8 Cara Bijak Memanfaatkan Bonus Akhir Tahun yang Tepat

Menjelang akhir tahun, biasanya perusahaan akan memberikan bonus kepada karyawannya. Di mana, besaran bonus yang diberikan setiap perusahaan akan berbeda-beda. Ada yang mendapatkan bonus satu kali lipat dari gaji pokok, ada yang dua kali lipat, bahkan ada juga yang sampai tiga kali lipat gaji pokok. Namun, dengan banyaknya total tersebut, masih banyak orang belum bisa memanfaatkan bonus akhir tahun dengan baik.

Nah, bagi kamu yang akan menerima bonus akhir tahun, di bawah ini adalah beberapa cara memanfaatkan bonus akhir tahun dengan baik dan bijak.

Menabung

Ketika kamu mendapatkan bonus tahunan, ada baiknya kamu mengalokasikan bonus tersebut ke dalam tabungan kamu. Setidaknya, tabungan tersebut bisa digunakan menjadi dana darurat ketika kamu sedang membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan darurat atau terkena musibah.

Mungkin saat ini kamu belum memprioritaskan tabungan masa depan untuk biaya menikah, membeli properti, atau pendidikan anak. Namin, tidak ada salahnya untuk menyisihkan sebagian dari bonus untuk persiapan tabungan masa depanmu. Apalagi, biaya tersebut tersebut akan terus meningkat setiap tahunnya.

Lunasi Utang

Jika kamu memiliki cicilan atau tunggakan, inilah waktu yang tepat untuk melunasinya. Jika ternyata bonusmu masih kurang untuk melunasi utang, setidaknya kamu  bisa menggunakan uang tersebut untuk mencicilnya.

Apalagi, keberadaan utang, khususnya utang berbunga akan terus membebani kondisi keuangan jika tidak segera dilunasi. Hal inilah yang perlu kamu prioritaskan. Beberapa kategori utang yang harus diprioritaskan misalnya utang KPR rumah, cicilan kendaraan, atau utang usaha. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan utang sehingga bisa menggunakan gaji yang kamu dapatkan untuk keperluan penting lainnya.

Asuransi Kesehatan

Menurut Clear Tax, asuransi kesehatan adalah salah satu pilihan bagi kamu yang ingin mengatur bonus akhir tahun. Ada banyak jenis asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih. Cobalah pilih produk asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan dan kemampuanmu.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, maka kamu tidak perlu khawatir jika suatu saat nanti kamu membutuhkan layanan kesehatan. Karena, seluruh biaya kesehatan akan dipenuhi oleh perusahaan asuransi.

Beri Hadiah untuk Diri Sendiri

Tidak ada salahnya memberikan reward untuk diri sendiri setelah bekerja keras selama setahun ini. Setidaknya, ini bisa membuat diri kamu senang dan bisa memotivasi diri untuk bekerja lebih baik di tahun yang datang. Jenis hadiah yang bisa kamu berikan untuk diri sendiri bisa berupa barang yang disukai atau bisa digunakan untuk hobimu, termasuk berlibur. Yang terpenting, barang tersebut haruslah bermanfaat atau liburan yang kamu lakukan itu masih terjangkau.

Gunakan untuk Membayar DP Rumah

Jika kewajiban membayar utang sudah lunas, kamu bisa fokus mengalokasikan bonus akhir tahun untuk kebutuhan lainnya, misalnya saja untuk membayar DP rumah apabila kamu belum memiliki rumah.

Seperti kamu ketahui,  nominal DP rumah saat ini lumayan besar dan menyulitkan, yaitu minimal 30% dari harga rumah. Oleh karena itu, kamu perlu menyusun strategi agar kebutuhan untuk DP rumah bisa tercukupi. Jika memang tak ada kebutuhan mendesak, kamu bisa menyisihkan 70%-80% bonus akhir tahun untuk DP rumah dan sisanya disimpan untuk dana darurat.

Investasi

Kamu juga bisa memanfaatkan bonus akhir tahun kamu untuk mulai berinvestasi. Di mana, investasi ini bisa membantu kamu mempersiapkan masa depan dengan lebih baik. Untuk mulai investasi, kamu bisa memilih berbagai jenis investasi yang tersedia saat ini, mulai dari emas, reksa dana, saham, dan sebagainya.

Sebelum menentukan jenis investasi yang kamu pilih, cobalah pahami terlebih dulu karakteristik dari investasi itu sendiri. Di mana, investasi ada berbagai macam risiko, mulai dari risiko rendah, sedang, hingga tinggi. Cobalah pahami karakteristik jenis investasi dan pilihlah yang sesuai dengan karakteristik kamu.

Manfaatkan untuk Modal Bisnis

Nah, bagi kamu yang ingin memulai bisnis dan menjadikan bisnis sebagai kegiatanmu di masa tua nanti. Kamu bisa memanfaatkan bonus akhir tahun untuk modal bisnis. Pastikan kamu merencanakan bisnis tersebut dengan matang agar bisnismu bisa berjalan lama dan mendapatkan keuntungan maksimal.

Sisihkan untuk Dana Darurat

Dana darurat menjadi dana penting yang perlu kamu miliki untuk menjamin masa depanmu agar tidak terjadi masalah keuangan. Nah, ketika kamu mendapatkan bonus, kamu bisa menempatkan sebagian bonus akhir tahun untuk dana darurat.

Bukan hanya untuk memenuhi keadaan darurat saja, dana ini juga bisa kamu manfaatkan ketika harus memberi uang sumbangan ketika teman sakit atau menikah, dan sebagainya. Dengan memanfaatkan bonus untuk dana darurat, maka kamu tidak perlu menyisihkan gajimu setiap bulan untuk menyiapkan dana darurat, dan bisa kamu gunakan untuk kebutuhan lainnya, seperti asuransi, dana pensiun, dan sebagainya.

Itulah beberapa cara memanfaatkan bonus akhir tahun dengan bijak. Pastikan kamu memanfaatkan bonus tersebut dengan matang dan jangan lupa untuk memenuhi dana daruratmu. Jika kamu tidak memiliki dana darurat, maka kamu akan kesulitan jika suatu hari nanti membutuhkan biaya untuk memenuhi kebutuhan mendesak.

Meski begitu, saat ini sudah ada aplikasi KINI.id yang dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan daruratmu. Dengan aplikasi KINI.id, kamu tidak perlu menggunakan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan mendesakmu. Karena, sekarang kamu bisa mencairkan gaji di awal tanpa menunggu tanggal gajian dengan aplikasi KINI.id. Yuk manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang!