Ingin Memulai Bisnis dari Nol? Ikuti Cara Memulai Usaha Ini Yuk Agar Sukses!

Di mana pandemi ini banyak orang yang mulai membuka usahanya sendiri demi menambah penghasilan. Bukan hanya demi memenuhi kebutuhannya, namun juga untuk menabung dan investasi. Dengan memulai usaha sendiri, kamu tidak hanya bisa menambah penghasilan, tapi juga bisa membantu kamu merintis bisnis dari kecil dan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh bisa menjadi besar dan menjadi penghasilan pokok. Nah, bagi kamu yang ingin memulai bisnis, di bawah ini adalah beberapa cara memulai usaha yang bisa kamu terapkan jika ingin sukses merintisnya dari nol.

Mintalah Dukungan Keluarga

Keluarga memiliki peran penting bagi kamu yang ingin memulai bisnis dari nol. Di mana, keluargalah yang bisa mendukungmu dari segi materil dan non materil. Bukan hanya itu, jika keluargamu telah terlebih dulu sukses menjalankan bisnis, maka kamu bisa belajar dari pengalaman mereka.

Dengan mendapatkan dukungan keluarga, maka kamu bisa mulai menjalankan bisnis dengan tenang. Karena keluarga turut mendukung dan pastinya mendoakan agar kamu sukses menjalankan bisnis.

Belajarlah Administrasi

Meski saat ini bisnis yang kamu jalani hanyalah bisnis kecil dengan skala rumahan, namun kamu juga perlu menguasai administrasi sebagai salah satu cara memulai usaha agar sukses, walaupun yang kamu pelajari hanya administrasi sederhana.

Cobalah mulai belajar administrasi sederhana dengan selalu mencatat administrasi dengan tertib walaupun nilainya terbilang kecil dan hindari untukn mencampurkan keuangan pribadi dengan bisnis.

Salah satu pondasi utama kelangsungan bisnis yang kamu jalani agar sukses adalah masalah administrasi. Jadi pastikan ketika kamu memulai usaha, pastikan kamu juga mempelajari administrasi.

Jauhkan Pikiran dari Kegagalan

Ketika kamu menjalankan bisnis, maka hanya akan ada 2 pilihan yaitu bisnis tersebut sukses atau gagal. Seorang pebisnis sejati tidak akan pernah merasa takut gagal, walaupun masih pemula.

Jika sejak awal, kamu sudah tidak yakin dengan cara melakukan usaha yang dijalani, maka dapat dipastikan kedepannya bisnis akan gagal. Jangan pernah takut, karena mental kamu akan menjadi kuat seiring berjalannya waktu dan rintangan yang telah dihadapi. Akan ada proses panjang agar dapat meraih kesuksesan.

Tentukan Visi dan Misi Bisnis

Di awal menjalankan bisnis, kamu juga perlu menentukan visi dan misi agar tujuan bisnis memiliki arah yang jelas. Meski hanya bisnis kecil-kecilan, kamu juga perlu menentukan cara memulai bisnis dengan jelas. Sehingga ketika bisnis berjalan, akan ada tujuan jelas yang ingin dicapai kedepannya. Tidak hanya asal berjalan, tapi juga harus memiliki target.

Tanpa adanya visi dan misi, apa yang menjadi tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan itu menjadi sulit dicapai.

Hitung Modal yang Dibutuhkan

Meski jumlahnya kecil, kamu tetap membutuhkan modal ketika ingin memulai bisnis. Hitung secara teliti mana saja kebutuhan yang paling penting agar bisnis bisa berjalan. Hindari pembelian barang-barang yang belum terlalu dibutuhkan.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan apa yang ada di sekitar rumah untuk mulai belajar berbisnis seperti halaman, garasi, dapur, peralatan masak, dan sebagainya.

Pilih Jenis Bisnis Sesuai Passion

Bagi kamu yang masih bingung bisnis apa yang ingin dijalankan, maka cobalah pilih bisnis yang sesuai dengan passion kamu. Jika dilandasi dengan passion, maka apa yang kamu lakukan akan lebih semangat dan terasa lebih ringan. Kamu juga bisa lebih semangat, sehingga kesuksesan bisnis lebih cepat untuk diraih.

Bukan hanya itu, dengan memilih bisnis sesuai passion, maka kamu bisa lebih memahami apa yang diperlukan untuk bisnis tersebut. Jika passion kamu adalah memasak, maka kamu bisa membuka restoran atau bisnis kuliner. Atau jika kamu suka fotografi, kamu bisa membuka jasa fotografer, dan seterusnya.

Pilih Waktu yang Tepat untuk Memulai

Ketika kamu sudah yakin untuk memulai bisnis, maka janganlah terburu-buru. Karena kamu memerlukan persiapan yang matang dan butuh perhitungan yang cermat. Jika salah sedikit saja, kamu pun bisa rugi nantinya. 

Misalnya saja ketika kamu salah memilih waktu seperti ketika mendekati bulan Ramadan, bisnis yang banyak dicari adalah bisnis kue lebaran, jual baju muslim, katering Ramadan, dan sebagainya. Jangan sampai ketika Ramadan kamu justru membuka bisnis yang tidak sesuai. Cobalah manfaatkan momen dan pilih waktu yang tepat untuk memulainya.

Tentukan Keunikan Produk

Agar produk yang kamu jual bisa diterima baik oleh konsumen, maka kamu harus memiliki produk yang unik dibanding produk sejenis. Apalagi saat ini persaingan semakin ketat sehingga kamu perlu mengetahui keunikan produk yang akan dipasarkan agar menarik hati pelanggan. Dengan keunikan produk, maka bisnis kamu akan lebih mudah diingat konsumen.

Lakukan Promosi dengan Tepat

Promosi juga menjadi salah satu cara yang wajib dilakukan ketika kamu baru memulai bisnis ataupun ketika bisnis sudah berjalan. Dengan melakukan promosi, kamu bisa memperkenalkan produk dan bisnis ke calon pelanggan. Semakin sering berpromosi, semakin banyak orang yang mengetahui produk yang kamu miliki.

Agar tidak terlalu banyak uang yang dikeluarkan, maka target promosi haruslah tepat. Kamu bisa coba memanfaatkan promosi melalui social media dan tentukan sesuai pelanggan yang ingin dituju.

Selalu Berikan yang Terbaik pada Pelanggan

Pembeli adalah raja, sudah sepantasnya kamu memberikan yang terbaik untuk pembeli agar mereka puas dengan produk yang kamu berikan. Memastikan kepuasan pembeli atau pelanggan adalah cara menjalankan bisnis agar sukses. Jika pembeli puas maka nantinya mereka akan datang kembali dan menyarankan kepada orang lain untuk datang membeli produk yang kamu tawarkan.

Itulah beberapa cara memulai usaha dari nol yang bisa kamu terapkan ketika ingin meraih kesuksesan. Dengan memulai usaha, meski kecil-kecilan kamu bisa menambah penghasilan dan membuat kamu lebih berkembang di kedepannya.

Nah, bagi kamu yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil tapi tidak ingin mengambil tabungan pribadi, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji sebelum tanggal gajian. Sehingga, kamu bisa menggunakan gajimu bulan depan sebagai modal bisnis. Dengan begitu kamu tidak perlu menggunakan tabungan atau berutang.

Jadi, sudah siap memulai bisnis dan sukses di kemudian hari?