Tidak Punya Tabungan? Ini 4 Bahaya yang Mengintai Kamu Sehari-Hari

Sejak kecil pasti kamu sudah diajarkan menabung bukan oleh orang tua? Ya, setiap orang tua pasti akan mengajarkan anak-anaknya menabung sejak dini. Namun sayangnya, tidak semua orang peduli dan memahami pentingnya tabungan. Padahal menabung punya banyak manfaat, salah satunya mempersiapkan masa depan dengan lebih baik. Selain itu, tidak menabung bisa memberikan masalah keuangan dan bahaya yang mengintai. Di bawah ini adalah beberapa bahaya yang bisa kamu hindari jika kamu mulai menabung sejak dini.

Tidak siap hadapi keadaan darurat

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Mungkin saja hari ini semua berjalan lancar, namun tiba-tiba saja besok terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya, hari ini motor kamu dalam keadaan baik, namun tiba-tiba seminggu kemudian ban motor kamu pecah dan harus diganti. Nah, jika kamu tidak menabung, maka kamu tidak memiliki dana untuk menghadapi keadaan darurat seperti ini. Dengan rajin menabung, kamu bisa lebih tenang menghadapi situasi darurat. Semakin banyak uang di tabungan, semakin mudah ditoleransi level darurat peristiwa.

Tidak siap hadapi peristiwa besar

Mungkin motor rusak hanya bagian kecil dari kebutuhan darurat yang masih bisa kamu hadapi dengan gaji sisa tengah bulan. Namun, jika kamu tidak punya tabungan bagaimana cara kamu menghadapi peristiwa besar kehidupan? Menikah, memulai kehidupan berkeluarga, memiliki anak dan memasuki masa pensiun adalah beberapa peristiwa besar kehidupan yang siap tidak siap harus kamu hadapi.

Namun, peristiwa besar yang seharusnya menyenangkan bisa berubah jadi bencana jika kamu tidak punya tabungan. Bayangkan saja jika kamu baru menikah dan baru saja memiliki bayi. Mengurus bayi butuh biaya besar, jika tidak ada tabungan bagaimana kamu bisa memenuhi kebutuhan si kecil? 

Kemudian, di masa pensiun tentu kamu ingin kehidupan yang nyaman dan aman, namun jika kamu tidak punya tabungan, maka kamu tetap harus bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup di masa tua. 

Terlilit utang

Tidak memiliki tabungan juga memberikan risiko terlilit utang di kemudian hari. Misalnya, ketika tiba-tiba kamu butuh dana besar untuk memenuhi kebutuhan darurat. Jika tidak ada tabungan sama sekali, maka kemungkinan besar kamu akan meminjam uang dari orang lain atau lembaga keuangan.

Lalu, kamu pun tidak tahu pasti kapan bisa melunasi utang tersebut atau tiba-tiba kamu tidak bisa membayar cicilan karena kebutuhan terus meningkat. Jika hal ini terjadi, maka sudah dipastikan keuanganmu akan memburuk dan kamu pun bisa terlilit utang. Sedangkan jika kamu disiplin menabung, maka kamu tidak perlu melakukan pinjaman uang ke pihak lain. Sehingga, hidupmu pun akan lebih tenang saat bebas dari utang.

Stress berlebih

Tidak memiliki tabungan juga bisa memengaruhi kesehatan mental, apalagi jika kamu memiliki masalah keuangan. Misalnya, kamu saat ini sedang bekerja di perusahaan, dan tiba-tiba kamu ingin berhenti dari pekerjaan tersebut karena lingkungan kerja yang kurang mendukung atau tiba-tiba perusahaan memutuskan untuk melakukan PHK karena keuangan perusahaan sedang memburuk.

Karena tidak ada tabungan, maka kamu tidak bisa resign dan bingung ingin melakukan apa ketika resign atau PHK. Akhirnya, kamu bisa jadi stress sendiri karena tidak punya tabungan untuk menyambung hidup sampai kamu mendapat pekerjaan baru.

Berutang ke pihak lain untuk memenuhi kebutuhan hidup juga bisa membuat stress berlebihan. Belum lagi jika berutang ke pihak yang memberikan bunga pinjaman yang tinggi. Selain pinjaman, ada bunga yang mesti dibayar juga, belum lagi denda yang dikenakan jika kamu telat membayar cicilan. Stress pun secara otomatis akan semakin bertambah.

Nah, itulah beberapa bahaya yang bisa diterima jika kamu tidak menabung. Jadi, pastikan mulai hari ini kamu selalu sisihkan penghasilanmu untuk menabung dan mengumpulkan dana darurat.

Namun, apa yang harus dilakukan jika saat ini kamu belum punya dana darurat dan tiba-tiba terdapat kebutuhan yang harus segera dilakukan? Jangan panik! Karena sekarang kamu bisa manfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji kapan dan di mana saja sesuai dengan dana yang kamu butuhkan. Sehingga kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan ingin berutang ke siapa atau pusing dengan bunga dan denda yang dikenakan. Jadi jika terdapat kebutuhan mendesak di tengah bulan, pastikan kamu memanfaatkan aplikasi KINI.id ya!