Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan untuk Jaga Dana Daruratmu

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari, terutama ketika kita sedang berkendara di jalan. Ada banyak kemungkinan yang mungkin terjadi, mulai dari terjadinya kecelakaan, menabrak sesuatu, dan sebagainya. Faktor utama terjadinya kecelakaan di jalan ini bukan hanya karena dari diri kita sendiri, tapi juga bisa berasal dari kelalaian orang lain.

Meski kita sudah berjalan dengan tertib dan sesuai peraturan, kita tidak bisa menjamin orang lain juga bisa tertib seperti kita. Sekalipun kita tertib, bisa saja menjadi korban karena pengendara ugal-ugalan. Risiko terluka hingga kematian dapat dikurangi dengan cara meningkatkan keamanan. Namun risiko kendaraan rusak sering kali tidak terhindarkan, baik rusak ringan maupun berat. Inilah alasan kamu harus mengasuransikan kendaraanmu. Bukan hanya kecelakaan, saat ini juga banyak faktor seseorang melakukan klaim asuransi, mulai dari terkena begal atau pencurian kendaraan.  DI bawah ini, kita akan jabarkan beberapa manfaat mengasuransikan kendaraan.

Membayar lebih murah dengan keuntungan lebih besar

Ketika kamu menggunakan asuransi, maka kamu bisa terbebas dari biaya ekstra jika terjadi masalah dalam kendaraanmu, mulai dari terjadinya bencana alam atau insiden kecelakaan. 

Apalagi kita tidak bisa memprediksi kapan kecelakaan dan bencana alam terjadi. Dengan adanya asuransi inilah, kamu akan terlindungi, termasuk ketika kamu mengalami tindak pengrusakan (vandalisme) atau pencurian mobil.

Sekarang bisa dibayangkan jika dunia tanpa asuransi mobil. Setiap terjadi kerusakan mobil kamu harus mengganti setiap sparepart mobil dengan saku pribadi, mempertaruhkan rekening bank dan sebagian atau seluruh aset. Kecelakaan lebih dari sekedar ketidaknyamanan, bentuknya lebih kepada kerugian materi dan immateri.

Melindungi dari risiko kerusakan kendaraan

Ketika kamu sudah berkendara dengan hati-hati dan tertib, tetap saja kecelakaan bisa terjadi karena kelalaian orang lain. Seberapapun kecilnya dampak kecelakaan tersebut, untuk membuat kendaraanmu kembali seperti semula tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, dengan adanya asuransi, biaya yang kamu keluarkan akan lebih murah jika dibanding kamu harus mengeluarkan biaya perbaikan sendiri.

Melindungi dari risiko pencurian kendaraan

Harga beli kendaraan bukanlah harga yang murah, sehingga ada baiknya kamu menjaga dengan baik kendaraan tersebut. Namun, musibah tidak bisa diprediksi dan bisa terjadi kepada siapapun, di mana pun, dan kapan pun. Meski sudah menjaganya dengan baik, risiko pencurian kendaraan selalu ada. Jadi, yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kendaraan kamu dari risiko pencurian adalah dengan membeli asuransi kendaraan. Jika kendaraan dicuri, pihak asuransi akan memberikan sejumlah dana yang besarannya sesuai ketentuan dari pihak asuransi.

Menghemat waktu & meminimalisir ketidaknyamanan ketika terjadi kecelakaan

Ketika kamu memiliki segudang aktivitas, tentu kamu tidak bisa mengurus perbaikan kendaraan sendiri bukan? Jika kamu memiliki asuransi mobil, kamu tidak perlu bingung, karena perusahaan asuransi akan membantu kamu melalui proses pasca-kecelakaan yang tidak menyenangkan, seperti bekerja dengan perusahaan asuransi pengemudi lain, membantu dalam proses klaim, membantu menemukan bengkel besar, dan membantu proses klaim agar dapat diselesaikan secara cepat dan adil. Proses pasca-kecelakaan cukup sulit jika harus sendiri.

Ketenangan dalam berkendara

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan sulit untuk diprediksi. Dengan adanya asuransi kendaraan inilah kamu bisa lebih tenang dari tanggungan biaya kecelakaan yang begitu besar. Sehingga, kamu bisa lebih tenang dalam berkendara dan terbebas dari beban pikiran dan rasa takut terus menerus ketika berkendara.

Dihantui rasa khawatir bukan hanya akan membuat hidupmu tidak tenang, tapi juga bisa membuat kamu terserang penyakit karena stres yang mendera. Dengan asuransi, setidaknya kamu bisa merasa tenang dalam menjalankan hidup sehari-hari; tidak terus-terusan merasa khawatir atau justru menjadi paranoid.

Membantu bertanggung jawab pada pihak ketiga

Saat terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga, biasanya kamu akan dimintai tanggung jawab dari kerusakan yang kamu sebabkan. Jika hal ini terjadi, tentu kamu membutuhkan biaya yang besar, bukan hanya untuk menanggung kerusakan pihak ketiga, tapi juga kerusakan kendaraanmu.

Namun, dengan adanya asuransi, pihak asuransi lah yang akan mengambil alih tanggung jawab kamu atau pengendara jika terjadi kecelakaan itu. Jadi kamu tidak perlu pusing dan membayar mahal untuk bertanggung jawab.

Itulah beberapa manfaat pentingnya memiliki asuransi kendaraan. Nah, jika saat ini kamu belum sempat mendaftarkan kendaraanmu ke perusahaan asuransi dan sedang mengalami musibah, kamu tidak perlu berutang hanya untuk memperbaiki kendaraanmu ya! Sekarang, kamu bisa memanfaatkan dana darurat yang kamu miliki di tabungan. Namun, jika kamu belum memiliki asuransi kendaraan, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gajimu di awal dan menggunakannya untuk memperbaiki kendaraanmu atau memenuhi kebutuhan darurat lainnya. Sehingga, kamu tidak perlu berutang ataupun mengambil dana daruratmu di tabungan. Yuk manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang!