Ingin Melakukan Gathering Karyawan? Ini 5 Manfaat yang Bisa Didapatkan Perusahaan

Setelah bekerja keras demi berjalannya bisnis, karyawan juga butuh refreshing untuk me-refresh dirinya agar bisa bekerja lebih baik lagi. Biasanya, untuk me-refresh pikiran dan tenaga, seorang karyawan akan mengajukan cuti dan berlibur sendiri bersama teman-temannya atau keluarganya. Namun, sebagai pelaku bisnis, kamu juga bisa mengajak dan memberikan liburan bagi seluruh karyawan lewat acara gathering karyawan.

Gathering karyawan bisa diberikan kepada karyawan 1 tahun sekali sebagai bonus atau ajang mendekatkan diri bagi sesama karyawan. Apalagi di hari biasa mereka terlalu sibuk bekerja tanpa ada waktu untuk mengenal satu sama lain. Padahal, dengan mengenal satu sama lain bisa jadi salah satu cara yang bisa membantu kerja sama antar tim atau divisi jadi lebih mudah. Lalu, apa saja manfaat employee gathering atau gathering karyawan? Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan perusahaan dengan mengadakan gathering secara rutin.

Refreshing

Manfaat pertama yang bisa didapatkan perusahaan dengan mengadakan gathering adalah memberikan tempat untuk ajang refreshing karyawan. Hal ini sangat penting, karena dengan pikiran yang fresh, maka karyawan akan lebih semangat dalam bekerja dan membantu mereka untuk berpikir kreatif.

Dengan membuat kegiatan yang rileks dan menyenangkan, perusahaan bisa mengembalikan semangat karyawan yang sebelumnya sempat ‘kendur’ akibat tekanan pekerjaan. Sehingga sepulangnya dari gathering, pikiran mereka akan kembali fresh dan siap beraktivitas kembali. Hal ini tentunya akan memengaruhi kinerja karyawan yang akan membantu meningkatkan produktivitas bisnis.

Membangun Tim yang Solid

Selain liburan dan berkunjung ke tempat baru, gathering biasanya juga memiliki banyak rangkaian kegiatan yang disisipkan permainan yang menarik. Tujuannya tentu untuk membangun tim kerja yang solid sehingga ketika kembali ke kantor, karyawan bisa bekerja sama lebih baik lagi dengan rekan mereka.

Biasanya tim event organizer yang menyusun kegiatan gathering ini akan memberikan permainan yang secara tidak langsung bisa membuat karyawan belajar mengatasi masalah dengan bermusyawarah dan bekerja sama. Disinilah akan terbangun tim yang solid dan kompak, serta akan ada kreativitas yang muncul untuk mengatasi masalah tersebut.

Mempererat Hubungan Antarkaryawan

Kegiatan gathering yang disusun dalam acara perusahaan ini biasanya memiliki tujuan untuk mempererat hubungan antar karyawan dan melibatkan seluruh karyawan. Diharapkan dengan adanya gathering ini, hubungan antara karyawan bisa semakin dekat dan harmonis.

Hubungan yang harmonis inilah yang secara tidak langsung akan memengaruhi kinerja dan kreativitas karyawan. Dengan hubungan karyawan yang baik, maka pekerjaan yang dihasilkan pun bisa maksimal.

Merangsang Tumbuhnya Ide-Ide Baru

Tempat dan suasana baru yang dinikmati ketika gathering juga bisa berkontribusi terhadap munculnya ide-ide baru yang cemerlang dan brilian. Tidak heran jika banyak sekali perusahaan yang melakukan kegiatan ini untuk menciptakan lingkungan kerja yang kreatif.

Agar acara gathering ini bermanfaat, cobalah buat kegiatan yang menuntut para karyawan untuk berpikir out of the box, sehingga secara tidak langsung, jiwa kreatif mereka akan terasah dengan baik.

Mempererat Hubungan Karyawan dan Pimpinan

Ketika sedang bekerja, para karyawan seringkali sungkan atau enggan mengeluarkan ide secara langsung di hadapan pemimpin hanya karena jabatan yang berbeda. Akibatnya setiap kali meeting atau brainstorming, pekerjaan yang seharusnya bisa selesai lebih cepat jadi tertunda.

Dengan adanya gathering inilah masalah seperti itu bisa teratasi. Karena biasanya pada acara santai, tidak ada jarak di antara pemimpin maupun karyawan. Semua memiliki tujuan yang sama, yaitu bersenang-senang untuk menghilangkan lelah.

Jika acara gathering ini terselenggara dengan baik dan diadakan rutin, jarak antara karyawan dan pimpinan pun semakin berkurang. Akibatnya lingkungan kerja menjadi lebih kondusif dan nyaman. Sehingga secara tidak langsung, kreativitas karyawan muncul tanpa ada paksaan dan tanpa memandang jabatan. Mereka akan lebih berani mengungkapkan ide dan inovasi yang mereka miliki di depan atasan sekalipun.

Nah itulah beberapa manfaat gathering karyawan yang bisa didapatkan perusahaan. Jadi dapat disimpulkan bahwa gathering ini tidak hanya bermanfaat bagi karyawan, namun juga bagi perusahaan maupun pihak manajemen. Gathering juga bisa menjadi salah satu benefit yang bisa diberikan perusahaan ke karyawan.

Selain gathering, perusahaan juga bisa memberikan benefit pembayaran gaji di muka. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id untuk memberikan benefit ini. Di mana, dengan KINI.id, perusahaan bisa membantu karyawan ketika mengalami masalah darurat. Sehingga mereka tidak perlu mengambil tabungan atau meminjam uang, karena mereka bisa mengakses gaji di muka tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan segera seluruh karyawan di aplikasi KINI.id sekarang!