4 Cara Cerdas Mengatasi Masalah ‘Gajian Masih Lama’

Siapa yang sudah tidak sabar menunggu tanggal gajian? Hal ini sering terjadi ketika gaji sudah habis di pertengahan bulan. Ada banyak faktor yang memengaruhinya, mulai dari hidup boros di awal bulan atau banyaknya kebutuhan darurat yang perlu dipenuhi selama bulan tersebut. Nah, daripada kamu bingung dan mengkhayal tanggal gajian yang masih lama, yuk coba ikuti beberapa cara bertahan hingga tanggal gajian tiba.

Kurangi Jajan

Teknologi yang terus berkembang juga ikut memberikan kemudahan, terutama kemudahan untuk jajan. Misalnya saja belanja online, order makanan online, dan masih banyak lagi. Karena kemudahan yang ditawarkan inilah terkadang banyak orang yang tidak sanggup menahannya dan menjadi impulsif. Kemudian, ketika uang sudah menipis, barulah sadar bahwa gajinya sudah hampir habis karena jajan. Padahal, tanggal gajian selanjutnya masih lama. Bayang-bayang makanan enak pasti sudah menghantui sebagai bentuk self-reward. Padahal, kondisi kantong sedang miris. 

Nah, jadi solusinya kamu harus pintar mengatur uang untuk jajan, baik jajan makanan atau belanja online. Salah satu caranya adalah dengan membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Selain hemat, cara ini juga bisa membuat kamu lebih sehat.

Berani Bilang, “Enggak dulu ya”

Godaan ketika uang gajian sudah menipis bisa datang dari mana saja, bukan hanya dari diri sendiri, tapi juga dari teman. Kadang di kondisi krisis seperti ini ada aja yang mengajak main keluar, misalnya makan di mall, nonton bioskop, nongkrong di kafe, yang secara otomatis butuh uang yang cukup banyak.

Untuk mengantisipasinya, kamu bisa coba menolak dari awal ajakan temen. Tunggu sampe uangnya cukup untuk jalan-jalan sama mereka. Menolak ajakan lebih baik dibanding kamu harus mengatakan “pakai uang kamu dulu ya…”

Kebutuhan Dulu, Keinginan Nanti

Ketika dompetmu sudah mulai tipis, coba untuk jangan terlalu banyak maunya. Apalagi jika tanggal gajian masih lama. Akan lebih baik sisa uangmu digunakan untuk kebutuhan pokok dan sehari-hari, seperti biaya hidup sehari-hari, transportasi, dan lain-lain.

Jika tanggal gajian datang, coba jangan langsung membeli barang keinginan kamu, tapi cobalah untuk menabung sedikit demi sedikit demi masa depan yang lebih nyaman.

Hindari Berutang

Banyak juga orang yang mencoba untuk berutang demi memenuhi kebutuhannya. Hal ini sering dilakukan jika uang gaji sudah benar-benar habis dan demi berangkat ke kantor. Nah, jika kamu ada di posisi ini, jangan coba-coba untuk berutang, meski itu ke teman. Karena ini nantinya bisa jadi kebiasaan yang membuat namamu menjadi jelek. Apalagi jika kamu harus meminjam uang ke pinjol atau bank. Bukan lagi namamu yang jelek, tapi kamu pun bisa mendapatkan banyak kerugian. Misalnya dikejar debt collector.

Lalu gimana solusinya? Kamu bisa menggunakan aplikasi KINI.id untuk mengakses gajimu sesuai kebutuhan tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Namun, pastikan gaji yang kamu cairkan ini bukan untuk memenuhi keinginan ya, tapi kebutuhan.