6 Tips Sederhana Membangun Lingkungan Kerja yang Produktif

Lingkungan kerja yang produktif dan sehat menjadi salah satu ciri perusahaan terbaik dan menjadi impian banyak karyawan.Oleh karena itu, perusahaan perlu membangun lingkungan kerja yang nyaman agar karyawan bisa lebih produktif dalam bekerja. Selain itu, ini juga bisa menjadi langkah perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dan motivasi kerja di kantor.

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk HRD dalam membangun lingkungan kerja yang produktif di kantor.

Berikan Kesempatan untuk Berbagi Ide

Untuk membuat lingkungan kerja yang kondusif, sebagai HR kamu bisa bentuk atmosfer kantor yang ramah terhadap ide dari seluruh karyawan. Dengan kesempatan saling bertukar ide, maka akan terbangun diskusi yang aktif dan membantu meningkatkan produktivitas. Hal ini juga bisa menimbulkan rasa adil dan kesetaraan di dalam lingkungan kerja.

Tidak hanya berbagi ide, kamu juga bisa menyediakan platform khusus di mana karyawan bisa saling berbagi ilmu. Misalnya dengan membuat program sharing session untuk seluruh karyawan. Dengan begitu, masalah yang ditemukan karyawan di kantor akan lebih mudah untuk diselesaikan.

Ciptakan Konsep Community Minded

Kamu juga bisa membangun lingkungan kerja yang produktif dengan menciptakan konsep community minded. Sehingga, seluruh karyawan di kantor bisa saling mengenal dan akrab dengan satu sama lain. Dengan konsep ini, maka para karyawan pun bisa mengurangi rasa canggung dan tidak nyaman ketika karyawan harus melakukan kolaborasi. Hal ini sangat penting terutama jika karyawan butuh kerja sama tim antar divisi, bukan hanya dalam ruang satu tim.

Menciptakan konsep community minded bisa dibangun dengan membudayakan saling sapa. Cara ini cukup efektif dalam membangun komunitas di tempat kerja. Kamu bisa mulai dengan membuat kebijakan untuk para  eksekutif dan manajer untuk menyapa para karyawan. Dengan kebiasaan inilah maka suasana di kantor bisa berubah dan tempat kerja pun jadi lebih nyaman. 

Buat Suasana Kantor Terasa Nyaman

Kamu juga bisa coba mengubah suasana kantor agar terasa nyaman, misalnya dengan menata kubikel karyawan dengan rapi, menyediakan ruang meeting yang nyaman, dan sebagainya. 

Perusahaan dapat memulainya dengan mengubah interior kantor, mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu panas ataupun dingin. Jangan lupa juga untuk memerhatikan pencahayaan ruangan untuk kenyamanan karyawan dalam bekerja.

Berikan Kebebasan untuk Karyawan

Tips selanjutnya adalah dengan memberikan kebebasan bagi karyawan dalam menentukan tempat kerjanya di kantor. Hal ini penting dilakukan karena karyawan yang hanya duduk di satu tempat dalam waktu lama cenderung bosan. 

Perusahaan bisa menyediakan tempat kerja yang beragam, seperti meja dan tempat duduk, meja lesehan, atau semacam pantry khusus. Berikan kebebasan karyawan untuk membawa item yang bisa mendukung mereka selama bekerja, misalnya foto keluarga atau tanaman. 

Menyediakan Ruangan Bersantai

Menyediakan ruangan bersantai atau bermain ternyata punya banyak manfaat. Bukan berarti perusahaan membiarkan karyawan bersantai, namun ini bisa dimanfaatkan untuk melepas stres setelah seharian bekerja. 

Ruang bermain ini bisa dilengkapi dengan meja billiard atau board game, juga bisa diisi dengan tanaman dan sofa.  Namun, agar lebih efektif, pihak perusahaan juga bisa menyesuaikan atmosfer ruangan-ruangan ini dengan kebutuhan dan keinginan karyawan.

Menyediakan Ruangan untuk Beristirahat

Ruangan beristirahat juga tidak kalah penting untuk karyawan yang kelelahan bekerja.  Biasanya, ruangan ini diberikan perusahaan bagi karyawan yang memiliki jumlah jam kerja tinggi, seperti wartawan, perawat, dan teknisi. Ruang istirahat bisa dilengkapi dengan kasur single, atau karpet tebal. Dengan inisiatif ini, dijamin karyawan di kantor akan lebih semangat untuk bekerja.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan di perusahaan untuk  membuat lingkungan kerja lebih produktif. Dengan lingkungan kerja yang nyaman, maka karyawan pun bisa lebih bersemangat dalam bekerja, sehingga nantinya bisa membantu perusahaan untuk berkembang lebih cepat.

Nah, selain membangun lingkungan kerja yang produktif, perusahaan juga bisa memberikan benefit karyawan yang menarik agar karyawan semakin memiliki motivasi untuk bekerja produktif. Salah satu benefit yang bisa diberikan adalah benefit pembayaran gaji instan.

Perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id untuk memberikan kemudahan akses pembayaran gaji instan kapan dan di mana saja. Dengan KINI.id, karyawan bisa mencairkan gaji sebelum tanggal gajian sesuai dengan kebutuhan yang mereka inginkan. Jadi, tunggu apalagi? Daftarkan sekarang juga seluruh karyawan kamu dalam aplikasi KINI.id.