Bekerja dengan generasi Z memang agak sedikit berbeda dengan generasi lainnya. Sebagai seorang manajer atau pihak manajemen, pasti kamu akan menemukan banyak tantangan selama bekerja dengan gen Z. Generasi yang lahir di tahun 1995-2010 ini memiliki karakter yang sedikit unik. Mereka merupakan generasi muda yang lebih melek teknologi dan dikenal sebagai generasi yang memiliki kemampuan multitasking. Lalu bagaimana tips bekerja dengan generasi Z? Berikut beberpa tips bekerja dengan gen Z yang bisa kamu terapkan di kantor.

Pahami karakter Gen Z

Ketika kamu ingin bekerja dengan generasi Z, tentu kamu harus memahami terlebih dulu karakter mereka, mulai dari sifat mereka, cara kerja mereka, dan masih banyak lagi. Sebagai generasi yang lahir dalam era teknologi, generasi Z memiliki cara belajar dan bekerja yang baru. Misalnya  kelas kolaboratif dan metode pengajaran langsung. Dari karakter tersebutlah kamu bisa menebak bagaimana cara bekerja dengan gen Z tersebut bukan? Tentu, kamu harus mengajak mereka bekerja sama dan melibatkan mereka dalam berbagai pekerjaan yang sesuai dengan job desk mereka.

Gen Z adalah seorang wirausaha dan kreatif

Menurut penelitian, banyak dari Gen Z yang sudah memiliki rencana untuk menjadi wirausaha atau membangun bisnisnya mulai usia muda. Hal ini tentu ada hubungannya dengan semua teknologi yang sudah mereka rasakan sejak lahir.

Baca Juga: Cara Merekrut Karyawan Gen Z dengan Tepat Demi Perkembangan Bisnis

Memiliki kemauan untuk membangun bisnis dan memiliki karyawan sendiri membuat mereka menjadi generasi yang memiliki semangat dan kreativitas tinggi. Meski begitu, mereka juga  tidak mudah diatur karena memiliki pola pikir yang lebih bebas. Jadi, pastikan ketika kamu bekerja dengan gen Z, pastikan kamu tidak terlalu memberikan mereka peraturan yang ketat dan biarkan mereka bebas dan fleksibel, sehingga mereka bisa lebih produktif dan kreatif dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Buat gen Z nyaman dalam dunia korporat

Sebagai manajer atau pihak manajemen, kamu harus bisa memahami nilai-nilai karyawan dari Geni Z agar bisa menggunakan talenta mereka dengan baik. Struktur perusahaan yang tradisional secara keseluruhan tidak akan menarik untuk Gen Z. Hal ini karena mereka lebih senang bekerja dengan bebas dan tidak diatur jam kerja 9-5.

Jika kamu menemukan gen Z dengan karakter ini, kamu bisa melakukan beberapa hal agar mereka lebih nyaman berada di dunia korporat atau dunia kerja, misalnya:

  • Menerapkan jam kerja fleksibel dan hindari untuk membuat mereka stres dengan kehidupan kerja yang tidak seimbang. Pasalnya, mereka cenderung akan resign atau izin kerja jika merasa bosan dengan rutinitas.
  • Generasi Z membutuhkan lingkungan yang kolaboratif. Meski sudah memahami  teknologi dengan baik, Gen Z tetap ingin terkoneksi dengan anggota tim lainnya saat bekerja.
  • Gen Z senang jika hasil kerjanya diberikan feedback. Oleh karena itu, sebagai seorang manajer kamu harus memberikan evaluasi terhadap pekerjaan mereka.

Hindari micro management

Gen Z adalah generasi yang dapat menemukan solusinya sendiri tanpa harus diberitahu satu per satu oleh manajer atau atasan. Mereka terbiasa mencari solusi dari permasalahan yang mereka hadapi dengan belajar menggunakan teknologi seperti mencari beberapa tutorial dari YouTube.  Oleh karena itu, jika ingin membuat gen Z betah bekerja di perusahaan, cobalah beri mereka ruang untuk mengekplorasi dan memastikan dukungan penuh kepada mereka.

Berikan benefit yang lebih fleksibel

Gen Z termasuk generasi yang ingin semuanya serba fleksibel. Bukan hanya jam kerja yang fleksibel, tapi juga benefit yang fleksibel. Untuk memberikan benefit yang fleksibel ke karyawan gen Z, perusahaan bisa memberikan benefit akses pembayaran gaji instan dan flesksibel. 

Perusahaan bisa dengan mudah memberikan benefit pembayaran gaji instan dengan memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, karyawan bisa dengan mudah mengakses gajinya secara instan dan fleksibel sesuai dengan jumlah yang mereka inginkan. Dengan begitu, mereka bisa menggunakan gajinya kapan saja tanpa perlu menunggu tanggal gajian.

Itulah beberapa tips bekerja dengan generasi Z yang bisa kamu lakukan sebagai pemimpin atau pihak manajer. Bekerja dengan gen Z memang gampang-gampang susah, kamu harus bisa memimpin mereka dengan baik sehingga mereka bisa memberikan karya terbaiknya.