3 Faktor yang Menyebabkan Banyak Orang Terjebak Pinjol

Di era yang serba canggih seperti saat ini banyak kemudahan yang bisa didapatkan banyak orang, salah satunya kemudahan untuk mendapatkan pinjaman online. Namun, dengan adanya kemudahan ini banyak orang yang terjebak pinjol atau pinjaman online ilegal. Di mana, mereka melakukan pinjaman dari platform atau aplikasi pinjol yang tidak resmi.

Lalu, apa saja faktor yang menjadi alasan banyak masyarakat Indonesia terjebak pinjol ilegal? Di bawah ini adalah beberapa faktor dan solusi agar terhindar dari pinjol.

1. Adanya Kebutuhan Mendesak

Sebagian masyarakat mungkin ada yang memiliki keterbatasan dalam segi finansial yang menyebabkan sulitnya menyambung hidup. Rata-rata, masyarakat berpenghasilan rendah memiliki kebutuhan mendesak yang perlu mereka penuhi untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti membeli bahan makanan, biaya sekolah anak, dan sebagainya.

Meski begitu, ada juga orang yang melakukan pinjaman online untuk memenuhi gaya hidupnya. Di mana, mereka memaksakan diri untuk memiliki berbagai barang demi terlihat mewah, dan sebagainya. Padahal, gaji atau pendapatan yang mereka miliki tidak besar.

Nah, solusinya apa? Tentu untuk kasus pertama kamu harus mulai memutar otak untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan memulai bisnis kecil-kecilan atau mengambil pekerjaan sampingan. Sedangkan, untuk kasus kedua kamu bisa mulai dengan mengurangi gaya hidup yang tidak semestinya, dan mulailah dengan gaya hidup sesuai kemampuan kamu. Jangan sampai gaya hidupmu membuat kamu terlibat pinjol yang risikonya sangat tinggi.

2. Aplikasi Mudah Diakses & Pengajuan yang Mudah

Faktor kedua yang membuat banyak orang terjebak pinjol adalah mudahnya akses ke pinjol tersebut dan proses pengajuan yang mudah. Apalagi, pinjaman online ilegal sering menawarkan banyak kemudahan seperti tidak adanya jaminan, hanya membutuhkan KTP dan foto selfie, pencairan yang cepat, dan sebagainya.

Nah, agar tidak terjebak, kamu bisa coba cek terlebih dulu aplikasi tersebut, pastikan aplikasi pinjol yang ingin kamu gunakan telah terdaftar OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Kemudian, kamu patut curiga ketika ada aplikasi pinjol yang menawarkan kemudahan. Cek kembali review aplikasi tersebut melalui Google dan cek juga bunga atau denda yang mungkin akan dikenakan ke kamu.

Jangan mudah percaya dengan pinjol yang memberikan persyaratan mudah, karena biasanya akan ada ketentuan dibaliknya yang membuat kamu harus waspada. Seperti denda yang besar, biaya administrasi yang besar, hingga tingginya bunga yang dikenakan. Jangan sampai kamu tidak melakukan pengecekan hanya karena butuh uang cepat.

3. Rendahnya Literasi Keuangan & Digital

Masyarakat Indonesia terbilang tidak memiliki literasi keuangan yang bagus. Hanya sedikit orang yang memahami literasi keuangan dan digital. Hal ini sesuai yang disampaikan oleh OJK pada 2019, di mana indeks inklusi keuangan sebesar 76,18% namun tidak diimbangi dengan literasi keuangan yang hanya 38,03%.

Selain itu, berdasarkan Survei Literasi Digital Nasional 2020, indeks literasi digital belum mencapai skor baik yaitu 4,00. Namun baru sedikit di atas kategori sedang 3,00.

Hal ini yang menyebabkan banyak masyarakat yang hanya berpikir tentang kemudahan yang diberikan oleh pinjol, tanpa berpikir bahaya meminjam di layanan pinjol ilegal. Apalagi, saat ini sudah ada banyak fintech landing yang tidak berizin OJK. Tercatat sudah ada lebih dari 3600 pinjol ilegal tidak berizin yang sudah ditutup oleh Satgas Waspada Investasi (WSI), dan hanya 104 aplikasi atau perusahaan yang berizin. 

Itulah beberapa penyebab kenapa masyarakat Indonesia masih sering terjebak pinjol. Nah, biasanya mereka terjebak pinjol karena butuh dana darurat dan tidak bisa meminjam dengan lembaga keuangan seperti bank atau lembaga lainnya karena tidak memenuhi persyaratan yang diberikan.

Jika kamu tidak ingin terjebak pinjol ketika ingin memenuhi kebutuhan darurat, sekarang kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mencairkan gaji di awal, sehingga kamu bisa memenuhi kebutuhan daruratmu tanpa harus meminjam ke aplikasi pinjol.

Dengan KINI.id, kamu juga bisa menyesuaikan gaji yang ingin kamu cairkan dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan jumlah yang kamu butuhkan. Jadi, segera manfaatkan KINI.id dan dapatkan kemudahan mendapatkan akses pembayaran gaji di awal yang bisa membantumu terhindar dari pinjol.