Mau Nonton Konser Musik? Ini 4 Tips Mengatur Keuangan yang Bisa Diterapkan

Di pertengahan tahun 2022 ini, pandemi di Indonesia sedikit mulai mereda dan mulai banyak acara bermunculan, salah satunya acara konser musik. Ini tentu menjadi kabar baik bagi kamu yang sudah lama tidak menonton konser. Namun, apa artinya konser mulai diizinkan tapi kamu tidak bisa menonton karena tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli tiket. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengatur keuangan untuk nonton konser. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membeli tiket konser dan menikmati konser dari artis, band, Kpop, atau musik lainnya.

Membeli tiket early bird

Early bird merupakan jenis tiket konser yang dijual lebih awal dan memiliki harga yang relatif lebih murah. Dengan membelinya, tentu kamu bisa menghemat dan mengatur keuangan dengan lebih baik lagi.

Misalnya, tiket reguler konser dijual dengan harga Rp1.200.000, namun ketika masa early bird, kamu bisa membelinya dengan harga Rp900.000.  Meski begitu, penjualan tiket early bird biasanya akan diburu oleh banyak orang. Oleh karena itu kamu harus sigap dan terus mengikuti update dari pihak promotor konser.

Menyiapkan rencana keuangan

Untuk membeli tiket konser, tentu kamu juga perlu menyiapkan rencana keuangan agar nantinya tidak akan mengganggu keuangan kamu. Membeli tiket konser tentu menjadi tujuan utama dari menyiapkan dana. Namun, kamu juga perlu mempersiapkan biaya lainnya, misalnya saja biaya akomodasi, transportasi, konsumsi, hingga pembelian merchandise juga telah disiapkan.

Misalnya saja, lokasi konser berada di kota lain, tentu kamu perlu mempersiapkan biaya akomodasi bukan? Kamu pun membutuhkan kamar untuk tidur dan mempersiapkan diri.

Jadi, pastikan kamu tidak hanya mempersiapkan biaya untuk membeli konser, namun persiapkan juga perkiraan dana yang akan dikeluarkan untuk hal-hal di atas.

Menjadi volunteer konser

Bagi kamu yang tidak mau rugi mengeluarkan biaya konser dan akomodasi lainnya, kamu bisa coba melamar menjadi volunteer acara. Biasanya, acara konser besar membutuhkan sumber daya manusia yang banyak. Pihak promotor pun akan mencari tenaga baru mendekati hari konser dimulai.

Nah, jika tidak kebagian membeli tiket konser atau ingin menghemat pengeluaran, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi volunteer.

Selain menonton konser secara gratis dan mendapatkan fee dari pekerjaan tersebut, kamu juga bisa bekerja lebih dekat dengan idolamu. Pengalaman ini pun pastinya tidak akan bisa kamu dapatkan lagi.

Membuat tabungan khusus

Menabung untuk menyaksikan konser bukanlah perkara yang mudah. Sebab, bisa saja kamu tergoda untuk menggunakan uang yang sudah disisihkan tersebut. Oleh karena itu, cobalah buat tabungan khusus untuk mengumpulkan dana menonton konser.

Jenis tabungan ini bisa kamu sediakan dari jauh-jauh hari sebelum ada pengumuman konser. Sehingga,, saat jadwal konser diberitakan, kamu telah memiliki dana yang bisa digunakan tanpa harus takut boros.

Uang yang lebih pun nantinya bisa kamu alokasikan untuk kegiatan lain, seperti travelling, membeli gadget terbaru, dan masih banyak lagi.

Namun, jika konser yang kamu ingin datangi sudah sebentar lagi dan dana belum terkumpul penuh, jangan panik. Karena sekarang kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji secara instan dan fleksibel. Sehingga, bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kekurangan dana menonton konser. Namun, pastikan kamu hanya mengambil dana yang kamu butuhkan ya! Karena dana yang kamu ambil sebelum tanggal gajian tersebut, akan dipotong di tanggal gajian.