Tips Menghemat Biaya Skincare Agar Pengeluaran Tidak Membengkak

Setiap orang, khususnya wanita pasti mendambakan kulit yang cantik dan sehat. Tidak heran saat ini penggunaan skincare sudah menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi. Bahkan, tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan banyak uang tiap bulannya untuk biaya skincare.

Meski begitu, uang yang dikeluarkan untuk membeli skincare tidak selalu berbanding lurus dengan hasilnya. Selain itu, terlalu banyak membeli skincare juga bisa jadi pemborosan. Untuk itu, jauh lebih baik jika kamu bersikap bijak dalam membeli produk skincare.

Jika kamu berniat menghemat pengeluaran untuk membeli produk skincare, namun bingung harus mulai dari mana, berikut beberapa tips menghemat biaya skincare yang bisa kamu terapkan.

Pahami kebutuhan kulit

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, sehingga penggunaan skincare masing-masing orang pun tidak mungkin sama. Membeli skincare secara asal dan tanpa pertimbangan bisa membuat kulit bermasalah dan memakan biaya lebih besar untuk menyembuhkannya.

Oleh karena itu sebelum membeli cobalah pahami kebutuhan kulit kamu terlebih dulu. Misalnya, jika kamu memiliki jenis kulit kering, maka kamu bisa membeli produk jenis moisturizer. Sedangkan bagi kamu yang berjerawat, fokuslah dengan produk jenis BHA atau AHA. 

Beli sejumlah yang dibutuhkan

Bagi para kaum wanita membeli produk skincare berukuran besar tentu sangat menggoda. Apalagi biasanya skincare berukuran besar membuat harganya jadi semakin murah. Namun, jika kamu tidak bisa menggunakan semuanya dalam umur simpannya, maka jelas kamu hanya membuang uang. Jadi, pastikan rencanakan semuanya terlebih dahulu, kamu akan tahu berapa banyak yang dibutuhkan dan akan mengurangi pemborosan.

Manfaatkan sampel gratis

Banyak orang yang langsung membeli suatu produk tanpa mengetahui apakah produk tersebut cocok atau tidak di kulit. Padahal, kamu bisa mencoba sampel terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kamu cocok dengan produk tersebut.

Banyak gerai kecantikan yang menawarkan produk sampel secara cuma-cuma pada pelanggan. Kamu bisa mencoba produk tersebut sampai habis untuk mengetahui apakah kamu cocok dengan produk tersebut atau tidak. Ini juga membantu kamu menghindari kerugian membeli produk yang tidak cocok.

Beli travel size atau share in jar

Kamu bisa mencoba tips ini ketika ingin membeli produk skincare yang penggunaannya tidak sering, seperti masker ataupun peeling. Skincare memiliki batas maksimum penggunaan yang harus diperhatikan agar kualitasnya masih bagus.

Ketika produk tersebut jarang digunakan dan sudah melewati batas waktu, pasti mau tidak mau kamu harus membuangnya. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa membeli produk berukuran travel size atau share in jar. Biasanya, jenis ini dijual lebih murah, sehingga biaya skincare juga jadi lebih hemat.

Setia dengan produk skincare

Saat ini banyak produk skincare bertebaran di pasaran dengan klaim yang berbeda-beda, sehingga membuat kamu tergoda ingin memiliki semuanya.

Mungkin awalnya kamu akan rutin menggunakannya, namun lama-kelamaan pasti ada rasa bosan muncul sehingga produk tidak digunakan kembali. Untuk itu, cobalah lebih setia dengan produk skincare yang sedang digunakan sekarang. Banyak ahli yang menyebutkan kalau bergonta-ganti produk skincare bisa membuat masalah pada wajah.

Bandingkan harga dengan produk sejenis

Tidak masalah jika kamu ingin menggunakan produk dengan merek ternama yang memiliki harga lebih mahal. Namun pastikan hal tersebut tidak memberatkan keuangan, karena masih banyak merek skincare yang berkualitas baik dengan harga yang terjangkau.

Perlu diingat juga bahwa untuk memiliki kulit yang sehat, bukan berarti kamu harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk yang mewah. Dibanding memilih produk mahal dengan harapan dapat memberikan keajaiban bagi kulit, lebih baik baca ulasan dan diskusi di forum kecantikan untuk mengetahui produk apa yang sekiranya cocok untukmu.

Bijak menggunakan skincare

Banyak orang yang berlebihan ketika menggunakan produk skincare dengan tujuan agar kulitnya lebih cepat mengalami perubahan seperti yang diinginkan. Padahal, setiap produk skincare sudah memiliki ketentuan sendiri, misalnya digunakan 2x seminggu, digunakan setiap malam, dan sebagainya. Dengan bijak menggunakan produk skincare, maka kamu juga tidak akan cepat kehabisan skincare dan bisa lebih hemat.

Gunakan produk serbaguna

Untuk menghemat penggunaan item skincare, kamu juga bisa menggunakan produk skincare serbaguna yang memiliki fungsi ganda. Misalnya, esens yang juga memiliki fungsi lain sebagai pelembap, atau pelembap yang mengandung serum. 

Produk ini dapat mengurangi beberapa menit dari rutinitas perawatan kulit sekaligus membuat kamu menghemat beberapa rupiah karena tidak perlu membeli banyak item. Selain itu, hindari produk yang terlalu spesifik namun tidak memiliki manfaat khusus, seperti krim khusus leher, krim khusus bibir, dan yang sejenisnya.

Itulah beberapa tips menghemat biaya skincare yang sering membuat keuangan para wanita membengkak. Dengan menerapkan tips di atas diharapkan pengeluaranmu bisa berkurang dan sedikit berhemat. Jangan sampai biaya skincaremu justru membuat keuanganmu memburuk.  Agar biaya skincaremu tidak mengganggu tabunganmu, kamu bisa memanfaatkan KINI.id untuk membeli skincaremu yang sudah habis di tengah bulan.

Dengan KINI.id, kamu bisa tetap membeli skincare di tengah bulan dan memastikan perawatan wajahmu tetap berjalan dengan semestinya tanpa perlu mengganggu tabungan. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan KINI.id sekarang untuk mengakses gaji lebih cepat sesuai dengan kebutuhan.