Penghasilan Selalu Tidak Cukup? Ini Tips Menjaga Keuangan Agar Tidak Jebol

Banyak orang yang sering mengalami keuangan tahunan yang ‘jebol’ karena tidak menganggarkan biaya tahunan dengan tepat. Biasanya seseorang hanya membuat anggaran keuangan bulanan, dan ketika terdapat kebutuhan tahunan, mereka akan kebingungan bagaimana cara mencukupinya. Ada banyak pengeluaran tahunan yang kuput dari anggaran. Misalnya saja pajak kendaraan, PBB (Pajak Bumi Bangunan), biaya kenaikan kelas anaknya, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk meninjau kembali perencanaan keuangan. Terlepas dari menabung dan investasi, ada beberapa tips yang dapat membantu menjaga keuangan agar tidak jebol dan tetap aman. Berikut 5 cara agar keuangan kamu tetap terjaga.

Perhitungkan pajak

Pajak menjadi salah satu pengeluaran tahunan yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang. Mereka sering memasukkan poin pembayaran pajak tahunan ke dalam anggaran keuangannya. Sehingga, ketika tiba waktunya, kamu harus rela mengambil tabungan atau bahkan ada juga yang sampai meminjam utang hanya untuk membayar pajak. 

Jangan Menumpuk Utang Kartu Kredit

Utang kartu kredit bisa jadi bom waktu yang bisa jadi masalah dikemudian hari. Apalagi jika kamu membayar tagihan tidak sesuai dengan tagihan yang ada alias bayar minimal. Namun, jika kamu ingin menggunakan kartu kredit, pastikan kamu langsung melunansi seluruh tagihan yang ada, sehingga nantinya kamu tidak akan terjebak dengan bunga kartu kredit.

Periksa arus kas

Lacak penghasilan dan pengeluaran kamu, juga pastikan bahwa pengeluaran tidak boleh lebih dari penghasilan. JIka pengeluaran lebih besar, maka kamu bisa coba mengurangi pengeluaran tambahan yang tidak perlu dan investasikan uang tersebut dalam dana darurat. Dana darurat sangat membantu ketika terjadi krisis keuangan yang mungkin terjadi di kemudian hari. Ini memastikan uang tunai di tangan pada saat dibutuhkan.

Hindari membeli barang yang tidak mampu dibeli

Banyak orang yang terpaksa membeli barang yang sebenarnya tidak mampu dibeli. Misalnya, kamu memiliki gaji Rp6 juta, tapi kamu ingin membeli gadget dengan harga Rp13 juta. Tentu ini tidak disarankan dan wajib kamu hindari. Artinya, kamu tidak mampu untuk membeli barang tersebut. Solusinya, jangan pakasakan dan cobalah menabung terlebih dulu beberapa bulan sebelum membeli gadget tersebut. Jangan sampai gadget yang kamu beli justru membuat kamu terbebani untuk memenuhi kebutuhan harian.

Jangan terpikat dengan investasi bodong

Sebelum kamu menginvestasikan uang yang diperoleh dengan susah payah, pastikan bahwa opsi tersebut tidak berisiko. Jika kamu tidak memahami skema tertentu maka minta bantuan penasihat keuangan. Pastikan juga kamu tidak terkecoh dengan iming-iming keuntungan besar dengan jangka pendek. Hal ini menjadi salah satu ciri investasi bodong yang perlu kamu waspadai.

Nah, itulah beberapa cara menjaga keuangan agar tidak jebol. Dengan membuat rencana yang tepat, maka keuanganmu dijamin aman. Pastikan juga kamu menghindari gaya hidup yang boros. Karena ini bisa membuatmu terjerumus ke dalam lubang masalah keuangan.

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah keuangan untuk memenuhi kebutuhan darurat, kamu bisa coba memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji sebelum tanggal gajian. Sehingga bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan darurat tanpa harus berutang atau mengambil tabungan.