Produktivitas bisnis dipengaruhi oleh kinerja karyawan di dalam perusahaan. Oleh karena itu, karyawan menjadi aset perusahaan yang harus dijaga. Bukan hanya karyawannya saja, namun perusahaan juga perlu menjaga fokus karyawan agar produktivitas mereka tetap terjaga, sehingga memengaruhi produktivitas bisnis itu sendiri.

Hal ini penting diterapkan, apalagi jika perusahaan menerapkan sistem kerja work from home (WFH), work from anywhere (WFA), hybrid, dan remote. Meski dinilai efektif, sistem kerja ini ternyata juga bisa memberikan dampak negatif terhadap performa kerja karyawan, salah satunya adalah distraksi atau gangguan yang tidak bisa dihindari.

Misalnya, ketika karyawan bekerja di rumah, maka mereka perlu menyelesaikan pekerjaan sambil mengurus tanggung jawab rumah tangga. Atau bisa juga adanya gangguan internet, suara TV, keluarga yang mengunjungi rumah, atau bahkan sekadar rasa malas. Hal-hal inilah

Untuk menjaga fokus karyawan tentu HR perlu memiliki strategi yang tepat. Berikut beberapa cara efektif yang bisa diterapkan perusahaan dalam menjaga fokus karyawan, terutama yang sedang WFH atau bekerja remote. 

Ketahui trigger yang membuat karyawan tidak fokus

Hal pertama yang bisa dilakukan HR atau manajemen untuk menjaga fokus karyawan tentu mencari sumber distraksi. Apakah distraksi terjadi karena diri karyawan itu sendiri atau dari faktor eksternal.

Contoh faktor eksternal yang sering menjadi sumber distraksi karyawan adalah internet yang lambat, kurangnya fasilitas memadai, atau suara bising dari pengerjaan konstruksi di sekitar rumah. Di sisi lain, jika mereka merasa malas atau tidak bisa memilih prioritas tugas, hal ini bisa dinilai sebagai masalah dari sumber internal atau diri karyawan itu sendiri.

Setelah mengetahui sumber masalahnya, HR harus bisa menyelesaikan masalah tersebut secara efektif agar produktivitas karyawan terjaga. Misalnya, ketika karyawan malas, maka HR bisa menekankan pembagian bonus yang bisa mereka dapatkan jika kualitas kerja meningkat. Sedangkan, jika mereka merasa fasilitas kurang memadai, HR bisa sediakan tools yang dibutuhkan karyawan dan membantu mereka meningkatkan fokus dan produktivitas kerja.

Memprioritaskan tugas penting

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan HR untuk menjaga fokus karyawan adalah dengan  memprioritaskan tugas penting. Umumnya, satu jam pertama di tempat kerja adalah waktu di mana semua orang produktif. Di waktu tersebutlah semua energi akan dihabiskan karyawan.

Oleh sebab itu, HR bisa meminta karyawan untuk memprioritaskan pekerjaan yang lebih sulit di jam pertama mereka bekerja. Setelahnya, pekerjaan ringan bisa dikerjakan pada waktu kerja yang tersisa. Dengan begitu, karyawan akan merasa lebih bugar di jam-jam selanjutnya sambil mempertahankan performa yang mumpuni.

Gunakan label sibuk di berbagai media komunikasi

Cara menjaga fokus karyawan lain yang bisa diterapkan adalah meminta karyawan untuk  menggunakan label sibuk di berbagai media komunikasi. Hal ini sebaiknya dilakukan terutama ketika karyawan sedang mendekati deadline atau mengerjakan tugas proyek besar.

Misalnya, karyawan bisa menempatkan status busy, away, chat only, dan lainnya yang ada di messenger kantor. Status ini bisa digunakan ketika karyawan ingin fokus dan tidak ingin diganggu. Dengan begitu, karyawan bisa lebih fokus untuk menyelesaikan tugas yang sedang mereka kerjakan, tanpa adanya distraksi dari rekan kerja atau tim lain yang meminta bantuan di luar pekerjaan tersebut.

Berikan benefit yang bisa jadi solusi keuangan karyawan

Tidak dipungkiri bahwa keuangan bisa menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi karyawan dan menyebabkan mereka menjadi tidak fokus. Misalnya saja ketika mereka harus dihadapi dengan tagihan debt collector atau masalah keuangan karena kebutuhan dana darurat seperti untuk kesehatan ataupun pendidikan.

Untuk membuat mereka kembali fokus tanpa memikirkan masalah keuangan saat bekerja, perusahaan bisa menawarkan benefit EWA atau Earned Wage Access dari KINI.id. Dengan benefit EWA, karyawan bisa mengakses gaji kapan saja dengan jumlah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan darurat mereka. Dengan begitu, karyawan bisa kembali fokus dalam bekerja untuk meningkatkan produktivitas bisnis. Jadi daftarkan seluruh karyawan sekarang juga di aplikasi KINI.id!

Itulah beberapa cara menjaga fokus karyawan yang bisa dilakukan oleh HR. Dengan bekerja fokus, karyawan bisa meningkatkan kinerjanya dengan optimal, sehingga produktivitas bisnis pun secara tidak langsung ikut meningkat.