5 Kebutuhan Rumah Tangga yang Wajib Jadi Prioritas Keluarga

Ketika mulai berumah tangga, kebutuhan kita tentu akan berbeda dengan saat kita masih sendiri atau single. Ada beberapa hal yang tadinya tidak masuk ke dalam anggaran, dan kini justru menjadi prioritas utama bagi rumah tangga yang akan kamu jalani. Dengan mengetahui kebutuhan prioritas rumah tangga, kamu bisa lebih mudah mengatur keuangan keluarga dan rumah tangga. Sehingga, risiko terjadinya masalah dalam rumah tangga karena keuangan akan berkurang. Nah, kira-kira apa saja kebutuhan rumah tangga yang harus diprioritaskan?

Tempat Tinggal

Kebutuhan pertama yang harus kamu prioritaskan adalah rumah atau tempat tinggal. Dengan memiliki tempat tinggal, kamu sebagai orang tua bisa memenuhi kebutuhan papan anak-anak. Meski tidak sedikit pasangan yang baru menikah untuk tinggal bersama orang tua atau mengontrak, namun tidak selamanya ini akan terjadi.

Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan tempat tinggalmu bersama pasangan. Mulai dari rumah kos, kontrakan, apartemen, atau membeli rumah secara KPR. Semuanya tentu bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan. Namun, pastikan juga jika kamu sudah memilih tempat tinggal, misalnya membeli rumah KPR atau mengontrak, pastikan setelah menerima gaji, langsung sisihkan dan bayarkan tagihan tersebut. Karena ini adalah salah satu kebutuhan rumah tangga yang wajib kamu prioritaskan.

Kendaraan Pribadi

Memiliki kendaraan, baik mobil atau motor juga menjadi salah satu kebutuhan yang bisa jadi prioritas bagi keluargamu. Dengan adanya kendaraan inilah, kamu bisa menghemat pengeluaran dan bisa membantu kamu dan keluarga untuk pergi-pergi, seperti ke rumah sakit, ke kantor, atau ke tempat sanak saudara.

Jika kamu tidak memiliki transportasi pribadi, maka kamu akan mengeluarkan tambahan untuk biaya menaiki transportasi umum. Pastinya biaya yang dibutuhkan akan jauh lebih besar jika dikalkulasikan setiap bulannya. Namun, sebelum membelinya, pastikan kamu memilih kendaraan yang sesuai kemampuan keuangan kamu ya!

Tabungan Anak

Kebutuhan rumah tangga lainnya yang harus jadi prioritas kamu adalah tabungan anak. Dengan memiliki tabungan anak, kamu dan pasangan bisa mempersiapkan kebutuhan anak-anak di masa depan. Misalnya, untuk mempersiapkan biaya sekolah anak, biaya kesehatan anak, dan sebagainya. Sehingga, jika nanti ada kebutuhan mendadak terkait pendidikan dan kebutuhan anak lainnya, kamu tidak perlu bingung mencari biaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Memiliki Asuransi

Banyak orang yang masih belum memprioritaskan asuransi, baik asuransi kesehatan, kendaraan, pendidikan, jiwa, dan sebagainya. Padahal, asuransi inilah yang bisa membantu ketika kamu mengalami hal tidak terduga di kemudian hari. Misalnya saja, jika ada salah satu anggota keluarga sakit, maka kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya rumah sakit yang mahal. Selain itu, kamu juga tidak perlu menghabiskan uang di tabungan hanya untuk biaya rumah sakit. 

Banyak orang yang mengalami masalah keuangan hanya karena tidak memiliki asuransi kesehatan. Di mana, mereka terpaksa mengambil seluruh uangnya di tabungan untuk biaya perawatan rumah sakit. Jadi, dengan memiliki asuransi inilah kamu bisa menjamin kesehatan dan juga keuanganmu.

Menyiapkan Dana Pensiun

Masa pensiun memang masih lama dan jangka panjang. Namun, mempersiapkan dana pensiun demi hari tua yang terjamin perlu kamu prioritaskan sejak dini. Sehingga, ketika kamu sudah menginjak masa tua, kamu sudah tidak perlu memikirkan biaya yang akan kamu keluarkan di masa tua nanti. Apalagi, di masa tua nanti kamu belum tentu masih bisa produktif seperti hari ini. Jadi penting bagi kamu untuk mulai mempersiapkan dana pensiun mulai hari ini.

Nah, itulah beberapa kebutuhan rumah tangga yang perlu kamu prioritaskan dan perlu dipersiapkan sejak dini. Dengan memenuhi kebutuhan di atas, kamu bisa menjalankan hari dan kehidupan rumah tangga yang lebih nyaman dan tenang, tanpa khawatir masalah keuangan.

Namun, jika saat ini kamu belum memiliki biaya dan uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dan masih sering “gali lubang tutup lubang”. Pastikan itu tidak terjadi lagi. Karena dengan “gali lubang tutup lubang” justru membuat keuanganmu semakin memburuk dan sulit untuk menabung nantinya.

Agar masalah itu tidak terjadi lagi, kamu bisa mulai memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa memenuhi kebutuhan mendesak keluargamu tanpa perlu berutang. Di mana, KINI.id memungkinkan kamu mencairkan gaji di awal tanpa perlu menunggu tanggal gajian sesuai dengan biaya yang kamu butuhkan. Jadi, tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang juga dan penuhi kebutuhan darurat keluargamu sekarang!