Tidak ada yang sempurna dalam dunia ini, termasuk perusahaan. Pepatah “rumput tetangga lebih hijau” memang cukup pantas untuk menggambarkan situasi ini. Di mana, kita sering melihat karyawan di perusahaan lain terlihat nyaman dan bahagia, sehingga kita ingin pindah ke perusahaan tersebut. Namun nyatanya, setelah kita pindah ke perusahaan tersebut pun pasti akan ada kelebihan dan kekurangngannya. Nah, bagi kamu yang ingin mencari perusahaan terbaik, di bawah ini kamu bisa melihat apa saja ciri dan karakter perusahaan terbaik yang sering jadi impian banyak orang.

Lingkungan Kerja yang Nyaman, Aman, dan Mendukung

Perusahaan yang memberikan lingkungan kerja yang aman dan mendukung menjadi hal pertama yang menjadi impian banyak orang. Di mana, perusahaan dengan lingkungan kerja yang nyaman akan membuat kamu lebih produktif dan bekerja dengan lebih bahagia. Selain itu, kamu pun tidak perlu khawatir mengenai masalah keamanan kamu selama bekerja. Misalnya, perusahaan menanggung ketika kamu mengalami hal yang tidak diinginkan selama bekerja di perusahaan, dan sebagainya.

Selain itu, perusahaan yang baik juga akan memberikan dukungan penuh pada seluruh karyawannya, terutama karyawan yang ingin berkembang. Ada banyak cara yang biasa dilakukan, misalnya dengan memberikan training atau kesempatan untuk menangani projek yang besar, sehingga kamu pun bisa lebih bertanggung jawab dan termotivasi.

Atasan yang Mendukung Kinerja Bawahan

Ketika berbicara tentang karir, atasan Anda harus menjadi sekutu terbesar. Mereka harus berada dalam lingkaran keinginan dan rencana kamu untuk pengembangan profesional dan memberikan dukungan, serta bimbingan yang diperlukan kapan saja mereka bisa.

Jika kamu merasa atasan selalu merongrong pencapaian kamu, menawarkan kritik yang sama sekali tidak konstruktif, dan benar-benar tidak memihak dalam perkembangan dan kemajuan kamu, maka kamu bisa melakukan protes. Karena atasan bukanlah pemandu, tapi rekan kerja yang bisa membantu dan mendukung kamu untuk berkembang.

Jadi, perusahaan terbaik adalah perusahaan yang memiliki tim manajerial yang memiliki sifat leadership yang bagus, bukan yang menggurui atau memberikan kritik tanpa adanya solusi yang jelas. 

Pemahaman Tentang Kehidupan di Luar Jam Kerja

Bekerja adalah bagian terbesar dari hidup, tetapi itu hanya sebagian, bukan keseluruhan. Sehingga kamu berhak mendapatkan perusahaan yang memahami fakta itu. Nah, perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memahami batasan tersebut. Di mana, karyawan memiliki kehidupan lain di luar jam kerja, dan perusahaan perlu memahami hal tersebut dengan tidak mengganggu kegiatan di luar jam kerja.

Karena dengan memberikan batasan antara kehidupan kerja dan kantor ternyata juga bisa membantu karyawan bekerja lebih produktif selama di kantor. Sehingga nantinya akan membantu perusahaan juga untuk mencapai tujuan yang telah mereka susun dengan matang.

Penghargaan untuk Setiap Kontribusi

Perusahaan yang baik biasanya akan menghargai setiap pekerjaan yang dilakukan oleh karyawannya. Terutama bagi karyawan yang memiliki kontribusi besar. Misalnya karyawan yang telah mencapai target yang ditentukan perusahaan atau tim yang berhasil menyelesaikan proyek dengan baik.

Bukan hanya sekedar materi, perusahaan yang baik biasanya akan memberikan ucapan terima kasih secara formal atau memberikan penghargaan berupa tiket liburan, bonus, makan bareng tim, dan sebagainya. Dengan penghargaan inilah perusahaan menunjukkan kepedulian mereka terhadap kontribusi karyawan dalam perusahaan.

Memberikan Benefit yang Baik

Bukan hanya sekedar gaji bulanan dan benefit standar seperti cuti, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, atau Asuransi Kesehatan. Biasanya perusahaan terbaik akan memberikan benefit lain yang mampu membuat karyawan lebih loyal terhadap perusahaan. 

Misalnya saja benefit gaji fleksibel yang memunhgkinkan karyawan untuk mengakses gajinya kapan pun dan di mana pun meski belum tanggal gajian. Dengan gaji fleksibel inilah karyawan bisa memenuhi kebutuhan daruratnya meski tanggal gajian masih jauh. Sehingga, karyawan pun bisa lebih fokus bekerja tanpa harus memikirkan masalah keuangan tersebut.

Salah satu aplikasi yang membantu memberikan akses gaji fleksibel adalah aplikasi KINI.id. Dengan KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji kapan pun secara prorata sesuai dengan kebutuhanmu, meski tanggal gajian masih jauh. Jadi, apakah benefit ini sudah diberikan perusahaanmu?

Itulah beberapa karakter perusahaan terbaik yang bisa menjadi tolok ukur bagi kamu yang ingin pindah kerja atau mencari perusahaan terbaik yang mendukung setiap pekerjaan dna kontribusimu di perusahaan.

Jadi, apakah perusahaanmu saat ini sudah memiliki ciri-ciri di atas?