Saat ini semua kebutuhan hidup terus meningkat dan tergolong cukup sulit untuk dipenuhi. Apalagi saat ini jumlah pengangguran pun terus meningkat. Belum lagi setelah masa pandemi datang, banyak karyawan yang kehilangan pekerjaannya karena perusahaan sudah tidak lagi mampu membayar dan terpaksa mengurangi karyawannya. Nah, untuk mengurangi risiko inilah, seorang karyawan perlu mempersiapkan diri jika suatu hari ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Salah satunya adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Nah, di bawah ini adalah beberapa alasan karyawan perlu cari pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama.

Mengantisipasi Keadaan Ketika Tiba-tiba Diberhentikan dari Pekerjaan

Mungkin saat ini perusahaan tempat kamu bekerja sedang dalam keadaan baik dan aman. Tapi tidak ada yang menjamin, apakah perusahaan tempatmu bekerja akan terus aman dan tidak ada hal buruk menimpa. 

Jangan terlalu nyaman dengan kondisi pekerjaan yang saat ini kamu dapatkan. Kamu tetap harus memikirkan apa yang akan kamu lakukan jika ada hal yang buruk terjadi nantinya. Dengan begitu kamu akan tetap mendapatkan kehidupan yang baik-baik saja, meskipun secara tiba-tiba perusahaan memberhentikanmu.

Setidaknya, dengan pekerjaan sampingan kamu akan tetap mendapatkan sumber penghasilan meski hasilnya tidak sebesar gaji utama. Yang terpenting, penghasilan dari pekerjaan sampinganmu inilah yang akan membantu perekonomian sampai kamu bisa mendapatkan pekerjaan baru.

Bisa Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Dengan mencari pekerjaan sampingan, maka kamu tentu akan mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan hasil yang lebih banyak jika dibandingkan hanya mengandalkan satu sumber penghasilan saja.

Jika kamu pandai mengatur keuangan, sudah bisa dipastikan kamu bisa memiliki uang lebih. Misalnya, bisa kamu simpan untuk menabung, mempersiapkan pendidikan anak, dan sebagainya. Berbeda jika kamu hanya bekerja di satu tempat tertentu saja. Terkadang untuk bisa memenuhi semua kebutuhan saja pun akan terasa sulit

Bebas Membeli Barang yang Diinginkan dengan Penghasilan Tambahan

Jika kamu hanya memiliki satu pekerjaan dan penghasilan pas-pasan, terkadang kamu akan sulit untuk membeli barang yang diinginkan, misalnya ganti gadget baru. Namun, dengan adanya penghasilan tambahan inilah, kamu bisa memanfaatkan penghasilanmu untuk membeli barang-barang yang diinginkan, tanpa harus mengambil dari penghasilan utama.

Namun, pastikan juga kamu tetap harus mengatur keuanganmu dan tidak mengutamakan barang yang tidak terlalu kamu butuhkan meskipun ingin sangat memilikinya. 

Tidak Ragu untuk Resign & Menekuni Pekerjaan Lain yang Disukai

Kamu juga bisa lebih bebas memilih tempat kerja yang paling membuatmu nyaman. Jika kamu merasa bosan dengan suasana bekerja atau tidak ada karir yang jelas, maka kamu tidak perlu ragu untuk mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut. Hal ini karena kamu masih punya sumber penghasilan lain dari pekerjaan sampinganmu.

Selagi menunggu pekerjaan lainnya, kamu bisa mengandalkan hasil dari pekerjaan sampingan terlebih dahulu. Sehingga kamu tetap memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhanmu meskipun kamu sudah mengundurkan diri dari pekerjaanmu sebelumnya.

Menabung Lebih Banyak dan Bisa Lebih Cepat Mengumpulkan Kekayaan

Dengan pekerjaan sampingan yang menghasilkan cukup uang, kamu juga bisa lebih cepat menabung. Semakin rajin kamu menabung, semakin cepat juga kamu mengumpulkan kekayaan. Penghasilan yang tidak hanya berasal dari satu pekerjaan saja tentu akan memberikan banyak keuntungan untukmu.

Sehingga, selagi kamu masih memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan sampingan, ada baiknya kamu berusaha semaksimal mungkin untuk melakukannya.

Memenuhi Kebutuhan Darurat

Selain kelima alasan di atas, kamu juga perlu mencari pekerjaan sampingan demi memenuhi kebutuhan darurat. Apalagi jika penghasilanmu saat ini masih kurang untuk memenuhi kebutuhan yang ada dan tidak memiliki tabungan. Nah, dengan mencari pekerjaan sampingan inilah nantinya kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang dananya bisa kamu simpan sebagai dana darurat.

Namun, jika saat ini kamu belum mendapat pekerjaan sampingan dan butuh darurat, kamu tidak perlu bingung. Karena sekarang ada aplikasi KINI.id yang membantu kamu mengakses gaji instan kapan dan di mana saja, yang bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan darurat di tengah bulan.

Nah, itulah beberapa alasan karyawan cari pekerjaan sampingan. Kira-kira alasan kamu mencari pekerjaan sampingan ada di poin berapa nih?