Lingkungan kerja yang nyaman menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kesuksesan bisnis. Karyawan umumnya akan betah dan bekerja lebih produktif jika mendapatkan lingkungan kerja di sekitarnya nyaman. Mereka juga akan mengeluarkan potensi yang dimilikinya dengan maksimal lagi. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk membuat lingkungan kerja nyaman bagi karyawan.

Karena tidak hanya memberikan pengaruh bagi karyawan, namun juga bisa berdampak pada produktivitas bisnis dan membuat bisnis lebih sukses. Lalu bagaimana cara membuat lingkungan kerja nyaman?

Rekrut Karyawan yang Tepat

Salah satu hal yang memengaruhi baik buruknya lingkungan kerja adalah kualitas dan kepribadian karyawan itu sendiri. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk merekrut karyawan tidak hanya yang memiliki kemampuan yang mumpuni, tapi rekrut juga orang yang memiliki kepribadian baik dan bisa bekerja secara profesional, baik secara individu maupun di dalam tim. Pilih juga orang yang bisa berkontribusi dalam menciptakan lingkungan bekerja yang lebih kondusif.

Lingkungan yang Penuh Ide & Inovasi Baru

Bukan hanya sekedar nyaman dari sisi ruangan, tapi lingkungan kerja yang nyaman juga bisa dalam bentuk lingkungan yang membangun. Membangun di sini bisa diartikan sebagai lingkungan yang penuh dengan ide baru dan inovasi baru.

Jika perusahaan kamu memiliki lingkungan seperti ini, bukan hanya karyawan kamu saja yang berkembang, namun bisnis pun akan ikut berkembang. Karyawan jadi bisa berbagi ide dan saling menghargai ketika mendapatkan ide dari orang lain. Sehingga, mereka tidak akan ada lagi yang takut untuk menyampaikan pendapatnya.

Beri Dukungan Penuh

Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan atau goals yang ingin dicapai. Tidak ada salahnya dengan itu. Namun, pastikan kamu menyampaikan goals atau tujuan ini dengan jelas dan realistik. Kemudian berikan dukungan dan arahan yang jelas agar karyawan bisa mencapainya dengan mudah.

Dengan jelasnya arahan dan harapan perusahaan kepada karyawan, tentu mereka akan memiliki kesempatan untuk memberi kontribusi terbaik dan bangga terhadap apa yang mereka kerjakan.  

Berikan Apresiasi Karyawan

Jika karyawan dan tim sudah berhasil mengerjakan proyek atau pekerjaan yang telah kamu berikan, maka jangan pernah untuk mengucapkan terima kasih dan berikan apresiasi bagi mereka. Tidak melulu dengan bentuk uang dan memberikan yang bernilai, kamu bisa memberikan apresiasi meski kecil. Misalnya saja, kamu mengajak mereka untuk makan bersama. Ini bisa jadi salah satu cara yang paling sederhana dalam meningkatkan kepuasan karyawan.

Ciptakan Community Minded

Semakin besar perusahaan, maka akan semakin sulit untuk menciptakan lingkungan yang community minded seperti saling menyapa jika bertemu atau berpapasan. Meski terlihat sederhana, cara ini bisa membangun komunitas di tempat kerja dan mengakrabkan satu sama lain.

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, cobalah mulai buat kebijakan untuk meminta eksekutif dan manajer memastikan untuk mereka meluangkan waktu untuk menyapa karyawan. Dengan mengubah kebiasaan ini, maka suasana kantor pun akan lebih nyaman.

Perhatikan Pencahayaan Maksimal

Pencahayaan yang baik di kantor juga bisa memberikan energi positif yang baik bagi karyawan. Pencahayaan dengan sinar yang cukup akan mengisi energi karyawan sepanjang hari dalam bekerja. Sehingga mereka juga akan lebih fokus bekerja dengan baik. Jika tidak menggunakan lampu di siang hari, pastikan ukuran jendela di ruangan besar agar sinar matahari bisa tetap masuk.

Pencahayaan yang baik dan alami inilah yang bisa menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Pencahayaan alami dari matahari misalnya, dapat meningkatkan mood karyawan, membuatnya lebih produktif, dan fokus dalam melakukan pekerjaan.

Berikan Kebebasan

Kamu juga bisa memberikan kebebasan bagi karyawan untuk memilih tempat atau posisi mereka bekerja. Pasalnya, cara bekerja setiap orang berbeda, dan hal ini dapat memengaruhi produktivitas seseorang. Misalnya, ada yang suka bekerja di pantry, di ruang tunggu, di taman, dan sebagainya.

Selain membebaskan posisi bekerja, berikan izin bagi karyawan untuk membawa hal yang ia suka, misalnya seperti tanaman atau foto-foto yang membuat mereka bersemangat untuk bekerja.

Tingkatkan Komunikasi

Komunikasi menjadi hal yang penting dan memberikan dampak besar bagi perkembangan bisnis maupun karyawan itu sendiri.  Kamu bisa coba mengatur meja dalam sebuah ruangan agar saling berhadapan atau memberikan ruangan khusus yang terbuka untuk karyawan saling berdiskusi dan berkolaborasi.

Ajak juga karyawan untuk berbicara santai dan hargai kerja keras mereka. Hal ini akan membuat karyawan merasa dihargai, dan nyaman bekerja di perusahaan. Pastikan juga seluruh karyawan telah diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan atau penilaian terhadap atasan atau manejerial.

Menyediakan Ruang Bermain

Tidak jarang ada karyawan yang bosan ketika bekerja, apalagi jika harus duduk diam di kursi dan meja yang sama. Oleh karena itu, saat ini banyak perusahaan teknologi atau startup yang memiliki ruangan khusus bermain.

Baik dengan menyediakan meja tenis, meja billiard, playstation, hingga penyediaan bean bug untuk bekerja dengan posisi duduk yang lebih santai. Penyediaan area bermain ini bermanfaat untuk karyawan kembali refresh setelah bekerja seharian.

Menyediakan Ruangan Istirahat 

Di luar ruang kerja karyawan, perusahaan juga sebaiknya menyediakan kamar tenang yang dapat difungsikan untuk beristirahat. Sekedar merebahkan badan atau menutup mata 30 menit. Hal ini tidak akan merugikan perusahaan, karena berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa tidur siang selama 30 menit dapat membantu meningkatkan energi karyawan lebih baik dari pada secangkir kopi.

Itulah beberapa cara membuat lingkungan kerja nyaman yang bisa kamu terapkan di perusahaan demi meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan. Selain beberapa cara di atas, perusahaan juga bisa memberikan benefit lain bagi karyawan agar kinerja mereka tetap terjaga, misalnya dengan memberikan pembayaran gaji di muka.

Dengan pembayaran gaji di muka, perusahaan bisa menunjukkan rasa kepedulian mereka terhadap masalah finansial karyawan. Sehingga, karyawan tidak perlu lagi bingung ketika membutuhkan biaya untuk kebutuhan dana darurat. Sekarang, perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. 

Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa memberikan benefit pembayaran gaji di muka tanpa perlu mengambil anggaran perusahaan maupun mengubah laporan keuangan. Yuk manfaatkan KINI.id sekarang untuk bantu tingkatkan kinerja karyawan kamu!