Ketika kamu sudah memiliki anak atau memutuskan untuk memiliki anak, hal penting yang harus kamu persiapkan adalah tabungan pendidikan anak. Tidak hanya saat anak sudah mau memasuki usia sekolah, ketika anak masih dalam kandungan pun tabungan sudah bisa dibuat dan kamu bisa melakukan setoran rutin setiap bulannya.

Dengan memiliki tabungan pendidikan anak sejak dini, ada beberapa hal yang bisa kamu dapatkan. Bukan hanya itu, kamu juga bisa terhindar dari risiko inflasi biaya sekolah yang setiap tahunnya mengalami kenaikan. Apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki tabungan pendidikan anak? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Ada Jaminan Biaya Saat Anak Membutuhkan

Disadari atau tidak, biaya sekolah terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Menurut Badan Pusat Statistik atau BPS mengungkapkan bahwa biaya pendidikan di Indonesia mengalami kenaikan rata-rata sebesar 10%-15% Hal ini tentu memberatkan jika kamu tidak menabung sejak awal dan bisa mengorbankan sekolah si kecil.

Misalnya saja, jika kamu benar-benar mempersiapkannya, mungkin si kecil bisa bersekolah di tempat terbaik. Namun, jika tidak ada persiapan mau tidak mau kamu menyekolahkan si kecil di sekolah standar dengan biaya yang minim. Itulah kenapa dengan mempersiapkan tabungan pendidikan bagi anak, maka kamu sudah menjamin biaya ketika si kecil membutuhkannya.

Risiko Kecil, Bahkan Hampir Tidak Ada

Ketika kamu datang ke bank dan ingin menabung, kemungkinan besar kamu akan ditawarkan untuk menggunakan rekening biasa atau menggunakan rekening khusus tabungan anak. Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk menyimpan uang dan berisiko kecil. Selain itu, peluang terjadinya kerugian sangat minim bahkan tidak ada sama sekali meski kamu simpan bertahun-tahun.

Namun, ketika kamu memilih tabungan khusus pendidikan, pastikan kamu menanyakan kelebihan tabungan pendidikan jika dibandingkan dengan jenis biasa. Jika perbedaannya ada cukup banyak dan menguntungkan, kamu bisa memilihnya. Namun jika sama saja, maka kamu bisa memilih rekening standar. Kenapa? Karena biasanya tabungan pendidikan anak hanya bisa dicairkan setelah tanggal jatuh tempo.

Lebih Disiplin Menyisihkan Uang

Ketika kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak, biasanya akan ada banyak kebutuhan harian yang meningkat dan mendadak. Misalnya saja anak-anak tiba-tiba sakit dan butuh dana untuk berobat. Jika ini terjadi, solusi yang sering diambil adalah menggunakan sisa uang yang ada atau mengambil tabungan di rekening bank. Sehingga tabungan akan mudah habis dan kamu tidak bisa memiliki tabungan untuk pendidikan anak.

Nah, untuk menghindari hal seperti ini, ada baiknya kamu langsung membagi uang ke beberapa pos, salah satunya tabungan anak. Pilihlah tabungan anak dengan nominal setoran yang tidak memberatkan. Sehingga, kamu tidak akan terbebankan ketika menyisihkan uang yang nantinya akan digunakan untuk tabungan anak. Selain itu, tabungan ini pun tidak bisa diotak-atik atau diambil, karena biasanya akan ada denda jika kamu mengambil atau mencairkannya sebelum tanggal jatuh tempo.

Masih Mendapatkan Bunga Meski Kecil

Ketika kamu memilih untuk menyimpan uang di rekening tabungan pendidikan anak, maka kamu akan mendapatkan bunga. Meski bunga tidak sebesar investasi saham atau reksa dana, tabungan pendidikan juga masih memberikan bunga meski jumlahnya kecil. Namun, kamu juga akan dikenakan biaya pajak yang jumlahnya lebih kecil dari bunga.

Untuk besaran bunganya pun beragam tergantung kebijakan dari bank itu sendiri. Umumnya, bunga yang biasa diberikan kurang lebih 3%-5% per tahun dari jumlah minimal uang yang kamu simpan. Angka ini mungkin tidak akan terasa jika kamu menabung dengan jumlah kecil, namun jika uang yang kamu simpan hingga jutaan Rupiah tentu keuntungannya sangat jelas menguntungkan.

Itulah beberapa alasan kamu harus mulai menabung tabungan pendidikan anak. Dengan persiapan yang matang, maka kamu bisa merencanakan pendidikan anak dengan maksimal.

Namun, biaya pendidikan bukan hanya biaya pendaftaran sekolah, biaya buku, SPP sekolah, atau iuran yang sudah pasti. Ada juga beberapa kebutuhan pendidikan yang sifatnya mendadak. Misalnya saja dana untuk study tour atau membeli seragam yang sudah kekecilan.

Oleh karena itu, bukan hanya tabungan pendidikan saja yang harus kamu miliki, namun ada juga dana darurat yang wajib kamu miliki. Namun, jika kamu tidak memiliki dana darurat namun membutuhkan uang mendesak, kamu bisa mengambil tabungan yang ada di rekening dan hindari untuk berutang.

Jika kamu tidak ingin mengambil uang di rekening demi arus kas yang stabil, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mencairkan gaji kamu kapan dan di mana saja ketika kamu membutuhkan dana darurat. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan, maksimal sesuai dengan hari kerja yang sudah kamu selesaikan. Mudah bukan? Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai miliki tabungan pendidikan anak dan jadikan KINI.id sebagai solusi ketika kamu butuh dana darurat untuk memenuhi kebutuhan darurat kamu!