Hidup bebas utang menjadi salah satu harapan setiap orang. Dengan tidak adanya utang, kamu bisa menabung lebih banyak dan mengelola keuangan dengan lebih baik. Kamu pun akan terbebas dari rasa khawatir dan was-was ketika tidak memiliki dana untuk membayar utang karena digunakan untuk kebutuhan lain misalnya biaya pendidikan anak, biaya perawatan ketika sakit, dan sebagainya. Bukan hanya itu, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan tanpa memiliki utang. Apa saja itu?

Tabungan lebih banyak

Dengan bebas dari utang, kamu pun bisa menyimpan uangmu untuk menabung lebih banyak. Kamu bisa memenuhi tujuan keuanganmu satu per satu dengan tabungan yang kamu miliki. Mulai dari menabung untuk pendidikan, dana darurat, menikah, dana berlibur, dan sebagainya.

Berkurangnya kecemasan

Setiap orang pasti punya kecemasan masing-masing. Namun, ada baiknya utang tidak perlu lagi jadi kecemasan bagi kamu. Dengan hidup bebas dari utang, kecemasanmu pun bisa berkurang. Kamu tidak perlu memikirkan cara melunasi utang, apalagi jika utang lumayan besar dan anggaranmu sedang ketat. Kamu juga tidak perlu mikirin kapan kewajiban membayar utang bisa selesai. Sehingga kamu bisa menikmati hidup dengan bebas dari rasa khawatir.

Bebas memilih cara menggunakan uang

Ketika kamu tidak memiliki kewajiban membayar utang setiap bulannya, kamu pun memiliki kebebasan lebih terkait cara penggunaan uang. Jika kamu memiliki utang, maka uangmu pun perlu kamu sisihkan untuk membayar utang. Sedangkan, jika kamu tidak memiliki utang, kamu bisa menggunakannya lebih bebas. Misalnya untuk ditabung demi mencapai tujuan finansial, mempersiapkan dana darurat, menabung lebih banyak untuk berlibur, dana pendidikan anak, persiapan menikah, dan masih banyak lagi.

Meningkatnya keamanan finansial

Kondisi di luar dugaan atau kejadian darurat dapat menghampiri kapan saja. Tidak ada yang bisa menjamin keadaan darurat tidak akan menghampiri. Ketika kondisi darurat ini terjadi, maka kondisi ini bisa memberikan tantangan tersendiri, terutama jika kamu belum memiliki dana darurat dan ditambah dengan utang yang membayangi. Beda halnya ketika kamu hidup bebas dari utang. Kamu pun bisa fokus mengatasi kejadian darurat tanpa perlu mencemaskan utang yang belum dibayar.

Nah, itulah beberapa keuntungan yang  bisa kamu dapatkan ketika bebas dari utang. Untuk menghindari utang, kamu bisa coba mengetahui apa kebutuhan dan keinginan. Sehingga nantinya kamu tidak terjebak pada perilaku belanja yang impulsif, dan gaya hidup FOMO.

Selain itu, ketika kamu tiba-tiba membutuhkan dana darurat dan tidak ingin menambah utang, kamu bisa coba memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mencairkan gaji instan dengan jumlah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Sehingga, kamu tidak perlu lagi repot untuk mencari pinjaman atau menggunakan dana darurat yang sudah kamu simpan sebelumnya.