5 Bahaya Kartu Kredit yang Harus Kamu Hindari

Kartu kredit mungkin sudah tidak asing lagi buat para milenial dan eksekutif muda. Proses pengajuannya yang cepat dan mudah, membuat banyak orang bisa memiliki kartu kredit. Biasanya, kartu kredit ini digunakan untuk memenuhi beberapa kebutuhan, terutama kebutuhan tersier seperti membeli gadget baru, makan di restoran ternama, dan sebagainya. Apalagi, saat ini banyak bank yang memberikan promo menarik setiap melakukan transaksi dengan kartu kredit. Dengan banyaknya promo yang ditawarkan pihak penyedia kartu kredit, seringkali orang-orang justru terjebak bahaya kartu kredit.

Banyak pengguna kartu kredit justru terlilit utang karena tidak mampu menyelesaikan pembayaran dengan baik. Nah, agar kamu tidak terjebak dalam bahaya kartu kredit, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari risiko penggunaan kartu kredit.

Telat Membayar Tagihan

Bahaya kartu kredit yang sering terjadi adalah ketika kamu telat membayar tagihan. Di mana, setiap keterlambatan tersebut akan dikenai denda dan diakumulasikan dari total tagihan dan bersifat bunga-berbunga sejak hari keterlambatan pembayaran.

Misalnya, kartu kredit biasanya akan menarik bunga sebesar 3% dari total tagihan untuk per hari keterlambatan pembayaran. Jika kamu berutang Rp1 juta, maka dalam sehari bunganya adalah Rp30 ribu. Bayangkan jika kamu terlambat seminggu? Maka akumulasi denda bisa dikisaran Rp200 ribu. Untuk menghindari risiko ini, maka pastikan kamu memperhatikan tanggal jatuh tempo pembayaran kartu kredit.

Membayar Minimum Payment

Jika kamu baru menggunakan kartu kredit, mungkin kamu akan tergiur dengan fasilitas “minimum payment”. Padahal, fasilitas ini adalah jebakan buat kamu. Di mana, ketika kamu hanya membayar tagihan dengan pembayaran minimal, maka bisa mengakibatkan sisa utang yang tidak terbayarkan terkena bunga.

Jadi membayar minimum bukan berarti sisanya akan ditagihkan tanpa bunga. Namun itu akan membuat kamu terpaksa membayar bunga yang tidak sedikit jumlahnya. Bahkan nilai pembayaran akan lebih besar jika terjadi transaksi lagi di luar sisa tagihan. Sehingga di bulan berikutnya tagihan kartu kredit akan berlipat-lipat.

Jadi, jika kamu ingin menggunakan kartu kredit, pastikan kamu membayar tagihan secara penuh dan jangan biarkan bersisia. Jika terpaksa, kamu bisa membayar sebagian dan segera lunasi. Namun, jangan bayar minimum ya!

Menggunakan Limit Sampai Habis

Jangan pernah tergiur dengan limit yang besar. Seringkali banyak orang justru memanfaatkan kartu kredit dengan menghabiskan seluruh limit yang diberikan. Di mana, biasanya limit kartu kredit akan disesuaikan dengan penghasilan kamu, dan adakalanya lebih besar dari jumlah penghasilan. Sehingga, penggunaan hingga limit hanya akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Menggunakan Fasilitas Tarik Tunai

Biasanya, kartu kredit memberikan manfaat tarik tunai. Namun perlu diperhatikan bahwa manfaat ini tidak gratis, karena kamu akan dikenakan beban biaya tarik tunai sebesar 3%. Belum lagi jika ada keterlambatan pembayaran, maka bunga kartu kredit akan berlipat-lipat.

Jadi, jika tidak mendesak sebaiknya kamu hindari tarik tunai menggunakan kartu kredit. Untuk menyiasatinya, kamu bisa melakukan gesek tunai di beberapa mini market. Jumlah yang bisa kamu ambil memang lebih kecil dari limit tarik tunai pada kartu kredit. Namun di saat terdesak, pilihan ini jauh lebih aman daripada tarik tunai langsung dari kartu kredit.

Tidak Mengetahui Besar Utang

Memiliki kartu kredit ibarat membawa uang tunai dengan jumlah besar. Kamu hanya perlu menggesek di merchant untuk membeli apa saja yang kamu inginkan, selama nilainya sesuai limit.  Namun, keasikan menggunakan kartu kredit bisa membuat tagihan menjadi bengkak.

Selain itu, jika penggunaan kartu kredit tidak dikontrol dengan baik, bisa membuat kamu lupa apa saja transaksi yang telah dilakukan dengan kartu kredit dan membuat kamu tidak memahami berapa besaran uang yang sudah kamu gunakan dan menyebabkan pembayaran kartu kredit tidak lancar.

Itulah beberapa bahaya penggunaan kartu kredit yang akan kamu terima jika kamu tidak menggunakannya dengan benar. Meski memiliki banyak manfaat, kamu yang tidak bisa mengontrol diri justru akan membuat kartu kredit berbahaya.

Pastikan kamu hanya menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan mendesak dan harus segera kamu lunasi setelah tagihan datang. Nah, bagi kamu yang tidak memiliki kartu kredit namun butuh uang darurat, kamu tidak perlu repot-repot mengajukan kartu kredit.

Selain risiko bahaya kartu kredit di atas, kamu juga bisa menjadi impulsif ketika melakukan transaksi dengan kartu kredit. Lalu bagaimana solusinya? Kamu bisa coba menggunakan aplikasi KINI.id untuk memenuhi kebutuhan daruratmu. Dengan KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji di muka sesuai kebutuhan, tanpa harus menunggu tanggal gajian. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan KINI.id untuk memenuhi kebutuhan mendesakmu!