4 Cara Menambah Pendapatan yang Bisa Penuhi Kebutuhan di Masa Pandemi

Pandemi masih terus berlangsung hingga hari ini. Selama pandemi terjadi, Indonesia mengalami resesi ekonomi yang menyebabkan perekonomian menjadi tidak stabil. Oleh karena itu, kamu harus memiliki rencana sebagai antisipasi jika ekonomi di Indonesia kian merosot. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, tidak ada yang bisa menjamin apakah keuangan kamu akan terus aman seperti saat ini atau terganggu. Apalagi, selama pandemi ini banyak perusahaan yang merumahkan karyawan demi memangkas pengeluaran mereka. 

Padahal, di masa pandemi ini kita justru membutuhkan dana lebih untuk memenuhi protokol kesehatan seperti membeli vitamin, masker, disinfektan, hand sanitizer, dan sebagainya. Oleh karena itu, kamu harus memutar otak untuk menambah pendapatan. Lalu, apa yang bisa kamu lakukan untuk menambah pendapatan?  Di bawah ini adalah cara menambah atau meningkatkan penghasilan di masa pandemi yang bisa kamu terapkan.

Manfaatkan internet dan ponsel

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, mencari penghasilan tambahan cukuplah mudah. Kamu hanya perlu memanfaatkan ponsel dan Internet untuk mendapatkan uang ratusan ribu bahkan hingga ratusan juta rupiah.

Bahkan karena sangat menjanjikan, banyak orang yang justru menjadikan pekerjaan online ini menjadi mata pencaharian utama. Ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet dan ponsel seperti buka toko online, jadi influencer, selebgram, content creator, vlogger, podcasters, gamers, dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi penghasil uang yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mengisi survei online berbayar, hingga ikutan kuis, dan giveaway.

Tukar keahlian dengan uang

Bagi kamu yang memiliki keahlian, maka kamu bisa menambah penghasilan dengan memanfaatkan keahlian tersebut. Ada banyak keahlian yang bisa kamu jual demi mendapatkan penghasilan, seperti menjadi blogger, membuat e-book, content writer, jurnalis lepas atau kontributor, copywriter, dan lainnya.

Bagi kamu yang hobi fotografi, kamu juga bisa memanfaatkannya dengan menjadi freelance fotografer dan menjual stok foto di beberapa situs. Sedangkan, bagi kamu yang hobi menulis, kamu bisa coba membuat blog dan mengisinya dengan tulisan menarik. Di mana, semakin banyaknya orang yang datang, maka kamu bisa mendapatkan uang yang lebih banyak juga.

Nah, bagi kamu yang aktif di social media dan senang melakukan foto dan mereview barang atau produk, kamu bisa coba meningkatkan followers dan membuka jasa pasang iklan maupun endorse. Jika kamu memiliki keahlian public speaking, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi narasumber atau pembicara di acara-acara tertentu seperti seminar, workshop, dan lainnya. 

Investasi untuk menggandakan uang

Bagi kamu yang memiliki uang dan ingin menambah pendapatan, kamu bisa coba memulai investasi. Uang yang kamu sisihkan untuk investasi pada instrumen tertentu dan dalam jangka panjang akan berkembang lebih banyak. Jika masih takut investasi saham atau cryptocurrency, kamu bisa coba memulai investasi dengan risiko rendah seperti reksa dana atau deposito.

Di mana, imbal hasil untuk investasi reksa dana atau deposito tidak sebesar saham atau crypto, namun risikonya rendah. Namun, pastikan ketika kamu memilih investasi, kamu telah mengetahui risiko-risiko yang mungkin akan kamu terima. Jadi, pastikan kamu mempelajari segala hal mengenai instrumen yang akan kamu pilih sebelum membelinya.

Mengubah aset pasif menjadi aktif

Kamu juga bisa meningkatkan penghasilan dengan memanfaatkan aset-aset yang ada dirumahmu. Misalnya, ketika kamu memiliki rumah, apartemen, atau tanah yang tidak digunakan, kamu bisa mencoba untuk menyewakannya. Jika kamu memiliki tanah, kamu bisa coba menyewakannya untuk pedagang pecek lele misalnya. Atau jika kamu punya rumah atau apartemen, kamu juga bisa menyewakannya. Jangan biarkan aset ini “tidur” dan biarkan mereka bekerja untukmu agar menghasilkan pundi-pundi uang. 

Itulah beberapa cara menambah pendapatan atau penghasilan baru. Dengan menambah pendapatan ini, kamu bisa memenuhi kebutuhan yang perlu kamu keluarkan selama masa pandemi, terutama dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan dan menjaga protokol.

Nah, bagi kamu yang masih belum tahu ingin menggunakan cara menambah pendapatan seperti apa dan saat ini sedang membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan di masa pandemi, hindari untuk berutang. Kamu bisa coba untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji di awal tanpa harus menunggu tanggal gajian untuk memenuhi kebutuhan darurat kamu. Sehingga, kamu tidak perlu berutang atau mengambil tabungan yang sudah kamu simpan untuk kebutuhan lainnya. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id.