10 Rekomendasi Buku untuk Belajar Mengelola Keuangan di Usia Muda

Bagi kamu yang ingin bebas secara finansial, tentu belajar mengelola keuangan perlu dilakukan dengan segera. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar finansial mulai dari workshop hingga membaca buku tentang keuangan. Nah, bagi kamu yang memilih untuk belajar mengelola keuangan lewat buku tentang financial planning, berikut ini beberapa rekomendasi buku yang bisa kamu baca untuk belajar keuangan dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Your Money or Your Life (1992): Vicki Robin & Joseph R. Dominguez

Buku ini berisi tentang dasar-dasar mengelola keuangan pada umumnya seperti menabung, investasi, dan mengatur keuangan. Yang membedakannya adalah perspektif yang digunakan oleh penulis. Di mana, buku ini menitikberatkan pembahasan pada cara hidup alternatif yang bisa diikuti agar tidak perlu lagi bekerja 40 jam setiap minggu.

Dengan membaca buku ini, kamu dapat mempelajari cara memperbanyak tabungan, menentukan prioritas dan gaya hidup yang ingin dijalani, dan masih banyak lagi. Intinya, dalam buku ini kamu bisa belajar untuk bebas dari tuntutan ‘matang’ secara finansial dan benar-benar hidup dengan apa yang dibutuhkan.

Rich Dad Poor Dad (1997): Robert Kiyosaki

Dalam buku ini, Robert Kiyosaki menceritakan kisah keuangan dari ayahnya yang biasa saja dan ayah dari temannya yang sangat kaya. Dalam buku ini, kamu bisa mempelajari bahwa pendidikan finansial sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Pendidikan finansial yang dimaksud mencakup investasi di aset dan properti, membuat bisnis, dan cara mengembangkan itu semua agar mencapai kebebasan finansial. Di sini, kamu bisa mempelajari bagaimana cara untuk berhenti bekerja untuk mendapatkan uang, tetapi mulai ‘mempekerjakan uang’.

The 4-Hour Workweek (2007): Tim Ferriss

Buku ini akan menjelaskan berbagai cara agar kamu dapat bekerja dengan lebih cermat, bukan lebih keras. Di sini, kamu bisa mendapatkan inspirasi untuk mencari keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.  Selain itu, kamu juga bisa belajar mengenai cara menggandakan pemasukan pasif melalui investasi dan lain-lain. 

The Simple Path to Wealth: Your Road Map to Financial Independence and a Rich, Free Life (2016): Jim L. Collins

Buku ini akan membantu kamu belajar untuk mencapai financial freedom dan stabilitas yang selama ini diinginkan.  Mulai dari mengapa kamu harus menghindari utang, cara memahami dan menggunakan uang, dan cara-cara berinvestasi.  Buku ini menjelaskan semua itu secara menyeluruh dan komprehensif, sehingga mudah dipahami dan juga mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

Unshakeable: Your Financial Freedom Playbook (2017): Tony Robbins & Peter Mallouk

Buku ini akan menjelaskan mengenai langkah-langkah yang harus diikuti untuk mencapai financial freedom. Di sini, kamu akan mempelajari cara melindungi investasi di masa-masa sulit sekaligus cara meningkatkan kekayaan. Jika kamu merupakan pemula atau sudah lama berinvestasi, buku ini sangat cocok untukmu.

Financial Freedom: A Proven Path to All the Money You Will Ever Need (2019): Grant Sabatier

Buku ini menitikberatkan pada nilai uang yang dicari dan juga waktu yang dimiliki. Buku ini juga akan mengajarkan kamu cara mengatur keuangan agar dapat ‘membeli’ kebebasan finansial yang selama ini dicari. Bukan hanya mengatur keuangan, buku ini juga akan mengajarkan tentang investasi, tabungan, bagaimana menjalankan pekerjaan 9 to 5, pendapatan pasif, dan masih banyak lagi.

I am Net Worthy (2018): Chris Smith

Buku ini memberikan pendekatan praktis agar mudah diikuti anak muda yang ingin belajar mengelola keuangan pribadinya. Buku ini akan menjelaskan cara-cara terbaik untuk menangani tagihan seperti pinjaman pelajar, rekening tabungan, hingga kredit mobil. Buku ini juga memberikan beberapa perspektif yang berbeda dari beberapa orang dengan tujuan yang sama, yaitu untuk menyebarkan pengetahuan tentang literasi finansial.

The Psychology of Money (2020): Morgan Housel

Buku ini bukan lagi menjelaskan tentang tips mengelola keuangan, melainkan penjabaran bagaimana mengelola keuangan dimulai dari kebiasaan. Buku ini berisi 19 cerita tentang perilaku orang-orang dalam mengelola finansial mereka. Kamu bisa mendapatkan pencerahan dan langkah-langkah yang tepat untuk mengatur keuangan.

Kakeibo: Seni Cerdas Finansial Ala Jepang Agar Uang anda Tak Habis Terbuang (2020): AE Zen

Salah satu kunci dari perencanaan keuangan yang baik adalah budgeting atau penganggaran dana. Dalam buku ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang cara mengatur uang dan budgeting ala orang Jepang.

Dengan metode ini, uang akan dipilah menjadi beberapa bagian atau disebut pos dan pengeluaran sekecil apapun harus dicatat. Buku ini akan memastikan kamu tidak kehabisan uang hingga saatnya gajian datang serta bagaimana memisahkan pengeluaran primer, sekunder, bahkan tersier.

Clever Girl Finance, menghapus utang, menabung uang, dan membangun kekayaan sejati (2022): Bola Sokunbi

Buku ini adalah karya pendiri sekaligus CEO-nya yaitu Bola Sokunbi. Dalam buku ini, kamu bisa membaca pengalaman nyata mengenai bagaimana mengelola keuangan dan memberdayakan kekuatan perempuan untuk mendapatkan financial freedom. Kamu akan mendapatkan banyak insights tentang perencanaan keuangan masa depan sekaligus tips-tips yang harus kamu lakukan.

Itulah beberapa rekomendasi buku yang bisa kamu baca untuk belajar mengelola keuangan dengan baik. Selain belajar mengelola keuangan, pastikan juga untuk selalu membelanjakan uang dengan bijak, salah satunya dengan menghindari untuk berutang.

Salah satu cara menghindari utang adalah dengan memanfaatkan aplikasi KINI.id ketika kamu membutuhkan dana darurat. Dengan KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji kapan dan di mana saja tanpa harus menunggu tanggal gajian. Menarik bukan?