6 Tips Hemat Bertahan di Akhir Bulan Tanpa Harus Berutang

Banyak karyawan yang mengeluhkan keuangannya ketika sudah memasuki akhir bulan. Mereka biasanya akan merasa gelisah dan mulai gundah gulana. Untuk menyiasatinya, banyak juga karyawan yang akhirnya meminjam uang ke perusahaan, menggunakan fitur paylater untuk belanja kebutuhan, hingga menggunakan kartu kredit. Namun, jika dibiarkan terus-menerus, kebiasaan ini bisa membuat masalah keuangan semakin besar dan berdampak pada masa depan. Nah, bagi kamu yang sering merasa khawatir dan gelisah ketika menuju akhir bulan, di bawah ini adalah beberapa tips hemat yang bisa kamu tiru untuk bertahan di akhir bulan tanpa berutang.

Belanja Kebutuhan Prioritas

Agar kamu tidak semakin gelisah dan gundah ketika di akhir bulan, pastikan seluruh kebutuhan sudah kamu penuhi di awal bulan. Misalnya, tagihan listrik, cicilan, biaya sekolah, dan pengeluaran rutin lainnya yang jadi prioritas kamu. Jika seluruh kebutuhan ini sudah terpenuhi, kamu tidak perlu pusing dan khawatir ketika di akhir bulan.

Jika uangmu sudah habis sebelum gajian dan masih ada kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi, kamu bisa coba buat daftar prioritas dan berhemat. Misalnya, jika kamu hobi minum kopi, kamu bisa membeli kopi sachet dan menyeduhnya sendiri di rumah atau di kantor. 

Membawa Bekal

Makan di luar menjadi salah satu pengeluaran yang sering diabaikan namun bisa membuat keuangan menjadi boros jika dilakukan setiap hari. Nah, dari pada uangmu habis untuk makan di luar, di akhir bulan ini ada baiknya kamu membawa bekal dari rumah dibanding harus mengambil uang tabungan atau menggunakan kartu kredit hanya untuk makan di luar. 

Selain menghemat keuangan, membawa bekal dari rumah juga bisa menjaga kesehatanmu. Di mana, makanan yang kamu bawa dari rumah sudah terjamin kebersihannya. Selain itu, usahakan kamu sarapan sebelum berangkat kerja, agar kamu tidak perlu membeli cemilan sebelum makan siang tiba.

Irit Kuota Internet

Penggunaan kuota Internet sekarang menjadi kebutuhan sehari-hari. Apalagi buat kamu yang kerjanya mobile seperti sales, content creator, marketing, dan sebagainya. Nah, bagi kamu yang memiliki pekerjaan dengan kebutuhan internet, maka sebaiknya kamu mulai mengurangi penggunaan kuota untuk hal yang tidak penting seperti berselancar di social media, menonton YouTube, atau bermain game online.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa coba beralih ke WiFi ketika mendapatkan koneksi. Misalnya, ketika kamu di kantor, kamu bisa menggunakan WiFi kantor, atau ketika kamu ada jadwal meeting di Coffee shop, kamu bisa meminta password WiFi di tempat tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menghemat kuota dan tidak perlu repot membeli kuota hingga tanggal gajian tiba.

Manfaatkan Promo & Diskon

Agar bisa hemat dan gaji kamu bertahan hingga tanggal gajian tiba, kamu bisa mulai manfaatkan promo dan diskon ketika ingin belanja atau bepergian. Biasanya, di tanggal gajian kamu bisa menemukan banyak promo, mulai dari diskon di online store hingga diskon di aplikasi transport seperti Grab dan GoJek.

Pastikan kamu bisa menemukan promo terbaik agar kamu bisa hemat. Untuk mendapatkan promo terbaik, tentunya kamu harus rajin mencari informasi baik melalui aplikasi itu sendiri atau melalui social media dari perusahaan tersebut.

Cari Hiburan Gratis

Bagi kamu yang sering kehabisan uang di akhir bulan, coba cek kembali pengeluaranmu selama ini. Berapa besar uang yang kamu habiskan untuk hiburan seperti menonton film di bioskop, menonton konser, atau sekedar makan di restoran.

Nah, agar kamu tidak lagi kehabisan uang di akhir bulan, kamu bisa coba manfaatkan hiburan gratis, misalnya menonton film di rumah, main games bareng teman, atau sekedar ngobrol di rumah sambil nyemil atau minum kopi. Ini bisa jadi salah satu hiburan hemat yang bisa kamu lakukan di akhir bulan.

Tetap di Rumah

Agar keuanganmu tetap aman hingga tanggal gajian tiba, kamu bisa coba untuk tetap di rumah selama weekend. Hindari ajakan teman untuk pergi nonton bioskop, konser, atau sekedar nongkrong di kafe. Jangan paksakan untuk mengikuti teman kamu yang ingin tetap keluar rumah jika keadaan keuanganmu tidak memungkinkan.

Jika kamu ingin tetap bertemu teman di akhir pekan, kamu bisa coba untuk mengajak mereka bertemu di rumahmu atau kamu yang pergi ke rumahnya. Nah, agar tetap hemat, kamu bisa coba mengajak mereka masak di rumah dibanding harus memesan makanan di luar.

Itulah beberapa tips hemat di akhir bulan yang bisa kamu lakukan dan terapkan demi keuanganmu yang lebih baik. Nah, jika kamu membutuhkan keuangan tambahan di akhir bulan untuk kebutuhan mendesak seperti biaya rumah sakit atau memperbaiki kendaraan yang kamu gunakan untuk ke kantor, kamu bisa manfaatkan aplikasi KINI.id.

Kamu tidak perlu berutang hanya untuk memenuhi kebutuhan daruratmu, karena dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gajimu di awal tanpa harus menunggu tanggal gajian. Sehingga, kamu bisa terhindar dari utang atau penggunaan kartu kredit. Jadi tunggu apalagi? Jika butuh dana darurat di akhir bulan, pastikan kamu menggunakan aplikasi KINI.id.