Komponen Penting yang Wajib Ada di Slip Gaji Karyawan

Idealnya, setiap karyawan berhak menerima slip gaji sebagai bukti penerimaan penghasilan. Namun, masih banyak perusahaan yang tidak memberikan slip gaji ini ke karyawan atau bahkan ada yang baru memberikannya setelah diminta karyawan. Padahal, dokumen ini adalah hak dari karyawan yang bisa digunakan oleh karyawan untuk mengajukan kredit ataupun mengecek komponen gaji yang mereka terima tiap bulannya. Nah, bagi kamu yang belum memberikan slip gaji karyawan dan ingin mulai memberikannya, di bawah ini adalah komponen penting yang harus ada dalam slip gaji tersebut.

Identitas Perusahaan

Komponen pertama yang harus ada dalam slip gaji adalah identitas perusahaan secara jelas guna memastikan jika perusahaan tersebut yang membuat dokumen tersebut. Di mana identitas perusahaan yang harus ditulis adalah nama perusahaan, alamat, dan informasi kontak yang bisa dihubungi.

Periode Pembayaran

Tiap perusahaan memiliki kewajiban yang berbeda terkait periode pembayaran gaji, ada yang dilakukan di awal bulan dan ada juga di akhir bulan. Namun, dalam slip gaji biasanya hanya dituliskan bulan gajian saja.

Data Karyawan

Data karyawan juga wajib dicantumkan dalam slip gaji. Umumnya, identitas karyawan yang ada pada slip gaji berupa nama lengkap serta posisi atau jabatan karyawan. Selain itu, ada juga perusahaan yang mencantumkan informasi lain berupa Nomor Induk Karyawan (NIK) serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika diperlukan.

Gaji Pokok & Tunjangan

Gaji pokok adalah gaji yang telah ditetapkan perusahaan berdasarkan jabatan karyawan di dalam perusahaan. Biasanya gaji pokok ditetapkan sesuai jenjang karir dan kompetensi karyawan. Selain gaji pokok, ada juga tunjangan sebagai bayaran yang diberikan perusahaan sebagai pelengkap gaji pokok.

Ada berbagai jenis tunjangan yang umum diberikan seperti tunjangan transportasi, tunjangan kesehatan, dan lainnya. Di mana, dalam pemberian tunjangan ini biasanya jumlah dan komposisinya tidak sama tiap bulannya.

Potongan

Komponen ini biasa diambil dari gaji karyawan dikarenakan faktor-faktor tertentu seperti potongan pajak penghasilan, potongan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, potongan kedisiplinan, potongan asuransi hari tua, kasbon, dan lainnya. Dengan mencantumkan pengurangan gaji secara rinci, karyawan bisa paham dengan komponen apa saja yang mempengaruhi total gajinya. 

Upah Lembur

Jika perusahaan kamu memiliki kebijakan untuk lembur, kamu juga wajib mencantumkannya dalam slip gaji. Sehingga, karyawan lebih jelas mengenai total gaji yang mereka terima dalam satu bulan. Hal ini tentu akan mengurangi ketidaktransparan perusahaan kepada karyawan, dan mereka pun akan lebih percaya pada perusahaan.

Bonus/Komisi

Jika karyawan kamu mendapatkan bonus pada bulan tersebut, kamu juga wajib mencantumkannya dalam slip gaji. Biasanya komponen ini sering diberikan ketika hari besar atau ketika performa mereka bagus atau achieve target.

Informasi Pajak

Perusahaan wajib memproses pembayaran pajak karyawan sesuai peraturan yang berlaku. Agar terhindar terjadinya kesalahpahaman antara perusahaan dan karyawan, maka pastikan informasi inI dituliskan dalam slip gaji.

Penghasilan Bersih

Dari seluruh komponen di atas, kamu akan mendapatkan berapa penghasilan bersih yang diterima karyawan. Angka inilah yang akan diterima karyawan pada bulan tersebut. Penghasilan bersih atau penghasilan neto ini didapatkan dari total pendapatan yang dikurangi berbagai macam potongan sesuai kebijakan perusahaan. 

Pengesahan Pihak Berwenang

Di dalam slip gaji, kamu juga perlu menuliskan nama dan jabatan pihak yang bertanggung jawab atas pembayaran gaji. Pemberian nama serta jabatan pihak berwenang ini menjadi bukti yang mengesahkan bahwa slip gaji tersebut memang dikeluarkan oleh perusahaan terkait.

Transparansi informasi pada slip gaji membuat karyawan dapat melihat sendiri berapa gaji pokok mereka, berapa banyak uang yang dibayarkan untuk pajak dan potongan lainnya, hingga akhirnya mendapatkan jumlah gaji bersih yang mereka terima.

Selain itu, slip gaji juga penting kamu berikan kepada karyawan, apalagi jika kamu menggunakan aplikasi Kini.id dan karyawan kamu telah menggunakan dan mengambil gajinya sebelum tanggal gajian. Jadi, yuk mulai buat dan berikan slip gaji ke karyawan kamu mulai sekarang!