Perusahaan kamu ingin menggunakan layanan Earned Wage Access (EWA) atau akses pembayaran gaji lebih cepat, tapi masih bingung bagaimana cara kerjanya. Nah, salah satu aplikasi Earned Wage Access adalah aplikasi KINI.id. Di mana, dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa memberikan benefit akses gaji secara fleksibel atau gaji instan. Dengan adanya benefit ini, karyawan bisa mengakses gajinya secara prorata sesuai lama hari mereka telah bekerja dalam sebulan. Aplikasi KINI.id akan mengintegrasikan aplikasi payroll perusahaan dengan benefit layanan akses gaji di muka. Aplikasi tersebut kemudian akan menjumlahkan upah bersih karyawan yang tersedia secara otomatis. Lalu, bagaimana cara kerja aplikasi KINI.id?

Perusahaan Harus Bekerjasama dengan KINI.id

Untuk menikmati benefit satu ini, perusahaan harus bekerja sama terlebih dulu dengan aplikasi KINI.id. Dengan kolaborasi atau kerja sama ini, KINI.id akan melakukan verifikasi data karyawan dan perusahaan, terutama dalam perhitungan gaji karyawan.

Setelah melakukan kolaborasi dengan KINI.id,, perusahaan juga harus mendaftarkan seluruh karyawannya untuk bisa mengakses benefit gaji di muka. Kemudian, KINI.id dan perusahaan akan melakukan integrasi data penggajian karyawan di perusahaan, agar perhitungan gaji karyawan tidak kacau dan tidak menjadi beban tambahan untuk tim human resources (HR) di perusahaan.

Perusahaan Membuat Kesepakatan Pembayaran

Sebelum karyawan bisa mengakses benefit satu ini, perusahaan juga perlu membuat kesepakatan pembayaran dengan KINI.id. Di mana, ketika karyawan mengakses gaji di muka dan mengambil sebagian gajinya sebelum tanggal gajian, maka dana yang digunakan adalah dana dari aplikasi KINI.id. Sehingga, perusahaan hanya perlu membayarnya ketika tanggal gajian karyawan.

Meski begitu, KINI.id juga memberikan fleksibilitas ke perusahaan. Di mana, perusahaan bisa memilih sistem pembayaran tersebut, apakah sebelum hari gajian, saat tanggal gajian, atau setelah gajian. Hal inilah yang perlu ditentukan dan disepakati kedua belah pihak.

Karyawan Mengakses Benefit Gaji di Instan

Setelah perusahaan berhasil melakukan kerja sama dan melakukan kesepakatan, maka karyawan bisa men-download aplikasi KINI.id di PlayStore atau AppStore, kemudian melakukan login terlebih dahulu. Setelah masuk ke aplikasi, karyawan bisa  mengecek jumlah gaji yang telah mereka dapatkan selama beberapa hari bekerja. Nah, setelah itu barulah karyawan bisa menentukan jumlah gaji yang ingin ditarik sebelum tanggal gajian dengan batas saldo tersedia.

KINI.id Akan Memproses Penarikan Dana

Setelah karyawan menentukan jumlah gaji yang ingin ditarik, karyawan perlu mengonfirmasi jumlah dan syarat ketentuan tentang penarikan tersebut. Setelah melakukan konfirmasi, KINI.id akan memproses permintaan karyawan paling lambat selama 1 x 24 jam. KINI.id akan mentransfer gaji karyawan sesuai jumlah yang mereka rikues. Uang tersebut akan ditransfer ke rekening yang sudah didaftarkan pada perusahaan. Kemudian, karyawan bisa langsung menikmati gaji hasil ia bekerja selama beberapa hari.

Selain itu, karyawan juga bisa melakukan proses penarikan dana dengan cepat, kapan dan di mana saja meski hari libur ataupun weekend, selama 24 jam. Sehingga, kapan pun karyawan butuh dana darurat, maka KINI.id bisa menjadi solusinya.

Penyelesaian Antara KINI.id dan Perusahaan

Di akhir bulan atau di tanggal penutupan yang sudah disepakati perusahaan dan aplikasi KINI.id, maka KINI.id akan mengirimkan catatan total penarikan gaji karyawan kepada perusahaan. Kemudian, perusahaan akan menyelesaikan pembayaran atas penarikan gaji karyawan tersebut.

Proses ini juga akan membantu tim HR lebih mudah dalam menghitung jumlah gaji akhir karyawan. Ketika hari gajian tiba, tim HR akan mentransfer sisa gaji karyawan. Jumlah gaji yang ditransfer tim HR sudah termasuk potongan dari dana yang telah karyawan tarik. Nah, dari situlah perusahaan bisa membayar uang yang digunakan karyawan ke aplikasi KINI.id sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan kedua belah pihak.

Itulah cara kerja aplikasi KINI.id yang perlu diketahui karyawan maupun perusahaan. Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan seluruh karyawan ke aplikasi KINI.id dan dapatkan kemudahan dalam memberikan benefit pembayaran gaji di muka.