumtif, lebih baik alihkan pengeluaran belanja konsumtif dengan membuka bisnis kecil-kecilan seperti online shop yang menjual aksesoris atau sebagai agen pulsa. Bisa juga memulai bisnis berdasarkan hobi yang sedang ditekuni seperti memasak atau menggambar.

Untuk memulai bisnis kecil-kecilan ini kamu tidak perlu modal besar. Hanya dengan modal Rp500 ribu kamu bisa memulai bisnis sendiri. Dengan membuka bisnis sendiri, kamu bisa belajar mengatur uang lebih baik lagi, belajar bagaimana dunia bisnis sebenarnya dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Mulai Menyisihkan untuk Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat juga menjadi kewajiban bagi kamu yang telah memiliki penghasilan sendiri dan memutuskan untuk lepas dari uang orang tua. Tapi harus diingat dana darurat memiliki fungsi yang berbeda dengan tabungan. Tujuan dana darurat haruslah jelas untuk menghindari kamu menggunakannya sesuka hati. Jika bisa, buat rekening baru lain khusus untuk menyimpan dana darurat.

Itulah beberapa resolusi keuangan yang wajib kamu terapkan di tahun depan demi keuangan yang lebih stabil. Pastikan juga untuk tidak berutang hanya untuk kebutuhan impulsif kamu. Namun, jika dirasa kamu tidak memiliki tabungan untuk penuhi kebutuhan darurat, pastikan kamu tidak berutang dan memanfaatkan benefit EWA lewat aplikasi KINI.id yang diberikan perusahaan ke seluruh karyawan.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji lebih fleksibel untuk memenuhi kebutuhan darurat kamu. Namun pastikan ini hanya kamu gunakan untuk kebutuhan darurat ya! Karena jika tidak, kamu hanya akan ‘gali lubang tutup lubang’ di tanggal gajian nanti.