5 Alasan Karyawan Lembur yang Perlu Diperhatikan Perusahaan

Tidak ada orang yang senang bekerja lembur. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang karyawan lembur, baik dari faktor Internal maupun eksternal. Mulai dari banyaknya pekerjaan hingga menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Nah, sebagai manajemen perusahaan, kamu harus tau beberapa alasan yang menyebabkan karyawan lembur. Di bawah ini adalah beberapa alasan karyawan lembur yang wajib diketahui perusahaan.

Pekerjaan yang Overload

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan terkadang sering membuat karyawan lembur. Biasanya, hal ini terjadi karena karyawan mengerjakan pekerjaan diluar job desk yang diberikan atau adanya proyek dadakan dengan deadline yang mepet. Untuk mengatasi masalah ini, maka perusahaan perlu melakukan diskusi lebih lanjut dengan karyawan tersebut dan menanyakan apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Apakah ada kendala kenapa harus lembur atau karena jobdesk yang diberikan terlalu banyak? Atau bisa juga karena alat atau perlengkapan yang rusak sehingga mau tidak mau harus dikerjakan dengan cara lembur. Dengan mengetahui alasan inilah perusahaan bisa membantu karyawan tersebut keluar dari masalahnya. Sehingga tidak akan lagi ada lembur atau bekerja dari waktu yang telah ditentukan.

Permintaan Bisnis

Ketika terjadi penjualan yang meningkat dan adanya permintaan akan produk, maka lembur bisa menjadi kebutuhan perusahaan. Sehingga, karyawan akan diminta untuk lembur atau perusahaan harus menambah karyawan baru untuk membantu menyelesaikan permintaan tersebut. 

Alasan karyawan lembur yang dilaksanakan karena permintaan bisnis ini bersifat sementara, namun ada juga yang bersifat konsisten. Maksudnya adalah lembur hanya terjadi pada saat ada peningkatan penjualan saja. Dan jika perusahaan mengeluarkan produk tertentu di tanggal yang sama setiap bulannya, maka lembur dipastikan akan kembali terjadi.

Kekurangan Pegawai

Alasan lainnya adalah ketika perusahaan tidak memiliki karyawan yang cukup. Biasanya, hal ini terjadi ketika kondisi perusahaan sedang kurang sehat, sehingga tidak mampu untuk menambah karyawan. Efek domino dari kondisi ini adalah pekerjaan dilimpahkan pada karyawan lainnya. Sehingga, pekerjaan pun menumpuk bahkan pekerjaan di luar jobdesk yang menyebabkan karyawan tersebut harus lembur.

Panggilan Mendadak

Tidak ada karyawan yang tahu kapan mereka akan mendapat panggilan mendadak untuk lembur, bahkan ketika di hari libur. Namun, kondisi ini mungkin saja terjadi. Misalnya, kamu sebagai seorang teknisi mesin yang biasanya libur di weekend, namun terjadi jaringan yang salah ketika kamu libur. Hal ini tentu mengharuskan kamu datang ke kantor dan memperbaiki masalah tersebut meski harus lembur.

Alasan Pribadi

Ada juga karyawan yang menggunakan waktu lemburnya untuk mengatasi masalahnya sendiri, seperti menghadiri acara tertentu atau harus izin ke dokter selama 4 jam. Nah, untuk membayar waktu yang digunakan pada jam kerja tersebut, maka karyawan harus melakukan lembur demi pemenuhan jam kerja selama 1 minggu. 

Selain itu, ada juga karyawan yang rela melakukan lembur hanya demi menambahkan uang tambahan dari perusahaan demi memenuhi kebutuhan keuangannya. Biasanya ini terjadi jika karyawan kepepet dan tidak memiliki cara lain untuk menambah penghasilannya. Inilah yang harus menjadi hal yang perlu diperhatikan perusahaan.

Di mana, perusahaan yang baik harus memahami kebutuhan karyawan dan membantu karyawan untuk mengatasi masalahnya, termasuk masalah keuangan. Nah, untuk membantu masalah keuangan karyawan, terutama dalam memenuhi kebutuhan mendesaknya, perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, karyawan bisa mencairkan gaji di awal tanpa harus menunggu tanggal gajian sesuai dengan uang yang mereka butuhkan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk manfaatkan KINI.id sekarang juga!