7 Resolusi Keuangan untuk Kebebasan Finansial di Tahun 2022

Di awal tahun seperti saat ini biasanya banyak orang yang mulai membuat resolusi, salah satunya resolusi keuangan. Resolusi ini dibuat untuk membantu mewujudkan kebebasan finansial, terlebih di masa pandemi seperti sekarang yang semuanya serba tidak pasti. Nah, bagi kamu yang ingin bebas finansial di tahun 2022 ini, kamu wajib memasukkan beberapa daftar di bawah ini ke dalam resolusi keuanganmu.

Buat Anggaran Keuangan Sebagai Perencanaan Keuangan

Menurut Cynthia Pruemm, penasihat investasi sekaligus CEO SIS Financial Group di Hoffman Estates, Illinois, Amerika serikat, Kunci sukses kebebasan finansial di 2022 adalah dengan menyusun rencana keuangan seperti melakukan analisis keuangan atas pendapatan, pengeluaran, dan investasi

Jadi, cobalah mulai dengan mencatat pendapatan dan pengeluaran setiap bulan untuk mengetahui bagaimana kamu mengelola keuangan. Kamu juga bisa menentukan pos pengeluaran prioritas dan pos yang perlu dikurangi berdasarkan pendapatan yang kamu dapatkan.

Pastikan penghasilanmu lebih besar dibanding pengeluaran. Jika penghasilan lebih kecil, kamu perlu membuat rencana untuk menambah penghasilan. Misalnya dengan mengambil pekerjaan sampingan, menjalankan bisnis kecil-kecilan, dan sebagainya.

Menabung Rutin Setiap Bulan

Resolusimu tidak akan tercapai jika kamu tidak menabung secara rutin. Sedikit atau banyak, menabung bisa membuat anggaran pendapatanmu meningkat. Berapapun jumlahnya, dana yang kamu tabung bisa membantu kamu memenuhi dana darurat atau investasi, bahkan keduanya. Ada baiknya juga, kamu bisa menyimpan uang receh dalam rekening tabungan terpisah sebagai dana darurat.

Namun, hal yang perlu kamu ingat ketika menabung adalah menyisihkan pendapatanmu di awal kamu mendapat gaji atau penghasilan. Hindari untuk menabung dari sisa keuangan yang ada di bulan tersebut.

Mulai Berinvestasi

Selain menabung, kamu juga bisa memulai investasi untuk mendapatkan kebebasan finansial di tahun 2022. Tetapkan rencana bulanan untuk investasi dan lakukan secara konsisten terlepas dari kondisi yang terjadi di pasar saham. Kamu bisa mencari panduan investasi untuk pemula atau berkonsultasi dengan penasehat keuangan sebelum berinvestasi.

Jika kamu masih pemula, kamu bisa memulai investasi dengan risiko rendah dengan profit yang rendah juga. Pelajari instrumen investasi yang kamu pilih dengan benar agar kamu tidak salah mengambil keputusan.

Hindari Pola Hidup Konsumtif

Jika tahun sebelumnya kamu adalah orang yang konsumtif, pastikan di tahun ini kamu menguranginya. Karena jika dibiarkan begitu saja akan mengganggu dan cenderung membahayakan kondisi finansial.

Cobalah untuk mengurangi bahkan menghindari membeli barang atau hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Kamu juga bisa mengubah pola hidup konsumtif jadi lebih efektif dengan mengalihkan pengeluaran ke hal yang lebih bernilai seperti investasi, menabung, dan membeli buku atau ‘ilmu’ dalam bentuk lain yang bermanfaat dan menambah keahlian serta pengetahuan.

Bayar Utang & Tagihan dengan Disiplin

Jika kamu saat ini punya utang cicilan atau tagihan kartu kredit, pastikan kamu selalu membayarnya tepat waktu. Hindari keterlambatan yang menyebabkan tingginya bunga atau denda. 

Jika kamu termasuk orang yang mudah lupa, kamu bisa memanfaatkan fasilitas auto debet dari rekening tabungan setiap bulannya untuk menghindari keterlambatan pembayaran.

Membayar utang merupakan hal yang perlu kamu prioritaskan, dan perlu didahulukan sekalipun harus mengorbankan kebutuhan finansial lainnya. Tidak masalah kamu belum bisa berinvestasi, namun pastikan utang yang kamu miliki diselesaikan terlebih dulu sampai tuntas. Setelah lunas, kamu akan mendapatkan kendali atas uangmu dan bebas menggunakannya untuk hal lain, termasuk investasi.

Evaluasi Pilihan Asuransi

Apakah kamu sudah memiliki asuransi? Asuransi kesehatan, jiwa atau lainnya? Jika iya, pastikan kamu melakukan analisa kembali atas produk asuransi yang kamu gunakan. Siyu Wang, ekonom dari Institute for the Study of Economic Growth di Wichita State University menyarankan untuk mempertimbangkan kembali pilihan asuransi setiap awal tahun.

Kemudian, cek kembali apakah kamu benar-benar membutuhkan produk asuransi, seperti rumah atau kendaraan. Jika membayar banyak asuransi memberatkanmu, kamu bisa menguranginya dan memilih yang sesuai kebutuhan. Atau, kamu juga bisa memiliki jenis-jenis asuransi tersebut, dengan mempertimbangkan kembali jumlah iurannya.

Prioritaskan Dana Darurat

Bagi kamu yang ingin mendapatkan kebebasan finansial, pastikan juga kamu memprioritaskan dana darurat. Sehingga, kamu akan tetap aman jika sesuatu terjadi pada dirimu di kemudian hari, seperti kecelakaan, PHK, dan lain sebagainya.

Dengan memiliki dana darurat inilah, kamu tidak perlu khawatir ketika kamu membutuhkan uang pada saat itu juga. Kamu juga bisa menghindari pinjaman uang saat hal yang tidak menyenangkan ini menimpa.

Nah, bagi kamu yang belum memiliki dana darurat dan membutuhkan dana saat ini juga, pastikan kamu tidak mengajukan pinjaman. Kamu bisa coba memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji di awal tanpa menunggu tanggal gajian. Sehingga, kamu bisa menggunakannya dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan daruratmu.