Ketika baru mulai bekerja pasti gaji yang diterima tidak sebesar orang yang telah memiliki pengalaman. Hal inilah yang sering membuat kita sulit menabung. Apalagi jika kita memiliki kebiasaan untuk checkout barang belanjaan yang sudah ada di keranjang ecommerce atau langsung makan di restoran setelah terima gaji. Ini juga menjadi salah satu alasan sulit menabung. Bukan hanya buat kamu yang punya gaji pas-pasan, kebiasaan ini juga membuat kamu tetap tidak bisa menabung meski gaji yang kamu terima besar. Nah, agar tidak kalap belanja hal yang tidak dibutuhkan saat gajian, di bawah ini adalah beberapa tips mengatur gaji pas-pasan yang bisa kamu terapkan untuk mulai punya tabungan.

Buat Budgeting

Tips pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatur gaji adalah membuat budgeting demi menjaga kamu tidak mengeluarkan uang lebih dari yang sudah ditentukan. Ada beberapa metode budgeting atau menabung yang bisa kamu ikuti, misalnya saja dengan metode 50/30/20 atau 80/20, dan sebagainya. Kamu bisa coba pilih metode yang sekiranya cocok dan sesuai dengan situasi dan kondisi kamu.

Buat Daftar Kebutuhan yang Harus Dibeli

Ketika kamu baru menerima gaji, cobalah langsung buat daftar kebutuhan yang harus dibeli dan diperlukan selama satu bulan. Ingat ya, kebutuhan bukan keinginan. Jangan sampai kamu tidak bisa menabung karena membeli barang yang diinginkan, bukan yang dibutuhkan. Buatlah daftar kebutuhan sesuai budget.

Ketika membuatnya, kamu juga bisa mengecek keperluan apa yang stoknya sudah habis, akan habis, dan mana saja yang baru dibeli. Sehingga, kamu bisa lebih mudah menentukan apa saja kebutuhan yang harus dibeli, berapa jumlahnya, serta perkiraan harga barang tersebut.

Dengan begitu, kamu jadi mengetahui estimasi budget yang harus kamu keluarkan untuk belanja setiap bulannya. Biaya belanja bulanan inilah yang bisa kamu jadikan patokan dan bisa kamu masukkan ke daftar alokasi pengeluaran tetap.

Setelah membuat daftar barang belanjaan, jangan lupa bawa daftar tersebut ketika kamu belanja agar kamu bisa fokus belanja sesuai daftar yang kamu miliki. Jangan sampai tergoda untuk mengambil barang lainnya jika kamu ingin mengatur gaji dengan baik.

Catat Pendapatan dan Pengeluaran

Ketika kamu sudah mendapatkan gaji dan menyusun daftar kebutuhan, jangan lupa juga untuk mencatat setiap pemasukanyang kamu terima setiap bulannya. Pendapatan di sini bukan hanya gaji yang kamu terima, tapi semua pemasukan, misalnya jika kamu mendapat arisan, mendapat bonus, atau pemasukan dari jualan online.

Selain itu, jangan lupa juga catat pengeluaran secara detail. Hal ini penting dilakukan untuk melihat pos mana yang merupakan pengeluaran terbesarmu; apakah untuk konsumsi, transportasi, internet dan paket data, belanja pakaian, atau lainnya. Dengan mencatat pendapatan dan pengeluaran inilah kamu bisa tau apakah pengeluaranmu sudah sesuai dengan budget dan daftar belanjaan yang sudah kamu susun sebelumnya.

Bayar Seluruh Kewajiban di Awal

Begitu menerima gaji, pastikan kamu langsung membayar seluruh kewajiban kamu mulai dari membayar tagihan atau cicilan, biaya sekolah, uang sewa, dan sebagainya. Jangan sampai kamu lupa dan uang yang kamu miliki sudah habis, sehingga melebihi tanggal jatuh tempo dan terpaksa harus membayar denda keterlambatan.

Sisihkan Gaji untuk Menabung

Jangan lupa juga sisihkan gajimu untuk menabung meski hanya sedikit. Sesuaikan jumlahnya dengan budgeting yang sudah kamu tentukan. Jika kamu mendapatkan penghasilan tambahan bulan itu, jangan lupa tambahkan dana untuk mengisi tabunganmu ya.

Untuk menabung sendiri, kamu bisa menyisihkannya melalui tabungan, investasi, beli emas, dan sebagainya. Itu semua bisa disesuaikan dengan keinginan dan juga karakter kamu. Untuk tabungan jangka panjang, mungkin akan lebih baik kamu investasikan uangmu ke berbagai instrumen seperti emas, saham, deposito, dan sebagainya.

Manfaatkan Promo yang Ada

Saat ini menemukan promo tidaklah sulit, apalagi di tanggal gajian. Banyak e-commerce, aplikasi keuangan, hingga bank yang menawarkan banyak promo. Namun, meski ada promo untuk belanja bulanan, pastikan juga yang kamu belanjakan adalah barang yang memang kamu butuhkan dan sesuai dengan daftar belanjaan yang telah kamu susun. Ingat, jangan jadikan promo sebagai alasan untuk belanja yang tidak dibutuhkan ya.

Masak Sendiri & Bawa Bekal

Masak sendiri dan membawa bekal memang sangat merepotkan. Meski begitui, masak sendiri punya banyak keuntungan lho! Bukan hanya hemat, tapi kamu juga bisa lebih sehat, karena kamu bisa mengontrol bahan makanan yang kamu gunakan, misalnya garam, MSG, atau minyak yang digunakan. Selain itu,kamu juga bisa belajar masak makanan-makanan yang ingin kamu coba, misalnya kamu suka makanan Jepang, kamu bisa coba memasaknya sendiri di rumah.

Cari Pendapatan Tambahan

Jika kamu merasa gaji yang kamu miliki masih belum cukup menutup pengeluaran dan belum bisa disisihkan untuk menabung, kamu bisa coba mencari penghasilan tambahan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari mencari pekerjaan sampingan sesuai skill kamu, melakukan bisnis online, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa cara mengatur gaji pas-pasan yang bisa kamu tiru dan sesuaikan dengan kondisi kamu. Dengan mengatur gaji dengan baik, kamu bisa lebih mudah untuk menabung. Sehingga, jika suatu saat nanti kamu memiliki kebutuhan mendesak, kamu tidak perlu lagi bingung dan khawatir meminjam uang. Karena selain sulit, meminjam uang terkadang juga bisa menjerumuskan kamu kepada kebiasaan berutang.

Nah, agar terhindar dari kebiasaan berutang, kamu bisa memanfaatkan Kini.id sebagai solusi ketika kamu membutuhkan uang darurat tapi tidak memiliki uang atau tabungan. Jadi, yuk mulai mengatur gaji dengan baik dan benar mulai sekarang!