7 Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan Demi Perkembangan Bisnis

Ketika kinerja karyawan meningkat, tentu perusahaan pun akan lebih mudah mencapai tujuannya. Namun, ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan para manajemen perusahaan untuk membantu meningkatkan kinerja karyawan. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk membantu karyawan lebih produktif dan kinerjanya terus meningkat. 

Penuhi Hak Karyawan Sesuai Regulasi 

Ketika karyawan sudah menyelesaikan kewajibannya dalam bekerja, maka karyawan tersebut memiliki hak yang harus mereka terima dan menjadi kewajiban bagi perusahaan. Untuk hak karyawan ini, biasanya pemerintah telah menerapkan regulasinya sendiri, misalnya saja regulasi mengenai upah karyawan hingga tunjangan apa saja yang harus dipenuhi perusahaan.

Bukan hanya masalah uang, perusahaan juga harus memahami bahwa karyawan juga berhak mendapatkan cuti tahunan ketika sudah bekerja selama 12 bulan berturut-turut, mendapatkan jaminan sosial, dan benefit lainnya yang ditawarkan perusahaan kepada karyawan ketika mereka mulai bekerja. Dengan begitu karyawan akan merasa nyaman dan tidak merasa was-was selama bekerja karena hak dasarnya sudah terpenuhi. 

Lakukan Penilaian Kinerja Secara Rutin

Masing-masing karyawan memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Ada kalanya kinerja karyawan meningkat, dan ada juga yang mengalami penurunan. Untuk itu, ada baiknya perusahaan mengadakan penilaian kinerja untuk mengetahui bagaimana perkembangan kinerja masing-masing karyawan. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa penilaian kinerja yang baik adalah penilaian kinerja yang transparan dan tidak memihak ke satu sisi. Jadi, jangan lupa untuk menjelaskan aspek dan poin apa saja yang digunakan sebagai dasar penilain kinerja karyawan.  

Berikan Reward Karyawan Terbaik

Untuk meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan juga perlu mempertimbangkan untuk memberikan reward kepada karyawan terbaik. Misalnya, karyawan yang mencapai ekspektasi perusahaan dan memberikan keuntungan besar bagi perusahaan.

Ada banyak reward yang bisa perusahaan berikan, mulai dari memberikan bonus, perayaaan sederhana, hingga ucapan terima kasih secara langsung. Perhargaan dalam bentuk apapun bisa membuat karyawan merasa dihargai dan berusaha untuk mengembangkan potensi dirinya jauh lebih baik lagi.  

Beri Peringatan untuk Karyawan Bermasalah

Selain karyawan terbaik, ada juga karyawan yang bermasalah. Karyawan bermasalah di sini adalah karyawan yang sering melanggar dan menyalahi aturan perusahaan, seperti sering datang terlambat, memiliki attitude buruk, dan sebagainya. 

Jika tidak diatasi dengan segera, karyawan tersebut akan mempengaruhi rekan kerja lain dan mengganggu kenyamanan dalam bekerja. Untuk mengatasinya, HRD bisa memberikan surat peringatan khusus kepada karyawan, sehingga karyawan dapat memperbaiki perilakunya yang bermasalah. 

Berikan Motivasi dan Saran yang Membangun

Seorang karyawan tidak akan bisa memperbaiki dirinya tanpa adanya masukan dan saran dari perusahaan atau manajemen. Untuk itu, pastikan perusahaan bisa membantu meningkatkan kinerja Karyawan dengan memberikan motivasi dan saran yang membangun.

Sehingga, karyawan akan merasa terbantu dan lebih paham mengenai aspek apa saja yang harus mereka perbaiki. Selain itu, ini juga berguna untuk membantu karyawan yang sering merasa minder di lingkungan kerja. 

Berikan Karir yang Menjanjikan

Tidak ada yang menolak karir yang terus berkembang. Siapapun orangnya pasti berharap karirnya bisa berkembang di dalam perusahaan. Jadi, jika perusahaan ingin meningkatkan kinerja karyawan, cobalah berikan kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan karirnya di perusahaan. Hal ini secara tidak langsung bisa menjadi tantangan tersendiri bagi karyawan yang ingin berkembang dan membuat mereka lebih loyal pada perusahaan. 

Adakan Training Karyawan

Ada saatnya perusahaan membutuhkan keterampilan atau kebutuhan baru demi mendukung perkembangan perusahaan. Bisa saja perusahaan melakukan rekrutmen untuk menjaring kandidat baru dengan skill tertentu. Namun, proses tersebut sangat panjang dan belum tentu perusahaan bisa mendapatkan kandidat yang cocok.

Nah, untuk itu perusahaan bisa memberdayakan karyawan yang telah bekerja di perusahaan melalui program pelatihan karyawan. Sehingga, karyawan lama bisa mengembangkan karirnya di perusahaan tersebut dengan mempelajari skill dan kemampuan baru yang akan dilatih.

Itulah beberapa cara perusahaan membantu meningkatkan kinerja karyawannya. Dengan kinerja yang meningkat, maka secara tidak langsung perusahaan pun akan mendapatkan tujuannya. 

Selain cara di atas, perusahaan juga bisa mulai memperdulikan masalah yang mungkin dialami karyawan, seperti masalah keuangan. Di mana, masalah keuangan karyawan ini terkadang justru membuat mereka tidak fokus dalam bekerja sehingga membuat mereka kurang produktif.

Oleh karena itu, perusahaan bisa membantu karyawan mengatasi maslah keuangannya lewat bantuan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa memberikan benefit gaji di awal bagi seluruh karyawan. Sehingga, karyawan bisa mencairkan gajinya tanpa harus menunggu tanggal gajian. Secara tidak langsung, mereka pun akan terbantu ketika mengalami masalah keuangan, seperti ketika membutuhkan dana darurat. Jadi, tunggu apalagi? Daftarkan sekarang juga seluruh karyawan kamu di aplikasi KINI.id.