Produktivitas karyawan menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Ketika karyawan produktif, perusahaan akan dengan mudah mencapai tujuan bisnisnya. Sedangkan jika karyawan tidak produktif, segala bentuk aktivitas operasional perusahaan akan tertunda dan akan berdampak negatif pada bisnis menghambat bisnis dalam meraih profitnya.

Nah, bagi kamu yang ingin memiliki perkembangan bisnis dengan lebih cepat, meningkatkan produktivitas karyawan menjadi salah satu hal penting yang harus mulai kamu lakukan. Di bawah ini adalahh beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan kinerja dan produktivitas karyawan.

Sediakan Fasilitas Maksimal untuk Karyawan

Fasilitas menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi produktivitas karyawan. Bagaimana bisa karyawan bisa bekerja produktif tanpa didukung fasilitas yang mumpuni. Misalnya saja perangkat untuk bekerja seperti laptop hingga koneksi WiFi. Dengan laptop dengan kinerja baik dan koneksi internet yang lancar, karyawan bisa bekerja dengan lebih baik dan tanpa hambatan. 

Selain perangkat kerja, kamu juga bisa mengurangi pekerjaan manual, misalnya dengan menggunakan sistem online. Misalnya, tim sales bisa mengakses data penjualan secara online, tim pemasaran bisa membuat strategi marketing dengan Google Drive dan berkolaborasi dengan tim lainnya, dan masih banyak lagi.

Sesuaikan Pekerjaan dengan Kemampuan & Minat

Menuntut karyawan terlalu tinggi tanpa memperhatikan kemampuan dan minatnya adalah hal sia-sia dan kurang efektif. Karyawan akan sulit bekerja secara produktif ketika diminta mengerjakan tugas yang tidak sesuai dengan kemampuan dan ketertarikannya.

Jadi, sebelum kamu merekrut dan memberikan pekerjaan ataupun tugas kepada karyawan, cobalah tanyakan pada diri kamu atau bicara langsung dengan karyawan tersebut. Tanyakan apakah dia benar-benar orang yang tepat untuk melakukan pekerjaan ini? Jika tidak, cobalah cari orang yang lebih cocok untuk mengerjakannya.

Memberikan Training Rutin

Memberikan training atau pelatihan ke karyawan mungkin sedikit mengambil anggaran perusahaanmu. Namun, nyatanya ini akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan di kemudian hari. Dengan karyawan yang selalu upgrade skill, secara tidak langung akan membantu karyawan menjadi lebih produktif dan membantu bisnis untuk berkembang lebih cepat. Jika kamu memiliki anggaran terbatas, kamu bisa coba mengadakan seminar internal dengan mengajak salah satu karyawan dengan skill tinggi sebagai pembicaranya. 

Selain membantu karyawan lebih produktif, memberikan training juga bisa membuat karyawan lebih loyal. Di mana, mereka akan beranggapan bahwa perusahaan mempedulikan mereka dan memberikan kesempatan mereka untuk berkembang. Karena, karyawan yang baik adalah karyawan yang ingin berkembang.

Berikan Reward untuk Karyawan Terbaik

Kamu juga bisa memberlakukan reward untuk mendorong karyawan agar bekerja lebih produktif. Hal ini bisa menjadi motivasi paling efektif dalam meningkatkan produktivitas. Reward di sini tidak hanya berupa kenaikan gaji, tapi ada banyak hal yang bisa kamu berikan, misalnya saja memberikan kupon makan siang gratis, kupon taksi gratis, atau hari libur tambahan untuk mereka yang bersedia bekerja lembur, program kesehatan untuk mengurangi jumlah hari sakit,  dan lain sebagainya.

Rayakan Keberhasilan dengan Acara Kebersamaan

Sekecil apapun pencapaian yang didapatkan karyawan, kamu harus mengapresiasinya. Dengan melakukan apresiasi, mereka akan sadar bahwa perusahaan menghargai kinerja yang telah mereka capai.

Selain membantu meningkatkan kepercayaan dan semangat karyawan dalam bekerja, apresiasi yang diberikan perusahaan juga bisa memotivasi mereka untuk mencapai hasil yang lebih tinggi di kemudian hari.

Untuk merayakannya, kamu bisa coba mengajak mereka makan bersama sebagai bentuk terima kasih atau memberikan hadiah yang sesuai dengan preferensi mereka. Buatlah acara yang tidak hanya berkumpul, tapi cobalah buat acara yang menyenangkan dan memiliki nilai kebersamaan.

Buatlah Sistem Work From Home

Di masa pandemi seperti sekarang, seluruh karyawan dituntut untuk bisa bekerja dari rumah. Hal ini ternyata juga bisa membuat mereka lebih produktif. Di mana mereka tidak perlu ke kantor dan menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Selain itu, sebuah studi di Amerika Serikat dan Jepang yang memperbolehkan karyawannya untuk remote atau work from home sehari dalam seminggu ternyata juga bisa meningkatkan produktivitas karyawan.

Jadi, jika nanti pandemi sudah selesai, cobalah buat kebijakan ini sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan produktivitas karyawanmu ya! Misalnya saja, memberikan jatah 1x per minggu untuk work from home.

Lakukan Evaluasi Kinerja Secara Berkala

Untuk mengukur kinerja karyawan, cobalah lakukan evaluasi secara berkala, misalnya per 3 bulan atau per 6 bulan. Izinkan supervisor untuk menilai kinerja subordinate mereka dan juga sebaliknya, sehingga penilaian ini tidak hanya satu arah.

Izinkan juga mereka untuk mengevaluasi satu sama lain dan menilai pencapaian mereka sendiri. Sehingga semua penilaian akan lebih adil. Dari evaluasi ini pun perusahaan bisa melihat kinerja karyawan dalam jangka waktu beberapa bulan. Selain itu, evaluasi ini juga bisa memberikan motivasi untuk karyawan agar mendapatkan penilaian baik yang menentukan jumlah bonus tahunan yang akan diberikan.

Berikan Benefit Karyawan

Ketika karyawan untuk memutuskan akan bergabung di sebuah perusahaan, benefit karyawan biasanya akan ditanyakan mereka di awal kesepakatan kerja. Ada banyak benefit karyawan yang bisa kamu tawarkan, mulai dari pemberian bonus, asuransi kesehatan, hingga pembayaran gaji dipercepat.

Pembayaran gaji dipercepat bisa menjadi salah satu benefit karyawan yang sangat menguntungkan karyawan, terutama jika karyawan tersebut membutuhkan dana darurat di pertengahan bulan. Dengan adanya benefit ini, karyawan tidak perlu menunggu tanggal gajian untuk memenuhi kebetuhan daruratnya. Sehingga mereka bisa bekerja dengan lebih nyaman dan tanpa memikirkan kebutuhan darurat tersebut.

Untuk memberikan benefit satu ini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Kini.id. Di mana, dengan Kini.id, kamu tidak perlu menyiapkan anggaran di awal untuk pembayaran gaji di muka, dan kamu juga tidak perlu membuat sistem untuk menghitung gaji harian. Karena dengan Kini.id, perusahaan bisa tetap memberikan benefit pembayaran gaji di muka dan bisa membayarkan gaji yang telah digunakan karyawan di muka saat tanggal gajian tiba. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan perusahaan kamu sekarang di aplikasi Kini.id.