Meski masa pensiun masih lama, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan masa tersebut. Dengan persiapan pensiun sejak dini, maka kamu bisa lebih siap menghadapi masa tersebut dengan lebih matang. Apalagi, kita tidak akan ada yang tahu kondisi darurat apa saja yang terjadi pada kita di kemudian hari nanti. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mulai mempersiapkan dana pensiun sejak dini untuk bisa menikmati masa pensiun yang nyaman.

Berikut ini adalah beberapa tips persiapan pensiun yang bisa kamu ikuti demi masa pensiun yang lebih aman dan nyaman.

Disiplin menabung setiap bulan

Untuk mempersiapkan masa pensiun dengan lebih baik, tentu kamu perlu disiplin menabung tiap bulan. Tanpa tabungan yang cukup, kamu terpaksa mencari dana tambahan atau malah menjadi bergantung dengan orang lain di masa pensiun. Tentu hal ini tidak kamu inginkan bukan? Agar kebiasaan menabungmu bisa rutin, kamu bisa mengikuti program tabungan yang disediakan oleh Bank atau menabung sendiri di rumah. 

Pertimbangkan untuk berinvestasi

Selain itu, cobalah pertimbangkan untuk menabung di instrumen yang tidak termakan inflasi dengan tujuan jangka panjang. Misalnya dengan investasi reksa dana atau saham, bisa juga dengan membeli emas. Dengan berinvestasi, kamu bisa mendapatkan pemasukan pasif yang akan membantu kamu mendapatkan pengeluaran bulanan. Bukan hanya itu, return atau profit yang kamu dapatkan selama berinvestasi juga bisa kamu gunakan untuk memulai bisnis di usia tua. Jadi, jangan pernah berhenti untuk rutin berinvestasi ya!

Hitung kebutuhan dana bulanan saat pensiun

Untuk mempersiapkan masa pensiun, cobalah juga untuk menghitung kebutuhan dana bulanan ketika pensiun nanti. Hal ini sangat penting dan berhubungan dengan melengkapi kebutuhan pokok yang dibutuhkan di masa pensiun nanti.

Oleh karena itu, mulai diskusikan kebutuhan dana bulanan dengan pasangan atau keluarga agar semuanya bisa terhitung dengan baik. Selain itu, potonglah pengeluaran yang dirasa tidak terlalu penting. Sehingga, di masa penisun nanti kamu juga bisa menjadi lebih hemat.

Pertimbangkan dana kesehatan

Semua orang tentu ingin hidup sehat di masa tua agar bisa tetap menjalankan kegiatan sehari-hari dengan nyaman. Sayangnya, banyak orang yang justru mengalami masalah kesehatan di masa tua, terutana ketika sudah menyentuh usia pensiun.

Melihat hal tersebut, sangat penting bagimu untuk menyiapkan dana darurat agar nanti tidak menyusahkan orang lain atau anak-anak kamu nantinya. Dana satu ini bisa mulai kamu cicil setiap bulannya atau bisa juga kamu mulai mendaftarkan diri kamu dan keluarga dalam program asuransi kesehatan. Sehingga, masa tua kamu nanti bisa lebih nyaman dan tanpa khawatir risiko keuangan yang terjadi karena masalah kesehatan.

Melunasi utang

Untuk masa pensiun yang nyaman, pastikan juga untuk melunasi utang segera. Dengan tidak memiliki utang, maka kamu bisa menikmati hidup lebih nyaman dan aman secara finansial. Jika saat ini kamu sudah berutang, pastikan utang tersebut bukanlah utang konsumtif. Kamu sah-sah saja berutang, selama utang tersebut adalah utang produktif. Misalnya, utang untuk tambahan modal bisnis, utang KPR, dan sebagainya.

Namun, mendekati masa pensiun, pastikan kamu tidak menambah utang dan cobalah untuk melunasi utang satu per satu agar kamu bisa lebih fokus mempersiapkan dana pensiun. Jangan sampai karena masalah utang kamu menunda pensiun.

Nah, agar terhindar dari masalah utang kamu bisa memanfaatkan benefit EWA atau Earned Wage Access lewat aplikasi KINI.id. Dengan KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gajimu kapan dan di mana saja sehingga kamu bisa memenuhi kebutuhan daruratmu tanpa perlu berutang. Namun pastikan kamu hanya memanfaatkan aplikasi KINI.id untuk kebutuhan darurat bukan untuk keinginan konsumtif kamu.