5 Tips Menyiapkan Dana Darurat dengan Mudah di Masa Muda

Sudahkah kamu menyiapkan dana darurat? Memiliki dana darurat menjadi hal penting yang akan memengaruhi kesejahteraan finansialmu secara keseluruhan. Dengan adanya dana darurat, maka kamu dianggap sudah siap menghadapi risiko-risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Menurut Kementerian Keuangan, dana darurat adalah dana yang sengaja dipersiapkan untuk disimpan sebagai bentuk antisipasi dan dapat digunakan ketika peristiwa atau keadaan darurat yang tidak diharapkan terjadi. 

Umumnya, dana darurat cukup untuk menutupi pengeluaran 3-6 bulan. Namun, banyak orang yang melihat angka ini justru berkecil hati dan menyerah. Padahal, dana darurat sangat diperlukan untuk memenuhi keadaan darurat keuangan yang bisa terjadi kapan saja. Nah, mumpung kamu masih di usia muda, inilah waktu yang tepat bagi kamu untuk menyiapkan dana darurat. Lalu, bagaimana cara mempersiapkannya?

Petakan tujuan tabungan

Daripada menyerah, ada baiknya kamu mulai menyiapkan tujuan awal tabungan dengan jumlah yang kecil. Lakukan dengan perlahan dan konsisten, namun memiliki hasil yang pasti. Jadi, siapkan diri kamu terlebih dulu untuk berhasil di tujuan awal dana darurat.

Pencapaian di tujuan pertama akan memberi motivasi untuk terus maju. Selanjutnya, tetapkan tujuan kedua dengan jumlah yang lebih tinggi dan seterusnya. Pada akhirnya, menabung akan menjadi kebiasaan dan motivasi yang membangun kamu untuk mencapai tujuan yang lebih besar. 

Mulai dengan kontribusi kecil dan teratur

Setelah itu, cobalah tetapkan tingkat kontribusi awal kamu dalam jumlah yang relatif kecil sehingga kamu tidak merasa bahwa mengumpulkan dana darurat adalah beban. Untuk permulaan, hal penting yang perlu kamu lakukan untuk menyiapkan dana darurat adalah kebiasaan dan konsisten untuk menabung dana darurat. Selain itu, cobalah berkomitmen pada diri sendiri untuk bisa menyiapkan dana darurat secara berkala, misalnya per bulan, per minggu, atau per gaji. Kuncinya adalah jadikan menabung sebagai kebiasaan dan lakukan secara bertahap, serta konsisten.

Sediakan rekening khusus

Cara mudah menabung adalah tidak dilihat, dipikirkan, dan disentuh. Oleh karena itu, cobalah siapkan rekening khusus untuk dana darurat dan setorkan jumlah kontribusi yang ditentukan. Gunakan tabungan atau jenis rekening yang tidak mudah diakses, seperti sulitnya melakukan debit, sulitnya menemukan mesin ATM bank tersebut, dan sebagainya. Selain itu, jangan perhatikan saldo akun terus-menerus karena hanya akan membuat pertumbuhan yang dihasilkan terlihat lebih kecil dan lambat.

Kendalikan pengeluaran

Setelah menabung menjadi kebiasaan, jangan terbuai dengan rasa aman finansial dan membiarkan pengeluaran bocor. Umumnya, ketika tujuan dana darurat telah tercapai, sebagian orang akan kembali menikmati hidupnya dan berhenti menabung. Padahal, ini tidak boleh terjadi dan justru membuat kamu terlihat menyepelakan dana darurat dan menganggap menabung untuk dana darurat adalah beban yang tidak penting. Jadi, cobalah bersikap realistis dengan mencoba mencapai tujuan dana darurat lainnya. Hal ini mungkin bisa membuat hidupmu lebih menyenangkan dan aman secara finansial.

Jangan terlalu banyak menabung

Dana darurat adalah uang tunai yang bisa kamu akses dengan cepat ketika dalam kondisi darurat. Oleh karena itu, biasanya banyak orang yang menyimpan dana darurat di sarana dengan hasil rendah, seperti rekening tabungan yang menghasilkan tingkat bunga rendah.

Nah, jika kamu sudah mencapai tujuan keuangan dana darurat, cobalah berhenti berkontribusi ke rekening atau akun bank tersebut, kemudian mulailah menyetor ke akun yang akan mulai menghasilkan uang dengan sendirinya, seperti investasi reksa dana maupun saham.

Nah, itulah beberapa cara menyiapkan dana darurat yang bisa kamu lakukan. Nah, jika saat ini kamu belum memiliki dana darurat dan sedang dalam kondisi membutuhkan dana darurat, kamu bisa coba memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan adanya aplikasi KINI.id, kamu bisa mengakses gaji instan tanpa perlu menunggu tanggal gajian yang nantinya bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dana daruratmu.5 Tips Menyiapkan Dana Darurat dengan Mudah di Masa Muda