6 Tips Membuat Karyawan Bahagia Demi Berikan Kinerja Terbaik

Karyawan yang bahagia menjadi salah satu kunci utama keberhasilan bisnis. Kebahagiaan karyawan secara tidak langsung akan mempengaruhi perkembangan dan kesuksesan bisnis. Di mana, karyawan yang bahagia tentu akan lebih produktif dan memberikan kinerja terbaiknya bagi perusahaan. Bukan hanya sekadar bonus, komisi, kenaikan gaji, dan fasilitas yang membuat karyawan bahagia, ada juga hal lain yang bisa membuat karyawan bahagia dan membuat mereka lebih semangat kerja. Di bawah ini adalah beberapa cara membuat karyawan bahagia.

Dukungan Terhadap Inovasi Karyawan

Banyak karyawan yang mengundurkan diri dari perusahaan dengan alasan mencari pengalaman lain yang bisa membuat mereka naik level. Jika kamu tidak ingin kehilangan karyawan terbaikmu, maka cara membuat mereka bahagia yang bisa kamu lakukan adalah berikan mereka pengalaman yang tidak terlupakan.

Bagaimana caranya? Berikan mereka fasilitas untuk mengembangkan diri dengan membiarkan mereka untuk memberikan ide dan inovasi baru terhadap perusahaan. Setelah mereka mengutarakannya, cobalah dukung ide mereka, sehingga mereka akan merasa dihargai sehingga memberikan kebahagiaan tersendiri.

Namun, jika idenya tidak bisa diterima dan direalisasikan cobalah untuk berikan pengertian kepada mereka dan berikan waktu untuk mereka memikirkan kembali ide dan inovasi apa yang bisa mereka berikan kepada perusahaan.

Waktu Libur Tambahan

Setidaknya seorang karyawan akan menghabiskan waktunya selama 8 sampai 9 jam di kantor dalam sehari. Waktu yang panjang di kantor ini terkadang membuat karyawan merasa lelah dan jenuh untuk beraktivitas. Belum lagi jika karyawan tersebut haru melakukan lembur hingga malam hari.

Untuk mengapresiasi kerja keras mereka cobalah berikan mereka waktu libur tambahan. Meski sederhana, memberi libur tambahan juga bisa membuat mereka bahagia. Waktu libur tambahan ini bisa kamu berikan kepada karyawan yang telah melakukan lembur, sehingga mereka bisa istirahat di keesokan harinya.

Selain itu, jika ika memungkinkan, kamu juga bisa mengajak seluruh karyawan berlibur ke destinasi wisata tertentu. Tidak hanya mampu meningkatkan kebahagiaan karyawan, tapi juga bisa mendekatkan hubungan antar karyawan yang berdampak pada kerja sama tim yang lebih solid.

Fasilitas di Ruang Kantor

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, bahwa karyawan menghabiskan banyak waktu di kantor. Sehingga, ada baiknya kamu menyediakan fasilitas  untuk meningkatkan kenyamanan karyawan selama di kantor.

Cobalah berikan fasilitas yang mendukung sehingga membuat mereka merasa bahagia. Misalnya, mesin pembuat kopi, kursi dan meja kerja yang nyaman, ruang bersantai, ruang istirahat, dan lain sebagainya. Sebelum menentukan fasilitas apa yang ingin kamu berikan, cobalah diskusikan terlebih dahulu dengan karyawan.

Jalin Komunikasi yang Baik

Komunikasi di dalam kantor atau lingkungan kerja juga menjadi salah satu kunci utama kebahagiaan karyawan. Bukan hanya membuat karyawan bahagia, dengan komunikasi yang baik, maka pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik tanpa adanya masalah.

Untuk menjalin komunikasi yang baik, kamu bisa berikan kesempatan ke seluruh karyawan untuk mengutarakan apa yang mereka pikirkan dan sambut segala aspirasi yang mereka sampaikan. Dengan komunikasi yang terbuka dan luwes seperti ini, karyawan merasa lebih dihargai dan terbukti mampu meningkatkan kebahagiaan dan motivasi kerja mereka.

Buat Peraturan yang Fleksibel

Setiap perusahaan pasti punya peraturan, ada yang sifatnya mengikat, ada juga yang fleksibel. Di zaman seperti sekarang, para karyawan khususnya karyawan di generasi milenial lebih memilih untuk bekerja di perusahaan dengan peraturan fleksibel.

Mereka tidak terlalu suka diatur-atur dan yang terpenting bagi mereka adalah mengerjakan semua pekerjaan dengan bertanggung jawab dan sesuai dengan target yang diminta.

Dengan adanya peraturan yang fleksibel bukan berarti karyawan akan menjadi semena-mena, tapi peraturan fleksibel akan meningkatkan rasa tanggung jawab pada diri karyawan untuk memberikan hasil maksimal kepada perusahaan.

Berikan Tunjangan atau Fasilitas Gaji Dibayar di Muka

Tidak semua karyawan memiliki kondisi finansial yang cukup memenuhi kebutuhannya. Kita juga tidak bisa menjamin seluruh karyawan aman dari masalah atau kebutuhan mendadak. Untuk membuat karyawan bahagia dan tetap fokus bekerja meski memiliki masalah keuangan yang harus diselesaikan saat ini juga, kamu bisa memberikan tunjangan atau fasilitas gaji di bayar di muka.

Namun, ketika kamu ingin memberikan fasilitas ini, maka pastikan perusahaan kamu telah memiliki anggaran dan memiliki kas yang cukup untuk memberikan gaji di depan sebelum tanggal gajian.

Jika kamu tidak memiliki anggaran dan khawatir karyawan justru mengundurkan diri setelah mendapatkan gaji di bayar di muka, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Kini.id. Dengan Kini.id, kamu tetap bisa memberikan fasilitas gaji dibayar di muka meski tanpa adanya anggaran dan penuh rasa aman.

Karena Kini.id akan membantu kamu memberikan pinjaman kepada karyawan kamu yang membutuhkan. DI mana, uang yang diterima karyawan disesuaikan dengan hari kerja yang telah mereka lalui. Sehingga, secara tidak langsung karyawan bisa menggunakan gaji yang secara teknikal sudah mereka miliki tanpa menunggu tanggal gajian.

Nah, kamu hanya perlu membayarkan uang yang telah digunakan karyawan ke aplikasi Kini.id dengan cara memotong gaji karyawan sesuai uang yang mereka gunakan. Jadi lebih fleksibel bukan? Yuk segera daftarkan bisnis dan karyawan kamu di aplikasi Kini.id!