Kenaikan Gaji Ditolak Perusahaan? Ini 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan!

Setiap tahunnya, setiap karyawan pasti berharap untuk bisa mendapatkan kenaikan gaji. Sayangnya, terkadang tidak semua harapan bisa terealisasi. Ketika mengajukan kenaikan gaji, terkadang bisa saja ditolak pihak HRD dan manajemen. Jika hal ini terjadi, jangan langsung kecewa dan membuat kinerja menurun, tapi kamu coba lakukan beberapa hal di bawah ini untuk menyiasati permintaan gajimu yang ditolak.

Hindari kecewa berlebih

Ketika permintaan gaji ditolak, kamu boleh kecewa, namun jangan sampai kekecewaanmu membuat kinerja kamu menurun. Daripada terus kecewa berkepanjangan, cobalah bersyukur. Karena kamu jadi lebih tahu gambaran gaji yang mungkin disetujui bagian HRD. Di waktu yang sama, mereka juga tahu bahwa kamu memiliki standar tertentu dari permintaan yang diajukan.

Alihkan negosiasi diluar gaji pokok

Jika perusahaan tidak menyetujui permintaan gajimu, kamu bisa coba mengalihkan untuk negosiasi benefit di luar gaji pokok. Misalnya tunjangan transportasi, cuti tambahan, atau kenaikan biaya makan, dan sebagainya. Setidaknya, jika perusahaan tidak bisa memberikan jumlah gaji seperti yang diinginkan, maka dengan nilai lebih yang kamu miliki, kamu bisa mendapatkan benefit lain di luar gaji pokok, misalnya:

  1. Cuti tambahan
  2. Pelatihan atau workshop gratis
  3. Kompensasi liburan
  4. Akses terhadap produk atau jasa perusahaan
  5. Tunjangan make up dan pakaian
  6. Tunjangan pulsa dan komunikasi
  7. Tunjangan kesehatan
  8. Dan sebagainya

Selain benefit di atas, kamu juga bisa meminta perusahaan untuk memberikan benefit akses pembayaran gaji instan. Sehingga, nantinya ketika kamu membutuhkan uang darurat di tengah bulan, dan gajimu sudah habis, kamu tetap bisa memenuhinya dengan cara mencairkan gaji di awal sebelum gajian. Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa memberikan akses pembayaran gaji instan dengan mudah dan nyaman.

Jangan langsung terima penawaran

Jika dalam proses negosiasi akhirnya terdapat titik temu, sebaiknya tidak usah terburu-buru menerimanya. Cobalah minta waktu ke perusahaan agar kamu dapat berpikir dan mengambil keputusan yang tepat terlebih dahulu.

Tidak perlu takut karena jika perusahaan mau susah payah untuk bernegosiasi dengan kamu, maka kemungkinan besar mereka tertarik dan ingin memperkerjakanmu. Justru, kalau terburu-buru memutuskan kamu berpotensi kehilangan peluang mendapatkan yang lebih baik.

Tetap tunjukkan ketertarikanmu

Ketika negosiasi berakhir dan perusahaan menawarkan angka yang jauh di bawah keinginanmu, jangan tunjukkan rasa kecewa. Namun, kamu tetap harus menunjukkan ketertarikan terhadap perusahaan. Jangan seolah kamu tidak butuh pekerjaan yang ditawarkan, karena dengan tetap menunjukkan ketertarikan, peluang untuk perusahaan kembali memikirkan permintaanmu dan sedikit menaikkan penawaran masih terbuka.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika permintaan kenaikan gaji ditolak perusahaan. Jadi, pastikan jangan terburu-buru mengambil keputusan dan tetap berikan kinerja terbaikmu untuk perusahaan ya!