Kabar resesi dan ekonomi yang semakin gelap di tahun 2023 terus menjadi perbincangan di Indonesia. Kondisi ekonomi yang tidak pasti inilah membuat kamu harus bisa mempersiapkan keuangan dengan baik dan matang. Lalu bagaimana mempersiapkan keuangan dengan baik agar bisa mencegah risiko resesi tahun depan? Di bawah ini adalah kunci financial planning untuk sukses secara finansial di tahun depan.

Review Aset dan Tanggungan di Akhir Tahun

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat financial planning adalah melihat kembali jumlah aset dan tanggungan yang kamu miliki. Saat mengumpulkan aset dan tanggungan, kamu juga harus mendapatkan pernyataan dari akun bank maupun investasi, serta barang bernilai seperti mobil dan properti. Setelah itu, data juga tanggungan yang kamu miliki seperti kredit rumah dan utang juga pengeluaran bulanan seperti biaya token listrik dan belanja bulanan.

Tentukan Tujuan Keuangan

Saat sudah mendaftar seluruh aset dan tanggungan yang dimiliki, maka saatnya kamu mulai membuat tujuan jangka pendek dan panjang. Misalnya, untuk tujuan jangka pendek dalam 4 tahun, kamu harus bisa berinvestasi untuk asuransi jiwa, punya emergency fund, dan melunasi cicilan kendaraan. Sedangkan untuk rencana jangka panjang 10-20 tahun termasuk rencana keuangan untuk pendidikan anak dan dana pensiun.

Buat dan Kelola Essential Budget

Anggaran atau budget dalam financial planning menjadi hal penting dan krusial yang harus kamu miliki. Dengan budget yang jelas, kamu akan tahu kondisi keuangan serta progresmu untuk mencapai tujuan finansial yang sudah dibuat.

Buat anggaran esensial dengan menggunakan aplikasi maupun spreadsheet. Dengan adanya anggaran inilah kamu bisa mengetahui pengeluaran apa yang menjadi prioritas dan bisa kamu kurangi.

Pengeluaran untuk Pajak

Saat pergantian tahun, kebutuhan finansial yang perlu kamu pikirkan adalah pengeluaran pajak. Mulai dari pajak bumi dan bangunan serta kendaraan bermotor (mobil dan motor). Pastikan bahwa kamu sudah mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan, perhitungan pajakmu dalam setahun, hingga proses dan cara bayarnya.

Buat Keputusan Tabungan dan Pengeluaran dengan Bijak

Semakin lama biaya kebutuhan sehari-hari mulai naik. Sehingga, scenario planning dalam keuangan juga penting untuk mempersiapkannya. Menurut beberapa financial planning, setidaknya kamu harus memiliki dana darurat sebanyak 6 kali rata-rata pengeliaran bulanan bagi yang single. Sedangkan jika kamu sudah memiliki tanggungan, tentu dana darurat yang perlu kamu miliki lebih banyak.

Selain memiliki tabungan sebagai dana darurat, kamu juga perlu memilih pengeluaran dengan bijak. Jika kamu ingin melakukan pengeluaran besar seperti membeli kendaraan, pertimbangkan dulu apakah akan baik untuk kondisi keuangan kamu nanti? Walaupun pada akhirnya kamu memiliki kewajiban melakukan pengeluaran besar, pastikan bahwa hal ini tidak berpengaruh pada tujuan dan kondisi keuangan secara menyeluruh.

Evaluasi Asuransi

Asuransi jiwa juga menjadi salah satu komponen penting yang perlu kamu perhitungkan dalam financial planning, terutama jika kamu dan keluarga mengandalkan penghasilan bulanan. Banyak jenis asuransi yang bisa jadi pilihan sesuai kebutuhan dan kemampuanmu. Memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan akan membuat kamu merasa lebih aman pada kondisi ekonomi yang tidak menentu seperti saat ini.

Lakukan Investasi

Tidak ada yang bisa memastikan kondisi keuangan di tahun 2023, sehingga ada baiknya kamu tetap melakukan investasi. Setidaknya, meski terus mengalami fluktuasi, investasi bisa kamu lakukan demi mencapai  tujuan jangka panjang seperti memiliki dana pensiun.

Periode volatilitas pasar bisa menciptakan peluang bagi investor untuk membeli saham dengan harga murah dan mendapatkan keuntungan saat penjualannya nanti. Perlu diingat dalam melakukan investasi perlu ada riset dan pertimbangan yang baik juga.

Itulah beberapa kunci financial planning yang bisa kamu lakukan demi mencapai tujuan keuangan di tahun 2023 sekaligus mencegah risiko finansial di kemudian hari. Selain itu, pastikan juga kamu hindari utang dengan memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mengakses gaji instan secara fleksibel kapan saja kamu butuhkan. Sehingga kamu bisa memenuhi kebutuhan darurat tanpa harus berutang.