Manfaat Memberikan Asuransi Karyawan Bagi Perusahaan

Karyawan adalah salah satu aset yang menentukan keberhasilan suatu bisnis. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memperhatikan kesehatan karyawan demi kinerja perusahaan yang optimal. Tidak ada yang bisa menjamin bahwa karyawan bisa tetap sehat sepanjang masa. Pasti ada saatnya karyawan mengalami sakit, baik ringan maupun berat. Sehingga, perusahaan perlu mengeluarkan biaya pengobatan karyawan. Namun, biaya dokter, obat-obatan, dan perawatan di rumah sakit begitu mahal, dan bisa menyedot anggaran keuangan perusahaan jika tagihan rumah sakit membludak. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memiliki asuransi karyawan. 

Jenis Asuransi Karyawan

Dengan adanya asuransi inilah, perusahaan bisa melindungi seluruh risiko kesehatan karyawan. Selain itu, dengan membeli produk asuransi karyawan, maka perusahaan sama dengan melakukan investasi dengan cara mengalihkan penanggungan risiko karyawan ke perusahaan asuransi, sehingga bisa meringankan beban keuangan perusahaan di masa depan.

Karyawan sebagai pemegang polis bisa mendapatkan manfaat ketika sakit, mengalami kecelakaan, atau meninggal dunia. Biasanya, terdapat dua jenis asuransi yang ditawarkan perusahaan yaitu asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Namun, ada juga perusahaan yang hanya memberikan salah satunya.

Biasanya, orang yang baru ingin bergabung akan menanyakan masalah asuransi ini. Di mana, asuransi ini bisa menjadi daya tarik perusahaan bagi pelamar kerja ataupun calon karyawan. Mereka menganggap perusahaan yang memberikan asuransi berarti memiliki manajemen risiko yang baik dengan memberikan perlindungan dan kepastian terhadap risiko buruk yang mungkin menimpa karyawan. 

Manfaat Asuransi bagi Perusahaan

Tidak hanya memberikan manfaat bagi karyawan, nyatanya asuransi juga bisa memberi dampak positif bagi perusahaan. Apa saja manfaat asuransi bagi perusahaan?

1. Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan 

Asuransi kesehatan sangat bermanfaat ketika karyawan sakit dan membutuhkan biaya pengobatan mahal. Dengan ditanggung perusahaan asuransi, maka karyawan tidak perlu menghabiskan gaji mereka untuk biaya rumah sakit. Artinya karyawan bisa menggunakan uangnya untuk kebutuhan lain, misalnya untuk kesejahteraan keluarganya. Dengan memiliki karyawan yang sejahtera, maka karyawan akan merasa lebih bahagia dan memiliki engage dengan pekerjaannya.

2. Mendorong Produktivitas Kerja

Produktivitas perusahaan dipengaruhi kualitas SDM, salah satunya moral karyawan. Dengan mendaftarkan ke produk asuransi, maka karyawan bisa merasa lebih aman dan terlindungi secara psikologis, sehingga menaikkan moral mereka dalam bekerja. Di mana, karyawan dengan moral tinggi juga memiliki motivasi tinggi dan memiliki produktivitas yang tinggi.

3. Meningkatkan Kualitas Kerja

Asuransi juga bisa membuat pekerja lebih fokus dalam bekerja karena tidak perlu memikirkan biaya atas risiko yang harus keluar dari kantong pribadi. Sehingga, kualitas pekerjaan karyawan pun bisa lebih baik. Berbeda jika karyawan tidak dilindungi, mereka senantiasa dihantui oleh rasa khawatir atau cemas yang nantinya bisa menurunkan konsentrasi kerja.

4. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Karyawan yang terpenuhi kebutuhan keamanan dan kenyamanannya dalam bekerja, biasanya lebih loyal terhadap pekerjaan maupun perusahaannya. Sehingga, mereka bisa bekerja lebih produktif dan menjadi karyawan yang memiliki loyalitas tinggi. Mereka juga akan dengan senang hati memberikan yang terbaik bagi perusahaan. 

5. Mendapatkan Karyawan Terbaik

Perusahaan yang menawarkan asuransi sebagai bagian dari kompensasi juga akan lebih mudah mendapatkan pekerja atau pegawai terbaik. Hal ini karena banyak karyawan yang juga mempertimbangkan benefit, bukan hanya sekedar gaji yang besar. Sehingga, perusahaan dengan memberikan benefit berupa asuransi, maka ini bisa menjadi daya tarik yang lebih besar bagi perusahaan.

6. Menghemat Anggaran Perusahaan

Dengan mengalihkan pertanggungan risiko ke pihak asuransi, perusahaan pun bisa menghemat anggaran keuangan karena tidak perlu mengeluarkan kas perusahaan ketika karyawan sakit, mengalami kecelakaan kerja, atau meninggal dunia. Sehingga, nantinya jika terjadi risiko, maka arus kas perusahaan pun tidak akan terganggu.

Nah, itulah beberapa manfaat asuransi bagi perusahaan dan karyawan. Selain asuransi, perusahaan juga bisa memberikan benefit tambahan seperti pembayaran gaji fleksibel atau pembayaran gaji di muka dengan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, karyawan bisa dengan mudah mengakses gaji secara fleksibel, kapan dan di mana pun secara prorata, berdasarkan hari kerja yang telah diselesaikan karyawan. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id dan benerikan benefit terbaik bagi karyawanmu.