Rincian Biaya Liburan yang Perlu Dipersiapkan Demi Momen Tak Terlupakan

Di masa pandemi seperti sekarang mungkin kita tidak bisa berlibur atau pergi jalan-jalan. Namun, tidak ada salahnya kita mulai menabung dan membuat rencana untuk berlibur jika pandemi selesai nanti. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mulai merencanakan dan mempersiapkan biaya liburan. Sehingga, jika pandemi selesai nanti, kamu bisa langsung terbang dan berlibur bersama keluarga ataupun teman-teman.

Ada berbagai kebutuhan dan biaya liburan yang perlu disiapkan sebelum kamu berangkat. Menyiapkan biaya liburan menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum berangkat liburan. Jangan sampai liburan kamu terganggu hanya karena tidak mempersiapkan biaya liburan dengan matang. Nah, di bawah ini adalah beberapa rincian biaya liburan yang perlu kamu persiapkan dan masukkan ke dalam rencana liburan kamu.

Biaya Makan

Makan menjadi salah satu kebutuhan pokok dan penting untuk dipikirkan selama berlibur, terutama ketika kamu berlibur bersama keluarga. Biaya makan bisa menjadi cukup besar dan perlu direncanakan dengan matang. Meski begitu, dalam perencanaannya pun harus realistis, sehingga biaya tersebut nantinya tidak akan memberatkan.

Nah, untuk mengontrol dan merencanakan biaya makan saat berlibur, kamu bisa coba mencari tahu terlebih dulu tempat makan di sekitar dan berapa kira-kira uang yang harus kamu keluarkan. Kamu bisa menandai lokasi dan mencatat lokasi yang sesuai dengan anggaran berlibur. Sehingga, kamu bisa mengetahui berapa biaya makan yang perlu kamu siapkan dan di mana lokasi makan yang bisa kamu kunjungi.

Pastikan juga kamu membaca dan melihat review mengenai tempat makan tersebut. Sehingga, tidak hanya harga yang murah, tapi kamu juga bisa mendapatkan menu makanan yang enak.

Biaya Transportasi

Ketika kamu berencana untuk berlibur, kamu juga harus memikirkan biaya transportasi, mulai dari biaya transportasi menuju lokasi liburan, biaya transportasi selama di lokasi berlibur, hingga biaya transportasi untuk kembali ke rumah.

Jika kamu melakukan liburan dengan pesawat, tentu saja biaya perjalanan yang disiapkan akan berbeda dengan biaya perjalanan jika menggunakan kereta atau bus. Kemudian, ada juga biaya transportasi selama di lokasi, apakah kamu ingin menyewa mobil atau menggunakan transportasi online.

Biaya Pengurusan Dokumen

Ketika kamu berencana untuk berlibur ke luar negeri, tentu ada beberapa dokumen yang perlu kamu persiapkan seperti Paspor, Visa, dan sebagainya. Di mana, untuk mengurus dokumen tersebut kamu perlu biaya untuk proses pembuatannya. Meski biayanya tidak terlalu besar, namun tetap perlu kamu persiapkan dalam rencana anggaran berlibur.

Selain itu, di masa pandemi seperti saat ini kamu juga perlu mempersiapkan beberapa dokumen wajib seperti hasil tes Swab PCR, kartu vaksin, dan surat izin RT/RW. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan biaya tes Swab PCR yang harganya sekitar Rp500 ribu – Rp1 juta.

Biaya Telepon

Ketika kamu berlibur, kamu juga memerlukan biaya telepon untuk memberi kabar kepada keluarga atau orang di rumah. Dan jika kamu berlibur bersama rombongan, biaya telepon ini bisa kamu gunakan untuk memberi tahu lokasi bertemu atau mengingatkan kegiatan yang akan dilakukan pada hari tersebut.

Biaya Internet atau Paket Data

Selain biaya telepon, biaya internet atau paket data juga perlu kamu pertimbangkan untuk masuk ke anggaran. Apalagi jika kamu berlibur ke luar negeri, kamu perlu mempertimbangkan apakah akan menggunakan paket data dengan paket lokal, membeli nomor di negara yang akan kamu kunjungi, atau menyewa wifi dari Indonesia.

Dengan memiliki paket data kamu bisa dengan mudah berkomunikasi dengan keluarga maupun dengan rombongan, sekaligus membantu kamu mencari info terkait tempat wisata atau mengakses peta daerah. Kamu juga bisa sharing keseruan kamu melalui social media selama berlibur.

Biaya Kegiatan Selama Liburan

Ketika berlibur, pasti kamu sudah memiliki rencana bukan untuk pergi ke lokasi wisata apa dan kegiatan apa yang akan kamu lakukan. Nah, kegiatan dan lokasi wisata inilah yang akan sangat mempengaruhi biaya liburan yang perlu disiapkan.

Rencanakan hal itu dengan matang dan persiapkan berapa anggaran yang mungkin dibutuhkan. Jangan sampai liburanmu terganggu karena biaya aktivitas ini melebihi anggaran yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Biaya Belanja

Saat datang ke tempat baru dan menyenangkan, tentu saja kamu ingin membeli satu dua barang untuk kenang-kenangan atau koleksi. Oleh karena itu, pastikan kamu mempersiapkan anggarannya. Jika tidak disiapkan dengan baik, kemungkinan besar kamu akan kalap dan membeli banyak barang yang tidak diperlukan sehingga melebihi budget yang ada.

Biaya Oleh-Oleh

Ketika berlibur, biasanya kita akan membawa oleh-oleh untuk keluarga, teman dekat, teman kantor, dan tetangga. Sehingga, kamu juga perlu mempersiapkan dana untuk membeli oleh-oleh selama liburan. Oleh-oleh ini tidak perlu barang mahal, namun kamu bisa memilih barang yang menjadi ciri khas di daerah atau negara tersebut. Kamu juga bisa membelikan makanan khas daerah atau pernak-pernik lucu.

Biaya Lain-Lain

Ketika berlibur, kamu juga harus mempersiapkan dana untuk pengeluaran kecil yang mungkin akan kamu keluarkan selama liburan. Misalnya biaya tarik tunai ATM, biaya parkir, uang tip, dan lain-lain. Meskipun nominalnya tidak besar, namun jika cukup sering dikeluarkan, maka biaya pun akan semakin besar.

Jika kamu ingin menarik uang di ATM namun sulit untuk menemukan ATM yang sama, atau dikenakan biaya admin ketika kamu menarik uang di luar negeri, maka untuk menyiasatinya adalah melakukan penarikan satu kali dalam jumlah besar sehingga kamu tidak perlu sering-sering melakukan penarikan tunai.

Itulah rincian biaya liburan yang perlu kamu persiapkan agar mendapatkan momen dan kenangan berlibur yang maksimal dan tidak terlupakan. Namun, jika kamu ternyata butuh uang di luar biaya yang sudah kamu persiapkan, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji di muka sebelum tanggal gajian tanpa adanya bunga ataupun denda. Sehingga, kamu bisa memenuhi seluruh kebutuhan berliburmu tanpa harus berutang atau meminjam ke teman. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id sebagai solusi dana daruratmu!